Friday, March 27, 2015

Usaha Ternak di Daerah yang Menjanjikan Untung Besar

Usaha Ternak di Daerah yang Menjanjikan Untung Besar - Dalam skala yang besar peternakan merupakan sebuah usaha atau bisnis yang bagus dan sangat menjanjikan, apalagi jika skala usaha bisa merambah ke luar negeri.

Masalahnya terkadang kita bingung saat pertama kali ini membuka bisnis ini, misalnya bingung dalam menentukan jenis ternak apa dan daerah yang cocok seperti apa. Timbulnya pertanyaan itu bukan tanpa alasan mengingat persiapan adalah faktor penting yang harus dilakukan sebelum mendirikan sebuah usaha apapun.

Dalam bidang peternakan, pertama dalam persiapan tersebut kita harus memilih ternak apa yang akan dipelihara dan dimana kita akan memelihara ternak tersebut. Secara gamblang kita akan mencari tahu detail dari peluang jenis ternak besar dan daerah yang cocok untuk digunakan sebagai langkah awal dalam memulai bisnis ini.

Kita akan membaca dulu seberapa jauh peluang masing-masing usaha ternak yang ada baru setelah itu menentukan pilihan. Ini merupakan suatu keharusan dan ini adalah langkah membuka usaha agar sukses di sebuah daerah tertentu yang kita kehendaki.

Dengan membuat persiapan yang matang kita akan memastikan bahwa perencanaan yang kita buat nantinya bisa dijadikan sebagai pondasi dalam membangun sebuah usaha peternakan yang sukses sesuai dengan harapan dan cita-cita.

Mengingat pentingnya langkah awal tersebut itulah situs peluang sukses usaha akan membahas masalah ini lebih jauh sebagai bahan pertimbangan kita semua dalam memulai bisnis ini.

1) Analisa Peluang Usaha Ternak di Daerah

Usaha peternakan atau usaha ternak umumnya memiliki peluang yang bagus dan layak untuk ditekuni. Meski peluangnya bagus namun usaha ini juga bukan usaha yang gampang dijalankan karena berkaitan dengan mahluk hidup (hewan) yang harus kita pelihara dengan baik.

Dengan begitu untuk yang tidak memiliki dasar pengetahuan atau minat yang kuat dengan hewan tidak disarankan untuk memilih usaha ini. "Apakah permintaan akan daging akan berkurang?" itulah sebuah pertanyaan sederhana yang bisa menggambarkan seberapa jauh peluang usaha ini.

Usaha ternak jalannya masih terbuka lebar bahkan sampai ke luar negeri sekalipun. Jika kita berminat ingin mendirikan usaha ini namun masih belum yakin atau belum memiliki bahan pertimbangan yang cukup untuk mengetahui layak tidaknya usaha ini dijalankan maka kita bisa mulai mempertimbangkan beberapa aspek yang bisa mempengaruhi prospek usaha ini ke depan.

Untuk mendapatkan gambaran bagaimana usaha ini kita bisa melihat ke beberapa usaha lain yang berkaitan dengan usaha ini. Karena usaha ini peluangnya juga di dukung berbagai usaha lain yang menggunakan hasil dari usaha ternak seperti ini.

Misalnya, kita bisa melihat trend usaha rumah makan yang membutuhkan daging setiap harinya.  Agar lebih mudah, kita bisa melihat prospek usaha ini dengan mempertimbangkan beberapa faktor berikut.

1. Kebutuhan daging (hasil produk ternak)
2. Jangkauan pangsa pasar
3. Hambatan dan kesulitan
4. Sarana dan prasarana pendukung

Pertama kita lihat kebutuhan daging atau hasil produk ternak ini di masyarakat khususnya masyarakat yang akan dijadikan target konsumen usaha kita tersebut. Jika kebutuhannya besar, banyak dan stabil maka peluang usaha ini juga bagus demikian pun sebaliknya, peluang ternak menuju sukses 2015.

Jangkauan pangsa pasar akan menentukan peluang usaha ini. Misalnya jika kita hanya fokus untuk memenuhi kebutuhan dalam satu daerah saja maka peluagnya otomatis kecil berbeda dengan jika pangsa pasar kita targetkan ke arah yang lebih luas lagi, bila perlu sampai ke luar negeri.

Perhatikan juga hambatan dan kesulitan yang ada dalam usaha ini. Perhatikan usaha yang telah berjalan, amati dan pelajari, apakah jika kita menghadapi hambatan dan kesulitan yang pengusaha lain alami kita bisa mengatasinya? Jika bisa maka persentase peluang atau prospek usaha ini sudah tentu bertambah.

Selain itu kita juga perlu mempertimbangkan sarana dan prasarana yang diperlukan untuk usaha ini. Misalnya bagaimana dengan akses jalan, bagaimana dengan akses untuk mendapatkan pakan ternak, bagaimana akses untuk mendapatkan sumber daya manusia yang cukup dan lain sebagainya.

Semua sarana dan prasarana yang kita butuhkan perlu kita lihat dan kita pertimbangkan apakah pemenuhannya bisa sesuai harapan atau tidak. Contoh lain, usaha peternakan misalnya sapi tentu membutuhkan pakan rumput selain pakan sentrat maka apakah kebutuhan rumut tersebut bisa mudah disiapkan dan seterusnya dan seterusnya.

Jika beberapa hal tersebut setelah kita pertimbangkan memiliki hasil yang positif maka kita bisa dengan mudah menyimpulkan apakah usaha ini layak atau tidak untuk kita tekuni. Perlu di ingat juga bahwa kemampuan kita mengelola usaha ini juga menjadi faktor penentu usaha ini sukses atau tidak.

2) Jenis Usaha Ternak dan Daerah yang Cocok

Usaha peternakan umumnya lebih cocok di daerah pedesaan yang masih memiliki lahan yang cukup luas. Selain itu usaha ternak memang juga baik jika didirikan di daerah yang tidak tercemar seperti di kota, tempatnya lebih tenang dan terdapat sumber pakan alami yang cukup.

Berikut beberapa contoh jenis ternak dan daerah yang cocok untuk mendirikannya. Anda bisa mulai mempertimbangkan dan menggali lebih jauh potensi peternakan berikut!

1) Usaha ternak ayam kampung
2) Usaha ternak kambing
3) Usaha budidaya sapi
4) Usaha ternak kerbau cocok di desa di daerah persawahan luas
5) Ternak bebek
6) Ternak puyuh

Ternak kambing cocok diusahakan di pedesaan dengan pertimbangan ketenangan dan jauh dari kebisingan. Selain itu desa juga lebih memberikan kebutuhan pakan alami yang cukup untuk menjaga kambing atau domba ternak bisa lebih sehat.

Usaha ini baik jika didirikan tidak terlalu jauh dari rumah namun juga tidak terlalu dekat. Sama dengan kambing, usaha ternak sapi juga cocoknya di daerah pedesaan yang memiliki ketersediaan pakan alami yang mencukupi.

Selain itu usaha ini juga lebih membutuhkan lahan yang lebih luas dan harus jauh dari pemukiman mengingat kotorannya bisa mengganggu. Jika ingin mendirikan usaha ternak sapi maka lokasi atau tempat atau daerah yang ideal adalah di desa.

Usaha Ternak dan Daerah yang Cocok
Usaha Ternak/Suararakyatonline.wordpress.com
Ternak kerbau bagus diusahakan di daerah yang memiliki lahan persawahan yang cukup luas untuk mendukung kebutuhan pakan. Selain itu kerbau biasanya juga membutuhkan daerah kubangan untuk digembalakan.

Maka dari itu jika beternak kerbau maka pilihannya adalah di desa yang dekat dengan areal persawahan. Itulah sedikit mengenai celotehan kita hari ini tentang usaha ternak menjanjikan untung besar kali ini.

Lain waktu akan kita sambung lagi pembahasan ini dengan beberapa pembahasan lain seperti macam - macam usaha turunan dari usaha peternakan dan lain sebagainya. Tetap semangat dan tetap berkarya, salam sukses usaha!

Usaha Ternak di Daerah yang Menjanjikan Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko