Sunday, October 2, 2016

Peluang Usaha Bisnis Cenderamata Untung Besar

Peluang Usaha Bisnis Cenderamata - Apakah bisnis di bidang perdagangan oleh-oleh atau cenderamata merupakan sebuah bisnis yang bagus dan menjanjikan? Pertanyaan tersebut akan coba kita jawab dalam pembahasan singkat kali ini.
Peluang Usaha Bisnis Cenderamata

Bukan untuk memastikan atau menggurui, tetapi pembahasan ini lebih untuk mengajak para pembaca semua untuk menganalisa lebih jauh mengenai potensi dalam usaha ini. Jadi, kesimpulan akhir tetap pada hasil analisa pelaku usaha itu sendiri.

Usaha yang paling mudah dijalankan sebenarnya adalah usaha jual beli, tinggal siapkan barang dagangannya dan mulai menjualnya dari toko atau tempat lain. Tapi tidak sesederhana itu, untuk menjual barang kan tidaklah mudah.

Nah kali ini kita akan belajar mengenai peluang usaha khususnya untuk bisnis cenderamata. Bisnis atau usaha ini adalah jenis usaha jual beli yang masih cukup berpeluang. Kira-kira seberapa bagus peluang usaha tersebut?

Kenapa kita harus mempelajari terlebih dahulu prospek usaha jual cenderamata yang akan kita buka? Padahal kita saja langsung membuka usaha tersebut, apalagi usaha jual beli? Ya, kalau ingin sukses memang harus seperti itu "hal baik saja tidak cukup tanpa dijalani dengan baik".

Hal baik akan mendatangkan hasil yang memuaskan jika dijalankan dengan cara yang baik dan benar, begitu juga dengan usaha. Untuk usaha ini secara garis besar memang masih menjanjikan namun dalam beberapa kondisi tentunya.

Tidak semua daerah berpotensi untuk pasar usaha ini dan tidak semua masyarakat bisa dijadikan target market. Jika kita ingin membuka usaha ini sebaiknya mengadakan analisa terlebih dahulu dari berbagai sisi.

1) Analisa Peluang Usaha Cenderamata

Kita dapat menentukan baik atau tidaknya peluang jika memiliki gambaran pangsa pasar yang ditargetkan. Kita harus tahu siapa yang akan membeli produk kita karena itulah analisa pada prospek usaha sangat perlu untuk dilakukan sebelum memulai sebuah bisnis apalagi untuk bisnis cenderamata (souvenir).

Bisnis jual beli ini dari beberapa sudut pandang kurang begitu menjanjikan jika didirikan di lingkungan masyarakat biasa. Ada beberapa kriteria yang bisa memenuhi syarat bagusnya peluang sukses usaha yang dimiliki.

Agar dapat melihat secara jelas mengenai gambaran prospek bisnis ke depan maka terlebih dahulu kita tentukan jenis cenderamata yang akan disediakan. Untuk jenis cenderamata ini ada beberapa jenis yang bisa disediakan yaitu antara lain:

1. Cenderamata pernikahan
2. Cenderamata unik untuk tamu
3. Cenderamata khusus pantai
4. Cenderamata khas daerah

Dari contoh jenis cenderamata yang ada di atas tentu saja peluang yang ada untuk masing-masing usaha tentu berbeda-beda. Untuk usaha cenderamata khusus pastinya tempat usaha juga akan sangat mempengaruhi peluang yang dimiliki. Sedangkan untuk jenis usaha cenderamata lengkap juga berbeda.

Di kota besar seperti Jabodetabek, usaha ini tergolong memiliki peluang yang lumayan. Hal ini dilihat dari tingkat kebutuhan masyarakat di daerah perkotaan dimana kebutuhan cenderamata lebih tinggi.

Untuk daerah pedalaman atau pedesaan usaha ini prospeknya masih kurang bagus mengingat daya beli dan kebutuhan masyarakatnya masih berkutat di sekitar kebutuhan perut.

Lalu mana yang prospeknya bagus? Yang paling bagus dan menjanjikan untuk jenis usaha ini adalah yang menargetkan di daerah pariwisata yang menyediakan produk-produk ciri khas dari daerah setempat.

Contoh sederhananya begini, biasanya kalau orang pulang dari liburan di pantai akan membeli hiasan dari kerang untuk oleh-oleh atau cenderamata. Nah kita bisa membidik secara khusus prospek bisnis yang seperti itu atau membuat yang lebih lengkap jenisnya.

Rata-rata cenderamata yang banyak disukai adalah hasil kerajinan yang nilai seninya tinggi. Secara umum gambaran penghasilan dari usaha ini juga lumayan bagus.

Jika kita hanya penyalur dalam artian kita membeli produk dan kemudian menjualnya kembali keuntungannya lebih sedikit jika dibanding dengan menjual produk cenderamata hasil karya pribadi. Namun dalam beberapa kasus, pendapatan kita juga ditentukan dengan banyak sedikitnya cenderamata yang diminati oleh pembeli.

2) Tips Memulai Bisnis Cenderamata

Memulai bisnis ini - menurut penulis - bisa dikatakan lebih sulit dari bisnis lain karena konsumen yang dibidik lebih khusus dan terbatas yaitu hanya orang yang sedang bepergian. Untuk itulah perlu analisa dan perhitungan yang cermat sebelum menentukan untuk terjun pada bisnis cenderamata tersebut.

Tidak berbeda dengan saat memulai usaha jasa atau jual beli lainnya, untuk usaha ini kita juga harus membuat perencanaan yang matang. Perencanaan tersebut meliputi beberapa aspek yaitu antara lain sebagai berikut:

1. Analisa prospek usaha ke depan
2. Merencanakan media promosi yang cocok
3. Menentukan target market
4. Memberikan produk yang bernilai seni tinggi
5. Bekerja keras, belajar, evaluasi dan fleksibel

Beberapa hal di atas bisa kita pertimbangkan sebelum menetapkan pilihan pada bisnis ini. Pertama kita analisa terlebih dahulu peluang usaha jual cenderamata tersebut sesuai daerah masing-masing. Setelah mendapatkan data yang akurat dari analisa tersebut kita bisa merencanakan beberapa aspek lain yaitu mulai dari pemilihan produk yang akan dijual sampai pada teknik promosi yang akan digunakan.

Banyak usaha seperti ini yang "hidup enggan mati tak mau" tetapi banyak juga yang sukses mendapatkan penghasilan yang berlimpah. Kesuksesan dalam usaha ini memang tidak gampang untuk di raih karena itu tak ada pilihan lain selain berani gagal dan selalu belajar untuk menentukan ide-ide usaha yang brilian. 

Peluang Usaha Bisnis Cenderamata Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko