Thursday, February 23, 2017

Ingin Usaha di Bidang Perkebunan, Ingin Tahu Apakah Menjanjikan atau Tidak, Berikut Ulasannya!

Analisis Peluang Usaha Perkebunan yang Menjanjikan - Usaha di bidang perkebunan ini merupakan salah satu usaha yang cocok di desa karena usaha ini memang menggunakan lahan yang cukup luas dan tentunya juga bagus untuk tanaman.


Apakah usaha perkebunan merupakan usaha yang cukup menjanjikan? Itulah yang akan kita cari tahu melalui pembahasan kali ini. Kita akan mengupas seberapa jauh prospek usaha ini jika kita jalankan.

Bukan hanya itu, secara spesifik kita akan belajar juga bagaimana cara mempertimbangkan usaha ini apakah prospek atau tidak sesuai dengan keadaan tertentu. Secara umum, peluang usaha perkebunan cukup bagus untuk kita jalani.

Namun tentu kita tetap harus memperhatikan dan menimbang banyak hal sebelum memutuskan untuk membuka usaha ini. Meski dikatakan berpeluang dan bagus kita tetap harus mengetahui prosentase kesuksesan usaha ini dari analisa prosentase peluang yang dimiliki.

Tentu saja kita harus menganalisa berbagai hal yang berkaitan dengan prospek usaha ini dan menarik kesimpulan seobjektif mungkin. Dalam hal ini kita juga tidak boleh menutup kemungkinan lain, jadi sah saja jika kita juga mempertimbangkan jenis usaha serupa antara lain:

- peluang usaha perkebunan kelapa sawit
- informasi bisnis peluang usaha kecil menengah
- peluang usaha agribisnis
- peluang usaha kebun karet
- peluang usaha di jawa tengah
- usaha perkebunan karet
- info usaha kecil
- prospek usaha perkebunan kelapa sawit

Sebagai pelaku usaha memang kita harus cukup fleksibel untuk membaca berbagai peluang yang ada. Kita harus jeli dalam melihat celah dan menyimpulkan banyak hal. Fokus pada tujuan yang ingin dicapai itu harus namun menimbang berbagai kemungkinan juga wajib kita lakukan.

Untuk itulah kita sebaiknya bisa secara menyeluruh membaca bagaimana bisnis di bidang perkebunan yang akan kita geluti tersebut. Memang, secara umum usaha perkebunan bagus untuk dikembangkan namun kita harus juga mengadakan analisa sendiri untuk menentukan seberapa jauh peluang yang ada.

Dalam Analisis Peluang Usaha Perkebunan Menjanjikan tersebut hendaknya mempertimbangkan beberapa hal berikut!

1. Permintaan hasil produk perkebunan
Yang akan menjadi dasar usaha kita adalah permintaan pasar terhadap produk yang akan kita hasilkan. Maka dari itu pertama kita bisa menganalisa bagaimana permintaan hasil produk perkebunan yang akan kita jalankan.

Kita bisa mencari informasi mengenai seberapa besar permintaan produk yang ada di dalam masyarakat, tentunya masyarakat tersebut harus juga klasifikasikan sesuai target penjualan yang bisa kita tembus.

Kita lihat bagaimana permintaan di daerah A, bagaimana permintaan di daerah B dan seterusnya yang akan menjadi pasar bagi produk yang dihasilkan.

Bukan cuma itu, kita juga bisa mengukur permintaan bersarkan waktu tertentu untuk mengetahui bagaimana permintaan dari waktu ke waktu.

Misalnya kita lihat gambabran permintaan produk perbulan, pertahun dan seterusnya. Jadi dengan begitu kita bisa memiliki gambaran yang lebih detail mengenai seberapa besar permintaan produk pertanian yang akan kita hasilkan.

2. Harja jual produk perkebunan
Selain mengukur jumlah permintaan kita juga hendaknya bisa mencari informasi lengkap dan akurat mengenai harga jual dari produk perkebunan tersebut. Hasilnya diharapkan kita akan mengetahui seberapa besar harga jual yang ada di masyarakat pada waktu tertentu dan dalam kurun waktu tertentu.

Dengan begitu kita dapat menentukan apakah harga jual produk perkebunan itu cukup tinggi atau tidak. Semakin tinggi harga jualnya maka akan semakin bagus prospek usaha yang dimiliki.

Berkaitan dengan harga ini sebaiknya kita analisa perubahan harga yang ada di masyarakat dari waktu ke waktu, bisa dari bulan ke bulan bisa juga dari tahun ke tahun. Ini akan memberikan gambaran mengenai harga tertinggi dan harga terendah produk yang bisa dijual di masyarakat.

Data tersebut sangat penting untuk kita jadikan acuan apakah peluang atau prospek usaha ini cukup menjanjikan dan cukup bagus untuk kita jalankan. Perlu dicatat juga bahwa dalam menganalisa informasi ini data yang dikumpulkan harus akurat dan objektif agar bisa kita jadikan pertimbangan dalam menentukan bagaimana peluangnya. 

3. Ketersediaan kebutuhan usaha perkebunan 
Pertimbangkan juga mengenai kebutuhan usaha perkebunan yang akan kita dirikan. Untuk mendirikan usaha ini kita memerlukan banyak modal. Dasar informasi yang kita peroleh di atas tidak akan berarti tanpa adanya dukungan sarana dan prasarana usaha yang kita miliki.

Oleh karena itu sebaiknya kita pertimbangkan juga mengenai ketersediaan kebutuhan usaha tersebut. Apa saja yang sebaiknya kita pertimbangkan?

Pertama, sebaiknya kita pertimbangkan ketersediaan sumber daya alam yang ada, mulai dari tanah lokasi perkebunan, sarana transportasi dan lain sebagainya. Sumber daya manusianya juga harus kita analisa, apakah kita bisa menyediakan tenaga kerja yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini.

Bagaimana juga dengan alat pertanian yang dibutuhkan? Semua hal yang dibutuhkan harus kita analisa ketersediaannya agar bisa mendukung potensi yang ada tersebut. Dengan begitu potensi yang ada bisa kita manfaatkan dengan menggunakan sumber daya yang kita miliki.

Perlu diingat bahwa usaha ini umumnya membutuhkan modal yang tidak sedikit jadi kita juga harus mempersiapkan kemampuan atau keahlian yang kita butuhkan.

Dari semua uraian di atas, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa usaha ini memang memiliki peluang yang masih cukup bagus.

Namun sebelum kita menjalani usaha ini kita sendiri harus melakukan analisa bagaimana gambaran usaha perkebunan tersebut untuk menentukan seberapa besar ukuran potensi yang ada. Karena pada kenyataannya peluang atau prospek usaha ini juga dipengaruhi banyak hal mulai dari lokasi atau daerah, pelaku usahanya bahkan juga modal yang dimiliki.

Ingin Usaha di Bidang Perkebunan, Ingin Tahu Apakah Menjanjikan atau Tidak, Berikut Ulasannya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko