Sunday, September 25, 2016

Contoh Usaha Menjanjikan Untuk Mahasiswa Untung Besar

Usaha yang menjanjikan untuk mahasiswa - Intinya untuk memaksimalkan penggunaan waktu, disamping belajar di kampus kita juga bisa langsung merintis dan belajar membuat sebuah usaha yang bisa menghasilkan. Kalau bisa mulai dari sekarang kenapa harus menunggu wisuda, benar tidak?


Jenis usaha yang bisa dipilih tentunya sangat beragam dan semua tergantung dengan minat dan kemampuan yang kita miliki. Tidak ada salahnya mencoba, sebagai sarana latihan sekaligus ajang mencari uang tambahan kita bisa memilih jenis usaha menjanjikan untuk yang sedang kuliah seperti kita. 

Ya, memang ada yang lebih memilih serius belajar saat sedang kuliah tapi bagi beberapa orang khususnya yang memiliki jiwa kemandirian dan wiraswasta maka memulai bisnis sewaktu muda tentu merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Keputusan untuk memulai usaha menjanjikan bagi kalangan mahasiswa saat ini bukan hanya memberikan tambahan penghasilan namun juga akan ikut menentukan arah masa depan nanti. Beberapa mahasiswa yang sudah terjun dalam dunia bisnis ada yang mengalami kesulitan membagi waktu dan kesibukan dan tak jarang akhirnya mereka mengorbankan kuliah.

Bisa dikatakan kekurangan namun bisa juga di katakan suatu keputusan yang tepat jika seseorang akhirnya meninggalkan jenjang pendidikan formal dan mengikuti naluri bisnis yang ada di jiwanya. 

Semua akan kembali pada pribadi kita masing-masing, segala keputusan seperti itu tentu menjadi tanggung jawab kita sendiri. Selain aspek resiko yang mungkin di alami di atas, seorang mahasiswa yang terjun dalam dunia usaha juga memiliki beberapa keuntungan yaitu antara lain:

  1. Memiliki kesempatan belajar dan terjun langsung dalam dunia nyata (dunia usaha dan industri)
  2. Memiliki tambahan uang atau penghasilan
  3. Bisa sukses di umur yang relatif muda
  4. Bisa memiliki kesempatan menjadi pengusaha mandiri 
  5. Terbebas dari rutinitas kuliah yang terkadang membosankan
  6. Bisa membantu orang tua dan membuat mereka bangga

Ditinjau dari sisi keuntungan yang akan kita dapat tentu hal itu juga tidak akan terlepas dari berbagai rintangan dan kesibukan yang harus kita hadapi saat bekerja sambil kuliah. Jujur, sebagai mahasiswa, bekerja sambil kuliah adalah sesuatu yang berat dan tidak cocok bagi yang tidak suka dengan tantangan.

Kita akan menghadapi banyak tantangan baik dari sisi pekerjaan maupun urusan kuliah, tapi semua itu akan manis terasa. Sebagai dasar kita harus mempelajari berbagai peluang sukses usaha yang ada.

1) Tips Memilih Usaha yang Cocok untuk Mahasiswa

Tidak semudah itu, ibaratnya kita akan memilih menjalani kehidupan ganda dimana selain menjalankan kegiatan kuliah kita juga akan menjalankan sebuah usaha menjadi pebisnis. 

Meski kita butuh untuk menjalankan hal ini tapi kita tidak mau bukan kegiatan kuliah kita berantakan, kalau bisa tentunya kita bisa menjalankan keduanya dengan baik. Sukses dalam belajar dan sukses menjadi pengusaha muda.

Mewujudkan hal itu tentu bukan perkara yang mudah, kita harus bekerja keras dan selalu semangat dalam menghadapi dan menyelesaikan segala tugas dan tantangan yang akan kita hadapi.

Kita mulai dari persiapan, mental dan niat yang benar-benar kuat harus kita ingat dan tanamkan dalam hati. Setelah itu kita harus benar-benar tepat memilih usaha apa yang akan kita bangun. 

Untuk memulai langkah besar ini kita mulai dari pemilihan jenis usaha yang akan kita jalankan. Dalam memilih usaha yang tepat khususnya usaha yang cocok dijalankan oleh seorang mahasiswa seperti kita ada beberapa kiat yang bisa kita perhitungkan. Beberapa kiat atau tips memilih usaha yang cocok untuk mahasiswa antara lain sebagai berikut:
  1. Berapa banyak waktu yang bisa kita sisihkan, usahakan memilih bidang usaha yang waktunya sesuai dengan keadaan kita
  2. Sebagai pemula belajar dari yang ringan, pilih bidang yang sesuai dengan kemampuan dan minat
  3. Pilih bidang usaha yang sedikit mudah misalnya bidang jasa atau jual beli
  4. Pilih usaha yang bisa dirintis dari kecil, untuk memberikan waktu yang cukup bagi kita mempelajari perkembangannya terlebih dahulu
  5. Mulai dengan modal kecil agar resiko tidak terlalu besar dan tingkat kesulitannya pun bisa kita ketahui

Saat ingin memulai usaha dengan kondisi kita sebagai mahasiswa hendaknya kita benar-benar bijak dan pintar dalam memilih jenis usaha yang cocok dan mampu kita kerjakan. Ingat, kita memiliki beberapa keterbatasan yang harus kita tutupi yaitu:

a. Keterbatasan waktu
b. Keterbatasan modal
c. Keterbatasan kemampuan dan pengalaman

Dengan keterbatasan itulah kita harus pandai dalam memilih usaha yang akan dijalani. Jenis pekerjaan yang terlalu menyita waktu akan menyulitkan kita dalam menjalani kuliah, selain itu usaha dengan modal besar pasti akan menguras perhatian kita dan tentunya tidak baik bagi perkembangan kuliah yang juga kita jalani. 

Memang suatu jika kita bekerja sambil kuliah mungkin kita harus memilih antara kuliah dan pekerjaan. Semua itu tidak akan jadi masalah jika waktunya tepat, jangan sampai pondasi usaha kita belum kuat tetapi kita telah meninggalkan kuliah kita. Jangan sampai hancur dua-duanya, usaha bangkrut dan kuliah tak kelar, kita harus cermat dan bijak dalam mengambil keputusan.

2) Contoh Jenis Usaha yang Cocok untuk Mahasiswa

Usaha seperti apa yang cocok kita jalani sebagai mahasiswa? Karena dasarnya kita adalah seorang mahasiswa maka jangan terlalu berfikir muluk-muluk jadi kita pilih sesuai kapasitas dan bidang keahlian yang sedang kita pelajari.

Langsung saja ke pertanyaan di atas, apa usaha yang cocok untuk kita jalani. Nah, ini adalah beberapa contoh untuk berbagai jenis usaha yang bisa kita jalani sebagai seorang mahasiswa.

1. Usaha frelance online (penulis, penerjemah dan sebagainya)
2. Usaha jual beli online (pakaian, kuliner dan sebagainya)
3. Bidang usaha jasa (warnet, mengajar privat, sewa kamera, dan sebagainya)
4. Bidang peluang jual beli untuk mahasiswa

Usaha di atas tentunya bisa kita jalani paruh waktu sembari kita tetap menjalankan aktivitas kuliah kita. Sambil belajar dan menunggu saat wisuda kita bisa mengembangkan keterampilan dalam mengelola usaha tersebut, nantinya setelah lulus kita bisa serius terjun di bidang tersebut dengan bekal kemampuan yang mendukung dari bangku kuliah.

Untuk mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai bidang usaha yang paling pas maka kita bisa mempelajari peluang usaha sukses dari berbagai bidang pekerjaan atau usaha di atas.

Anda bisa mempelajari mana yang anda minati dengan mempelajari terlebih dahulu peluangnya, beberapa peluang bagus bisa anda pelajari di bagian bawah.

Dengan kita mempelajari Usaha Menjanjikan Untuk Mahasiswa di atas tentu akan memberikan bekal bagi kita dalam memilih jenis bidang usaha yang cocok untuk dijalani dan tentunya menjanjikan.

Dengan belajar bekerja dan mendirikan sebuah bisnis mudah-mudahan kita bisa mendapatkan penghasilan yang bisa membantu demi kelancaran kita dalam menggapai masa depan. 

Contoh Usaha Menjanjikan Untuk Mahasiswa Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko