Wednesday, April 5, 2017

Usaha di Bidang Jasa, Analisa Peluang dan Tips Sukses Menjalankannya

Peluang Sukses Usaha Jasa - Sebuah pertanyaan sederhana yang kerap kali mengganggu pikiran kita ketika hendak memulai sebuah usaha adalah mengenai bagaimana peluang sukses sebuah usaha yang akan kita kerjakan.


Tanpa mendapatkan jawaban memuaskan untuk pertanyaan ini kita akan mengalami kendala yang cukup berarti. Kendala tersebut mulai dari keragu-raguan, sifat pesimistis, rasa takut yang berlebihan bahkan keputus-asaan.

Hal itu bisa membuat kita enggan untuk melanjutkan ide dan gagasan kita untuk membangun sebuah usaha yang sukses. Karena itu, penting bagi kita untuk bisa menjawab bagaimana peluang sukses usaha jasa yang akan kita usahakan tersebut.

Jalan yang paling aman dan bertanggungjawab untuk mendapatkan jawaban tersebut adalah dengan melakukan analisa atau kajian terhadap seberapa besar peluang yang dimiliki oleh usaha jasa ini jika kita jalankan.

Caranya adalah dengan menganalisa berbagai komponen pendukung usaha yang mempengaruhi tingkat keberhasilan usaha yang dipilih.

Langkah ini tidak mudah tetapi bukan juga sesuatu yang mustahil untuk kita lakukan. Yang perlu kita camkan baik-baik adalah bahwa analisa ini sangat penting karena hasil dari kesimpulan analisa ini akan kita gunakan menjadi dasar dalam membangun usaha yang dimaksud.

Seperti kita tahu, usaha yang bergerak di bidang jasa memiliki tingkat peluang yang masih cukup bagus, khususnya jika kita pandang secara umum. Usaha jasa ini menjadi salah satu jenis usaha yang cocok di desa, yang dapat kita jalankan dengan sistem yang tidak begitu rumit.

Untuk menjalankan usaha ini kita bisa menitikberatkan pada sisi modal baik itu yang berupa alat maupun keahlian khusus yang kita miliki. Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai bagaimana menjalankan usaha ini akan lebih baik jika kita melihat beberapa analisis untuk menentukan prospek usaha ini.

A. Analisis Peluang Usaha di Bidang Jasa

Di atas telah di singgung bahwa usaha ini merupakan usaha yang cocok di kembangkan di pedesaan, kenapa demikian? Ya, usaha ini dikatakan masih memiliki peluang yang cukup bagus salah satunya adalah jika dikembangkan di pedesaan.

Hal ini karena masyarakat desa membutuhkan banyak jasa dalam kehidupannya terutama yang berkaitan dengan apa yang mereka usahakan.

Contoh sederhananya, masyarakat desa mulai menyadari betapa penting teknologi, karenanya mereka mulai aktif mempelajari dan menerapkan teknologi dalam kehidupan mereka.

Tentu saja, mereka akan membutuhkan orang yang bisa memberikan jasa dalam kaitannya dengan masalah teknologi yang mereka hadapi. Ini menjadi salah satu gambaran bahwa usaha jasa memang memiliki peluang yang masih cukup bagus untuk dikerjakan.

Peluang tersebut bisa kita jadikan modal untuk menelaah lebih jauh mengenai jenis usaha ini, tentunya dalam hal ini kita bisa mulai untuk melakukan analisis peluang secara lebih spesifik. Dalam menganalisa peluang ini beberapa hal yang sebaiknya kita perhatikan adalah sebagai berikut!

1. Jenis jasa yang dibutuhkan masyarakat
Karena dasar kegiatan usaha adalah permintaan dan kebutuhan pasar maka hal pertama yang sebaiknya kita analisa adalah mengenai jenis jasa yang dibutuhkan masyarakat. Dalam hal ini kita bisa mencari informasi akurat mengenai jasa apa saja yang banyak di butuhkan.

Nantinya kita akan memilih salah satu jenis jasa yang paling sering dan paling banyak dibutuhkan oleh masyarakat.

Informasi seperti ini bisa kita dapatkan dengan terjun langsung di masyarakat dan melakukan pengamatan mengenai berbagai prospek yang ada. Semakin valid informasi yang kita dapatkan maka akan semakin bagus bagi dasar perencanaan yang akan kita buat.

Pada akhir analisa kita harus mampu menentukan usaha jasa yang paling banyak dibutuhkan, semakin banyak dan semakin sering kebutuhan yang ada maka akan semakin bagus juga peluang kita.

2. Tingkat kemampuan kita dalam menyediakan jasa tersebut
Usaha ini akan sangat mengandalkan kualitas jasa yang kita berikan atau kita jual, maka dari itu kita harus benar-benar mengukur tingkat kemampuan yang kita miliki dalam menyediakan jasa yang di maksud.

Harus ada kepastian bahwa kita mampu menyediakan jasa yang berkualitas dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Sebagai contoh, jika kita ingin mendirikan jasa pangkas rambut maka kita harus memastikan terlebih dahulu bahwa kita bisa memberikan pelayanan yang sesuai harapan yaitu misalnya mampu memangkas rambut dengan rapi dan cepat, mampu memberikan kenyamanan bagi mereka yang sedang memangkas rambut dan lain sebagainya.

Jika hasil pekerjaan kita tidak sesuai harapan maka dapat dipastikan peluang usaha ini tidak akan bisa tinggi bahkan mungkin kita akan segera ditinggalkan.

Hal di atas juga berlaku pada berbagai jasa lain. Intinya adalah kita memiliki kemampuan dalam menyediakan jasa yang berkualitas, terjangkau dan sesuai harapan atau permintaan pasar.

Semakin tinggi kemampuan kita maka akan semakin bagus juga prospek usaha yang akan kita jalankan. Maka dari itu dalam memilih jenis usaha kita tidak boleh mengabaikan sisi kemampuan yang kita miliki.

3. Kendala, hambatan dan persaingan usaha
Jangan lupa untuk mengkaji berbagai hambatan, kendala dan juga persaingan yang sudah ada. Berbagai hal tersebut tidak akan mampu menghalangi niat kita untuk membuka usaha.

Namun kendala, hambatan dan persaingan akan memberikan pengaruh yang tidak sedikit bagi perkembangan usaha yang akan dijalankan. Di titik awal kita harus memiliki gambaran mengenai hal tersebut agar nantinya kita dapat membuat perencanaan penanggulangan yang sesuai dengan kebutuhan.

B. Tips Sukses Memulai Usaha Jasa

Persiapan dan perencanaan menjadi faktor penting yang akan menentukan sukses tidaknya usaha tersebut, maka dari itu persiapan yang baik harus mampu menghasilkan perencanaan yang benar-benar matang.

Untuk memulai usaha yang bergerak di bidang jasa kita bisa mulai belajar mempersiapkan diri dan membangun cakrawala baru di bidang ini.

Kita bisa mulai dengan mengamati berbagai usaha yang sudah usaha dan mempelajari berbagai langkah sukses yang telah terbukti. Dalam memulai usaha jasa ini ada beberapa tips sukses yang bisa kita pertimbangkan antara lain sebagai berikut:

1. Pilih usaha jasa yang sesuai kemampuan
2. Pilih usaha jasa yang modalnya bisa kita cukupi
3. Buat perencanaan yang matang yang meliputi berbagai aspek usaha
4. Lakukan analisis terhadap kebutuhan konsumen, tingkat persaingan dan daya beli
5. Berikan pelayanan dan jasa terbaik
6. Jangan jual jasa terlalu mahal

Satu-satunya orang yang dapat menentukan bagus tidaknya sebuah peluang usaha adalah kita sendiri dimana kita akan menentukan besar peluang tersebut secara objektif berdasarkan lokasi usaha, jenis usaha dan lain sebagainya.

Semoga dengan ini kita bisa menjawab pertanyaan bagaimana analisa peluang sukses di bidang usaha jasa yang selama ini menggangu pikiran kita. Tetap semangat dan terus belajar!

Usaha di Bidang Jasa, Analisa Peluang dan Tips Sukses Menjalankannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko