Tuesday, March 21, 2017

Jangan Tergiur Kata Orang, Pelajari Dulu Peluang Bisnis Industri Tahu Jika Anda Ingin Memulainya

Peluang Bisnis Industri Tahu -  Industri tahu juga merupakan bisnis yang menjanjikan karena seperti kita ketahui tahu merupakan bahan makanan yang cukup terkenal dan banyak dibutuhkan. Kebutuhan tahu di masyarakat bukan hanya untuk kebutuhan lauk pauk atau masakan saja.

Peluang Bisnis Industri Tahu
Foto: Ilustrasi Industri Tahu
Tahu juga digunakan untuk kebutuhan lain misalnya di acara pesta pernikahan atau resepsi lain banyak menggunakan tahu sebagai bahan makanan untuk dihidangkan.


Tentu saja, Peluang Bisnis Industri Tahu tersebut tidak boleh di sia-siakan jika kita ingin mencoba menjadi seorang pengusaha.

Jika dibandingkan dengan jenis usaha lain, usaha yang bergerak di bidang kebutuhan pangan seperti ini tentu memiliki potensi yang lebih luas mengingat masalah kebutuhan maka adalah masalah yang paling dekat yang akan terus di penuhi.

Tahu sebagai bahan makanan memiliki tingkat permintaan yang senderung stabil dan besar di kalangan masyarakat.

Belum lagi jika ditambah dengan adanya usaha atau bisnis lain yang menggunakan tahu sebagai bahan dasar. Tentu saja, ini jelas memberikan gambaran kepada kita bahwa sebenarnya masih ada celah, masih ada peluang untuk mendirikan jenis usaha industri rumah tangga ini. 

Indikasi lain yang bisa di baca adalah banyaknya orang yang mencari referensi berkaitan dengan tahu, yaitu antara lain contohnya yang dicari secara online di internet. Beberapa yang banyak di cari adalah informasi seperti di bawah ini.

a. Proposal usaha pembuatan tahu
b. Makalah usaha pembuatan tahu
c. Artikel usaha pembuatan tahu
d. Usaha pembuatan tahu terbaru
e. Cara pembuatan tahu sumedang
f. Resep tahu
g. Pengolahan tahu sumedang
h. Ketel tahu

Sering kita jumpai informasi tersebut, dan memang beberapa informasi di atas memang erat kaitannya dengan bisnis industri tahu ini. Nah, karena kita memang akan membahas mengenai usaha ini khususnya mengenai peluangnya maka kita akan telusuri lebih dalam mengenai potensi dari bisnis produksi tersebut.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai peluang bisnis ini maka sebaiknya kita melakukan analisa terhadap beberapa komponen bisnis yang berpengaruh. Beberapa komponen tersebut antara lain sebagai berikut.

1) Gambaran konsumen
2) Hambatan, kendala dan kondisi persaingan
3) Analisa laba rugi
4) Lokasi usaha dan target market

Dalam menelusuri kemungkinan potensi atau peluang bisnis ini maka sebaiknya kita melakukan analisa terhadap beberapa hal di atas. Pertama kita lihat terlebih dahulu bagaimana gambaran konsumen yang akan di bidik untuk bisnis ini. Jika peluang konsumen banyak maka prospeknya pun akan bagus.

Kita juga harus mempelajari aspek hambatan, kendala dan juga kondisi persaingan yang ada. Hal ini penting untuk mengetahui lebih dalam medan yang akan kita lalui. Dengan informasi akurat kita bisa merumuskan strategi perencanaan yang matang untuk dasar pengelolaan bisnis.

Untuk menentukan tingkat keberhasilan peluang yang ada kita bisa juga mengadakan analisa laba rugi untuk mendapatkan gambaran kemajuan bisnis yang akan didirikan mulai dari lama pengembalian modal, gambaran laba atau keuntungan dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, lokasi bisnis juga akan menentukan ke arah mana bisnis ini akan berjalan. Lokasi yang bagus adalah lokasi strategis yang dapat menunjang semua kebutuhan bisnis yang diperlukan. 

Dari hasil analisa tersebut ditambah analisa beberapa faktor lain yang berkaitan maka kita bisa menarik kesimpulan berapa persentase peluang yang dimiliki oleh bisnis industri tahu tersebut.

Akhirnya kita bisa mulai tahap awal pendirian bisnis yang sudah ditetapkan. Itu saja, mudah-mudahan gambaran mengenai Peluang Bisnis Industri Tahu ini bisa bermanfaat sebagai bahan pertimbangan. Salam sukses!

Jangan Tergiur Kata Orang, Pelajari Dulu Peluang Bisnis Industri Tahu Jika Anda Ingin Memulainya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko