Tuesday, March 28, 2017

Analisa Peluang dan Simulasi Perhitungan Modal Bisnis Warteg

Peluang Bisnis Warteg – pernah mendengar kisah sukses pengusaha warteg yang sampai memiliki rumah-rumah mewah bukan? Ya, bisnis warteg (warung tegal) memang merupakan salah satu bisnis yang bisa dikatakan sekelas dengan bisnis restoran dengan keuntungan yang lumayan. 

Peluang Bisnis Warteg Menjanjikan Jadi Jutawan

Bisnis ini umumnya memiliki peluang yang cukup bagus untuk dijalankan khususnya dilokasi-lokasi tempat yang ramai. 

Bisnis ini hampir sama dengan jenis bisnis warung atau toko mie rebus yang menyasar konsumen dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah.
Meski secara umum bisnis ini cukup bagus untuk digeluti namun jika ingin mencoba menjalankan atau membuka bisnis ini maka sebaiknya kita analisa lebih jauh bagaimana peluang yang ada sesuai dengan daerah yang akan dipilih. Karena peluang atau prospek usaha atau bisnis ini akan dipengaruhi oleh lokasi yang digunakan.

Untuk mengetahui seberapa jauh gambaran bisnis ini hendaknya kita mempelajari beberapa aspek yang langsung berkaitan dengan bisnis ini. 

Beberapa hal tersebut merupakan aspek yang akan menentukan bagus tidaknya peluang secara lebih spesifik. Aspek atau hal yang perlu di analisa untuk mendapatkan kejelasan mengenai bisnis ini yaitu antara lain sebagai berikut.

1) Lokasi bisnis yang akan dipilih
2) Kondisi masyarakat dan permintaan
3) Kondisi persaingan

Setidaknya tiga hal di atas harus di analisa lebih jauh untuk mengukur tingkat peluang yang dimiliki oleh bisnis ini. Pertama mengenai lokasi, bisnis ini akan memiliki prospek bagus jika dibuka di lokasi strategis yang ramai. 

Lokasi tersebut hendaknya adalah lokasi yang banyak terdapat karyawan yang tinggal di perumahan, pelajar atau mahasiswa yang kost dan jauh dari rumah, 

para pekerja yang sibuk namun memiliki keadaan keuangan yang kurang longgar sehingga banyak membutuhkan makanan yang murah, mengenyangkan dan sehat.

Lokasi-lokasi atau tempat yang ideal untuk mendirikan usaha ini misalnya di lingkungan kampus atau lingkungan sekolah yang banyak anak kos, lingkungan perusahaan atau perkebunan, pusat keramaian seperti pasar dan sebagainya. 

Mengenai lokasi tersebut perlu juga dipertimbangkan mengenai akses-nya yaitu mudah tidaknya lokasi di akses dan lain sebagainya.

Kondisi masyarakat umum yang ada disekitar lokasi tersebut akan memberikan gambaran bagaimana peluang bisnis ini. 

Seperti sudah dijelaskan di atas, bisnis ini akan lebih cocok jika dijalankan di lingkungan yang banyak membutuhkan jasa makanan atau masakan murah meriah yang mengenyangkan. 

Dalam mempertimbangkan masalah lokasi yang akan dipilih, kondisi masyarakat juga harus menjadi pertimbangan mendalam mengingat merekalah yang akan kita bidik menjadi konsumen.

Selain itu, peluang bisnis ini juga akan dipengaruhi oleh kondisi persaingan yang sudah ada. Maka dari itu perlu dilihat dan dipelajari bagaimana persaingan yang sudah ada. 

Kita perlu menelusuri lebih jauh bisnis-bisnis sejenis yang akan menjadi kompetitor untuk bisnis yang akan dijalankan tersebut. Kuat tidaknya persaingan nantinya juga akan mempengaruhi bagaimana potensi yang akan dimiliki.

Selebihnya kita juga perlu mengadakan analisa SWOT untuk mengetahui lebih jauh mengenai kelebihan, kelemahan dan juga hambatan bisnis yang bisa menghadang di kemudian hari. 

Dengan begitu hasil analisa bisa menjadi gambaran penentu apakah peluang bisnis warteg ini benar-benar menjanjikan.

Lalu bagaimana dengan masalah permodalan, biaya produksi sehari-hari dan proyeksi laba rugi dari bisnis ini? Untuk mengetahui masalah tersebut berikut sudah disiapkan sebuah simulasi perhitungan BEP yang bisa kita gunakan sebagai gambaran. 

Simulasi perhitungan dan balik modal Bisnis Warteg
Modal awal

Peralatan makan
Rp. 200.000,-
Peralatan masak
Rp. 300.000,-
Kompor gas
Rp. 115.000,-
Meja kursi etalase
Rp. 2.000.000,-
Bahan baku masakan
Rp. 300.000,-
Total modal awal
Rp. 2.915.000,-


Biaya produksi

Bahan baku masakan
Rp. 3.000.000,-
Transportasi dan listrik
Rp. 500.000,-
Total biaya produksi
Rp. 3.500.000,-


Asumsi pendapatan

Pendapatan harian @ Rp. 10.000 x 30 porsi
Rp. 9.000.000,-


Laba perbulan

Rp. 9.000.000 – Rp. 3.500.000
Rp. 5.500.000,-
Balik modal: Rp. 2.915.000 : Rp. 5.500.000
1 bulan
Perhitungan belum termasuk investasi tanah dan lokasi

Dari asumsi perhitungan di atas dapat kita lihat bahwa bisnis ini di asumsi kan jika berjalan dengan baik bisa balik modal dalam jangka waktu satu bulan saja. 

Yang menarik, dengan asumsi penjualan sebanyak 30 porsi perhari saja bisnis ini sudah bisa menghasilkan laba 5 jutaan lebih.

Hal ini memang menunjukkan bahwa peluang bisnis warteg ini memang cukup bagus dan menggiurkan bagi banyak pihak. Namun begitu analisa yang lebih mendalam tetap diperlukan sebelum menjalankan bisnis tersebut. Itu saja, semoga pembahasan dan analisa bisnis warteg ini bisa bermanfaat.

Analisa Peluang dan Simulasi Perhitungan Modal Bisnis Warteg Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma