Thursday, November 3, 2016

Usaha Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan

Bagi kaum ibu yang pekerjaan dirumah sudah banyak tapi ingin membantu suami juga tidak apa-apa. Misalnya membantu suami dengan menjalankan usaha sampingan di rumah. Tapi, membuka usaha itu tidak gampang, meski kecil sekalipun.
Ide Usaha Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan


Kaum ibu yang ingin mencoba usaha sebaiknya bisa memilih usaha sampingan apa yang bagus dan tentunya bisa dijalankan di rumah. Kalau ide sih sebenarnya banyak tetapi ibu juga harus mempertimbangkan banyak hal.

Sebaiknya juga bisa mencari jenis usaha rumahan yang mudah dijalankan tetapi bisa menambah pendapatan. Zaman semakin susah, katanya. Makanya sekarang ini bahkan seorang ibu rumah tangga pun harus ikut membantu sang suami dalam memenuhi kebutuhan hidup yang semakin tinggi.

Meski kadang sudah memiliki pekerjaan tetap misalnya guru atau karyawan swasta namun karena dirasa masih belum cukup maka perlu juga memiliki usaha sampingan. Nah, dalam menjalankan usaha sampingan ini tentu harus di sesuaikan dengan keadaan kita sebagai ibu rumah tangga. 

Sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai hal ini kita samakan terlebih dahulu persepsi kita mengenai arti “ibu rumah tangga”. Dalam pembahasan ini, “ibu rumah tangga” diartikan sebagai seorang istri yang tugas utamanya hanya di rumah mengurus keluarga dan tidak memiliki tugas atau pekerjaan lain.

Jadi, ibu rumah tangga ini hanya melakukan pekerjaan rumah sehar-hari dan tidak menghasilkan uang. Maka dari itulah, berkaitan dengan ibu rumah tangga tersebut maka pembahasan ini akan membahas berbagai ide yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga untuk menghasilkan uang tambahan dan membantu suami dalam memenuhi kebutuhan keuangan.

Dalam hal ini selain mengerjakan tugas utama, kita akan mencari ide-ide usaha sampingan yang menjanjikan yang bisa kita kerjakan. Berbicara mengenai usaha yang bisa dikerjakan oleh ibu rumah tangga sebenarnya ada banyak sekali ide usaha yang bagus dan memiliki prosepek menjanjikan. 

Dari hal yang berkaitan dengan kebiasaan sehari-hari pun sudah banyak yang bisa dijadikan lahan untuk mencari uang tambahan, sebut saja yang berkaitan dengan makanan misalnya.

Karenanya tidak perlu ragu dan takut untuk menumbuhkan kreativitas dan menemukan ide baru yang bagus dijadikan sebuah usaha sampingan. Beberapa contoh ide usaha sampingan ibu rumah tangga yang menjanjikan antara lain sebagai berikut!

1) Usaha baju anak
2) Usaha reseller jilbab
3) Bisnis penjualan kosmetik
4) Usaha makanan
5) Bisnis jual beli saham
6) Cara usaha

Di atas hanya beberapa contoh ide usaha yang bisa dikerjakan oleh ibu rumah tangga yang harus selalu di rumah. berbagai usaha tersebut jika dikerjakan bisa menjadi usaha sampingan yang tidak akan mengganggu kewajiban kita dalam mengurus rumah dan keluarga tercinta. 

A. Usaha jual baju anak
Salah satu ide usaha yang mantap untuk kaum ibu adalah usaha jual baju anak-anak. Usaha ini dikatakan bagus dan cukup menjanjikan karena usaha ini bisa dikerjakan dari rumah. Dalam hal ini yaitu dengan mulai menjual berbagai produk baju kebutuhan anak kepada para tetangga di sekitar tempat tinggal.

Dengan begitu usaha ini tidak akan menyita waktu banyak dan tidak memaksa kita meninggalkan kewajiban mengurus rumah tangga. Dikatakan memiliki prospek yang bagus karena usaha baju anak-anak ini banyak dibutuhkan oleh masyarakat dari kalangan apapun.

Tentunya kita tahu bahwa anak-anak adalah yang paling banyak memerlukan baju karena mereka masih tumbuh. Bahkan untuk anak kecil bisa sampai dua tiga kali dalam sebulan membeli baju. Inilah yang mendasari mengapa usaha ini dikatakan masih cukup bagus.

B. Usaha reseller jilbab
Yang kedua adalah usaha yang berkaitan dengan kecantikan yaitu berjualan jilbab. Dalam hal ini kita bisa menjalankan usaha dagang jilbab sebagai reseller jilbab dari orang lain atau perusahaan lain.

Usaha ini tidak sulit dan tidak akan membutuhkan banyak perhatian yang menyita waktu karena usaha ini bisa dijalankan dari rumah. Selain itu kita tinggal fokus dalam hal penjualan saja jika kita gabung menjadi reseller jilbab.

Sekarang ini ada banyak reseller jilbab yang menawarkan kerja sama untuk menjual produk jilbab terbaru yang mereka miliki. Usaha di bidang ini masih cukup bagus mengingat jilbab sudah menjadi kebutuhan yang berhubungan dengan trend mode masa kini. Oleh karena itu ada banyak calon konsumen yang bisa dibidik. 

C. Bisnis penjualan kosmetik
Masih berkaitan dengan kecantikan, seorang ibu rumah tangga bisa membuka usaha kosmetik yaitu khususnya usaha di bidang jual beli. Seperti kita tahu, kecantikan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan wanita.

Maka dari itu usaha di bidang penjualan kosmetik juga merupakan suatu usaha yang cukup mudah untuk dijalankan oleh seorang ibu rumah tangga. Usaha jual beli seperti ini tidak terlalu ribet dan sulit.

Pada intinya proses usaha hanya membeli kosmetik dari produsen kemudian menjualnya ke masyarakat yang membutuhkan. Rata-rata ibu rumah tangga bisa menjalankan usaha seperti ini dan bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Bagaimana menurut anda, apakah usaha ini cocok bagi anda?

D. Usaha produk makanan
Yang juga tak kalah potensial adalah usaha di bidang makanan. Namanya juga ibu rumah tangga jadi jika berhubungan dengan makanan sudah tidak asing. Maka dari itu bergerak di bidang usaha makanan sebagai usaha sampingan bisa menjadi pilihan yang cukup bagus.

Untuk usaha makanan ini banyak sekali pilihannya mulai dari yang sederhana sampai yang rumit dari yang modal ala kadarnya sampai modal selangit.

Sebagai contoh, usaha makanan yang cocok untuk ibu rumah tangga adalah usaha jual gorengan di pinggir jalan, usaha catering, usaha warung makan tradisional dan lain sebagainya.

Pokoknya banyak usaha di bidang makanan yang bisa diperhitungkan dan masih memiliki peluang cukup bagus. Jika tidak suka yang berkaitan dengan makanan seperti itu kita juga bisa membuka usaha pembuatan kue, jual kue ulang tahun, dan lain sebagainya. 

E. Bisnis jual beli saham
Yang terakhir ini usaha nya sudah cukup bobot karena usaha sampingan jual beli saham merupakan usaha yang cukup bagus dan bisa menghasilkan banyak uang. Namun begitu usaha yang satu ini tergolong ke usaha yang penuh resiko dan memerlukan perhatian dan keterampilan khusus.

Maka dari itu bagi ibu rumah tangga yang ingin mencoba menjalankan bisnis di bidang jual beli saham harus belajar terlebih dahulu. Yang utama dari Ide Usaha Sampingan Ibu untuk Rumah Tangga yang Menjanjikan adalah kreativitas dan ketajaman insting kita dalam menentukan pilihan.

Tidak perlu muluk-muluk tapi ide kreatif yang sepelepun kadang bisa menjanjikan sebuah kesuksesan yang manis. Semua tergantung bagaimana daya juang yang kita miliki. Itu saja pembahasan kita kali ini semoga bermanfaat!

Usaha Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko