Saturday, October 1, 2016

Gambaran Peluang Usaha yang Cocok di Desa Menjanjikan

Peluang Usaha yang Cocok di Desa - Sebenarnya ada banyak peluang yang bisa dicoba untuk usaha atau bisnis dimanapun berada. Di kota dan atau di pedesaan sekalipun tentu memiliki potensi masing-masing. Bagaimana menurut anda, apakah desa juga cocok untuk mendirikan usaha yang bagus?

Peluang Usaha yang Cocok di Desa



Tergantung dengan siapa dan apa yang akan dijalankan. Selain itu kondisi kebutuhan masyarakat di daerah juga menjadi hal yang sangat menentukan. Bisa dikatakan menjanjikan atau bagus, bisa juga tidak. Yang perlu dilakukan adalah mendalami bidang usaha yang dipilih.

Desa adalah tempat yang tak kalah ramai jika kita bandingkan dengan perkotaan atau kota besar. Di desa atau kampung juga banyak masyarakat yang bisa dijadikan konsumen produktif untuk berbagai jenis bisnis atau usaha.

Kalau di ukur dari peluang, secara umum desa juga cocok untuk dijadikan tempat untuk mengembangkan sebuah bisnis atau usaha yang menjanjikan. Namun karakteristik masyarakat pedesaan tentu saja berbeda dengan masyarakat perkotaan jadi ada jenis usaha yang cocok dan ada juga usaha yang kurang bagus jika di bangun di desa.

Lalu usaha yang cocok di Desa apa saja dan bagaimana dengan peluangnya? Meski tidak semua namun rata-rata masyarakat di desa masih memiliki keterbatasan dalam hal pendapatan, hal ini tentu mempengaruhi daya beli masyarakat tersebut.

Selain itu jenis pekerjaan mereka juga tidak terlalu beragam seperti di kota besar dan ini juga perlu menjadi perhitungan jika kita ingin membuka usaha di desa.

Meski peluangnya masih terbuka lebar namun karakteristik masyarakat pedesaan perlu diperhitungkan secara matang agar kita bisa membaca peluang usaha di desa tersebut. Jelas sekali bagaimana agar usaha di desa bisa sukses kalau jenis usahanya saja kita tidak tahu, benar bukan?

Terkadang, membangun bisnis atau usaha di sebuah kampung atau desa memiliki hambatan dan tantangan yang lebih sulit apalagi jika dihadapkan dengan kemampuan dan daya beli masyarakat yang rendah.

Meski begitu ada tetap ada beberapa jenis usaha yang sangat menjanjikan untuk dikelola di tengah keterbatasan masyarakat tersebut. Pada kesempatan ini situs peluang sukses usaha akan memaparkan sedikit mengenai analisis prospek usaha di kampung dan juga memberikan contoh beberapa jenis usaha yang bagus untuk kita perhitungkan.

1) Analisa Peluang Usaha di Desa atau Kampung

Jika dikatakan bahwa desa atau kampung bukan tempat yang bagus untuk membangun sebuah bisnis itu tidak sepenuhnya benar. Desa atau kampung secara umum memiliki peluang yang sama-sama bagus jika dibandingkan dengan daerah perkotaan, mengapa demikian?

Desa adalah tempatnya masyarakat dengan budaya etnis yang kental dengan berbagai tingkat kebutuhan yang beragam. Meski banyak yang masih terkendala dengan pendapatan namun desa bisa menjadi tempat yang sangat bagus untuk mendirikan usaha tertentu. Hal ini bisa dibuktikan dari beberapa aspek yaitu:

- Dari sisi jumlah konsumen
- Dari sisi daya beli
- Dari sisi minat dan budaya belanja

Pertama, dari sisi jumlah konsumen tentu desa dan kota juga sama-sama memiliki peluang konsumen yang cukup banyak. Memang, ada arus urbanisasi yang mempengaruhi keberadaan jumlah penduduk di sebuah desa atau kampung tapi cobalah tengok pada sisi angka pernikahan dan juga angka kelahiran.

Di desa, angka pernikahannya lebih tinggi karena kebanyakan penduduk desa masih menikah di usia yang muda, dan hal ini tentu juga mempengaruhi angka kelahiran. Dari sisi ini saja bisa dengan mudah dilihat bahwa desa bisa menyediakan banyak konsumen untuk bisnis dan usaha yang akan kita dirikan.

Meski ada sedikit kendala pada daya beli masyarakat namun jangan meremehkan penghasilan penduduk desa. Contohnya untuk seorang yang bekerja sebagai petani saja bisa mendapatkan bahkan puluhan juga saat mereka panen. Dan saat itu, adalah saat dimana mereka akan menghamburkan sebagian besar penghasilan untuk memenuhi kebutuhannya. 

Bahkan bisa dilihat bahwa penghasilan yang kecil tidak akan selamanya mampu menahan keinginan mereka untuk berbelanja untuk kebutuhan mereka. Keinginan untuk membeli tersebut tersimpan dalam hati dan dapat meledak kapan saja. Apalagi jika dilihat dari perubahan kecenderungan perilaku mereka yang sudah banyak mengadopsi kebudayaan luar.

Meski berpenghasilan pas-pasan mereka tetap saja membeli baju yang bagus, membeli makanan yang enak dan semua itu juga didorong laju perkembangan teknologi yang masuk ke berbagai daerah dengan begitu cepat.

Tidak ada alasan untuk mengesampingkan desa sebagai lahan bisnis atau usaha yang akan dibangun. Ada banyak potensi yang tertanam rapi di daerah perdesaan tersebut. Meski begitu memang tak dapat dipungkiri bahwa masyarakat di desa memiliki kecenderungan yang berbeda dengan masyarakat lain.

Hal ini tentunya mengakibatkan beberapa bidang usaha tidak cocok dan mungkin kurang bisa berkembang di daerah tersebut. Tugas kitalah yang menjawab tantangan tersebut.

2) Jenis Usaha yang Cocok di Desa

Jika dikatakan bahwa desa adalah tempat yang cocok untuk membangun bisnis dan usaha itu memang benar. Tetapi kita perlu cermat dalam melihat bisnis dan usaha apa saja yang bisa berkembang di masyarakat tersebut.

Perlu diingat, karakteristik masyarakat-nya berbeda jadi jelas bahwa tidak semua usaha bisa dikembangkan dengan baik di desa atau kampung. Lalu usaha yang seperti apa yang cocok dan bagus untuk dikembangkan di daerah pedesaan?

Ya, ini adalah tantangan yang harus kita selesaikan. Sebagai pelaku usaha kita harus tahu bisnis dan usaha apa yang bisa dijalankan dan tidak bisa dijalankan di desa. Kita harus mengadakan analisa peluang bisnis dan menentukan sendiri bidang usaha yang cocok sesuai daerah yang kita tempati.

Untuk masalah ini kata kuncinya adalah "kita dapat memenuhi kebutuhan dan menyelesaikan permasalahan yang ada di dalam masyarakat dengan adanya bisnis atau usaha yang kita bangun".

Jadi usaha yang cocok untuk di desa adalah usaha yang dapat mencukupi kebutuhan masyarakat desa dan usaha yang dapat menyelesaikan masalah yang di alami masyarakat desa dan usaha dengan produk yang harganya terjangkau oleh daya beli yang rendah.

Apakah semua bisa, tentu tidak, kita harus merinci dan mempelajari apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat tersebut. Sebagai contoh, jika kita membuka usaha jual tiket pesawat di desa apakah usaha tersebut akan berkembang?

Tentu tidak bukan, karena sebagian besar masyarakat desa sangat jarang bepergian jauh karena kebanyakan mereka tidak memiliki urusan yang mengharuskan mereka pergi dengan menggunakan jasa angkutan udara.

Kalaupun mereka bepergian kebanyakan masih menggunakan mode transportasi darat kecuali untuk daerah-daerah tertentu. Dengan keadaan tersebut maka usaha tiket pesawat di desa kurang begitu menjanjikan dan akan sulit untuk cepat berkembang.


Video Tips Sukses Usaha di Desa

Tentu tidak semua peluangnya buruk, masih banyak jenis usaha lain yang bisa sukses jika dikembangkan di desa. Nah, untuk sekedar referensi, berikut beberapa jenis usaha yang cukup menjanjikan jika di kembangkan di daerah pedesaan.

1. Usaha peternakan
2. Ternak kambing
3. Usaha jasa
4. Usaha kuliner
5. Usaha les privat
6. Usaha toko klontong

Jenis usaha peternakan masih memiliki peluang yang sangat bagus karena sebagian besar daerah di pedesaan masih digunakan untuk lahan pertanian. Dengan begitu untuk usaha peternakan bisa mendapatkan dukungan pakan ternak dan lokasi yang cukup.

Selain itu, di desa kita juga tidak akan begitu kesulitan untuk mencari tenaga kerja untuk usaha peternakan tersebut, upahnya pun masih cukup terjangkau. Beberapa contoh peternakan ini antara lain ternak kambing, sapi, bebek dan lain sebagainya.

Lebih lengkap mengenai usaha peternakan dapat di baca pada artikel usaha ternak dan daerah yang cocok. Selain itu usaha dibidang perkebunan juga memiliki dukungan yang bagus dari sisi lahan dan juga pekerja.

Untuk jenis perkebunan ini kita bisa mendirikan usaha perkebunan yang berbeda dari yang sudah ada misalnya saja untuk tanaman sayur. Tentu saja banyak sekali jenis usaha perkebunan yang bisa kita kembangkan di daerah pedesaan. Lebih lanjut mengenai usaha ini dapat dipelajari di Peluang Usaha Perkebunan Menjanjikan.

Di bidang jasa, kita bisa membidik berbagai jasa yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat di kampung. Sebagai contoh kita bisa menyediakan jasa sewa peralatan upacara pengantin atau nikah dan berbagai jasa lain.

Bidang jasa ini juga bisa dipilih dari bidang kuliner misalnya jasa pembuatan kue atau masakan. Sebelum kita bergerak di bidang usaha jasa ini sebaiknya kita baca juga mengenai Peluang usaha jasa yang menjanjikan.

Yang tak kalah menjanjikan jika dijalankan adalah usaha privat atau bimbingan belajar. Usaha ini semakin menjanjikan mengingat masyarakat di desa pun sudah mulai memahami dan sadar akan pentingnya pendidikan untuk anak-anak mereka.

Gambaran berbagai jenis usaha di atas tentu saja memiliki prospek yang berbeda di masing-masing tempat. Kita harus benar-benar jeli dalam menentukan apa yang cocok di jual di desa jika ingin sukses dan memiliki usaha yang menghasilkan di daerah yang di pilih.

Yang di atas tersebut hanya gambaran umum sebagai acuan ide kita semata. Agar dapat mengetahui secara pasti tentang seberapa besar usaha - usaha yang cocok di desa maka kita harus melakukan analisa dan mempelajari berbagai aspek sesuai daerah yang kita pilih. Karena masing-masing daerah memiliki potensi, peluang dan prospek usaha yang berbeda-beda.

Gambaran Peluang Usaha yang Cocok di Desa Menjanjikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko