Wednesday, August 31, 2016

Bisnis Online Terbaik, Menjanjikan dan Sesuai Kemampuan

Anda yang ingin bergerak di bidang bisnis online sebaiknya tidak terburu-buru dalam menentukan pilihan. Apalagi anda memiliki harapan besar pada bisnis yang akan dijalankan tersebut. Jangan langsung percaya dan mengambil kesimpulan tentang bisnis terbaik yang dikatakan orang. 

Semua harus dianalisis dan dikaji terlebih dahulu sesuai keadaan terkini. Karena sebenarnya bisnis terbaik adalah bisnis yang menjanjikan serta sesuai dengan kemampuan diri anda. Tentu saja, kalau berbicara mengenai bisnis maka yang terbaik adalah yang dapat memberikan keuntungan paling besar. 

Namun sebuah bisnis atau usaha mampu tidaknya menghasilkan keuntungan juga dipengaruhi oleh kemampuan pengelola. Artinya, bisnis atau usaha bisa menghasilkan keuntungan yang banyak jika dikelola dengan baik, tentunya oleh orang yang memiliki kemampuan memadai. 

Jelas maka kalau dikatakan bahwa yang terbaik akan tergantung pada siapa yang menjanjikan. Sebut saja misalnya seorang petani yang tidak tahu apa - apa tentang teknologi maka bisnis online bukan merupakan bisnis terbaik bagi dirinya. Petani tersebut lebih cocok dan mampu jika bergerak di bidang bisnis peternakan atau pertanian. 

1) Pilih bisnis yang sesuai kemampuan

Jika anda baru akan memulai peruntungan dengan menjalankan bisnis ini maka sebaiknya anda benar-benar berhati-hati. Pilihlah dengan perhitungan yang cermat dan tepat bisnis yang akan dijalankan. Jangan asal melihat kemungkinan semata, jangan asal melihat trend semata tetapi mulailah dengan memilih jenis bisnis yang nantinya dapat anda jalankan dengan baik.

Anda dapat memilih bisnis yang anda kuasai, anda dapat memilih bisnis yang sesuai karakter yang dimiliki. Anda dapat memulai bisnis online gratis atau bisnis online terbaru, terserah anda. Yang terpenting bisnis tersebut sesuai dengan kemampuan anda. Artinya anda memiliki kemampuan yang diperlukan dan juga sesuai karakter yang anda miliki.

Sebagai contoh ada orang yang suka mendapatkan uang dengan cepat meski jumlahnya kecil dan ada orang yang lebih suka mendapatkan uang besar meski waktunya lama. Hal seperti ini juga berpengaruh terhadap kemampuan diri seseorang dalam menjalankan bisnis. Sebut saja misalnya orang yang tidak memiliki kemampuan di bidang pemasaran maka kurang cocok jika bergerak dibidang bisnis jual beli.

Anda sebagai orang yang akan menjalankan bisnis sangat menentukan bisnis apa yang paling bagus dan terbaik untuk anda jalankan. Karena meski bagaimanapun andalah yang akan menjalankan, andalah yang akan mengusahakannya maka jika anda tidak mampu ya pasti akan sulit bagi anda untuk sukses. Meski anda menjalankan peluang bisnis terbaik sekalipun anda tidak akan bisa sukses jika anda tidak memiliki kemampuan yang mendukung.

Contoh lagi ini ya, misalnya anda suka menulis, anda memiliki kemampuan menulis yang baik maka sudah tentu bisnis sebagai penyedia tulisan atau artikel tentu lebih menjanjikan dan bagus untuk anda, bukan bisnis jual beli online. Maka dari itu intinya pertimbangkan apa yang anda mampu sebelum menjatuhkan pilihan.

2) Pilih bisnis yang menjanjikan

Bekal dasarnya adalah kemampuan, selanjutnya tugas anda adalah mencari berbagai bidang bisnis yang sesuai kemampuan anda. Anda pilih dua, tiga atau empat bisnis. Selanjutnya dari bisnis-bisnis tersebut anda lakukan analisa dan kajian lebih jauh. Tujuannya untuk melihat lebih jelas bisnis mana yang potensi dan peluangnya paling bagus. Disitulah kemudian anda dapat menjatuhkan pilihan anda.

Untuk mencari atau menggali lebih jauh mengenai potensi yang dimiliki oleh sebuah bisnis maka anda dapat menelusuri aspek bisnis yang berkaitan. Anda dapat mencari tahu bagaimana potensi konsumennya, bagaimana potensi laba atau pendapatan yang diperloleh dan atau bagaimana daya tahan bisnis tersebut dari waktu ke waktu. Semua anda analisa lebih jauh agar memiliki gambaran potensi yang dimiliki.

Analisa dilakukan pada masing-masing bisnis yang awalnya anda anggap bagus. Hasil analisa hendaknya dapat dalam bentuk prosentase potensi yang dimiliki. Sehingga nantinya anda dapat menentukan mana yang potensinya lebih besar dan mana yang kecil.

Perlu diingat juga bahwa resiko dalam bisnis yang akan dijalankan juga sebaiknya diukur agar nanti anda memiliki gambaran dalam mengantisipasi masalah yang mungkin terjadi. Pokoknya dari semua bidang hendaknya dianalisa dengan baik agar dapat memutuskan mana yang terbaik.

Untuk langkah awal jika anda sama sekali tidak memiliki gambaran bisnis online mana saja yang patu dijadikan pilihan maka anda dapat mencari informasi dan referensi tentang bisnis online terpercaya, bisnis yang baik, bisnis yang menjanjikan, yang prospek dan sebagainya. Atau anda juga bisa mencari referensi jenis bisnisnya misalnya bisnis online syariah atau lainnya.

Dari berbagai data yang anda dapatkan barulah anda kaji lebih jauh sesuai dengan kriteria yang diperlukan. Dengan begitu, dari berbagai ide bisnis yang anda kumpulkan anda dapat memilih satu yang terbaik diantaranya.

Jangan lupa juga, untuk menjalankan sebuah bisnis online yang terbaik sekalipun anda tetap harus selalu mengembangkan ilmu yang anda miliki. Artinya anda tetap harus belajar bisnis online dan mengembangkan kemampuan anda ke arah yang lebih baik. Pembelajaran ini nantinya akan menjadi senjata anda dalam menghadapi persaingan, perubahan iklim bisnis dan lain sebagainya.

Sebagai kesimpulan, perlu diingat bahwa bisnis online yang terbaik bukanlah bisnis online yang sedang trend atau lainnya. Bisnis terbaik baik online maupun offline adalah bisnis menjanjikan yang sesuai dengan kemampuan anda masing-masing. Jadi masing-masing orang akan memiliki bisnis terbaik sendiri-sendiri sesuai kapasitasnya.

Itu saja pembahasan kali ini, mudah-mudahan apa yang disampaikan di atas dapat menjadi tambahan informasi, motivasi dan juga inspirasi bagi anda semua. Jangan berhenti sampai disini, ini baru tahapan awal dalam mencari ide, untuk menjadi sukses anda masih harus lanjut ke berbagai tahap lainnya. Tetap semangat, kami tunggu anda pada tahap bisnis berikutnya, salam!

Bisnis Online Terbaik, Menjanjikan dan Sesuai Kemampuan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko