Sunday, May 24, 2015

Analisa Potensi Usaha Ternak Merpati Untung Besar

Hari ini kita akan membahas dan atau mencari tahu lebih jauh mengenai bagaimana potensi bisnis ternak merpati jika kita jalankan. Tentu saja, pembahasan artikel usaha ini akan meliputi beberapa analisis atau penelitian yang berkaitan dengan potensi atau peluang usaha yang di miliki oleh usaha peternakan tersebut.

Potensi Usaha Ternak Merpati
Foto: Ilustrasi ternak merpati/
Dari beberapa indikasi kita akan menganalisa secara umum bagaimana peluangnya untuk usaha tersebut. Merpati atau dara merupakan salah satu jenis hewan yang keberadaannya juga banyak disukai dan dibutuhkan oleh masyarakat.


Yang paling terkenal jika kita berbicara mengenai merpati adalah biasanya untuk hobi yaitu misalnya untuk merpati hias maupun untuk merpati balap. Namun selain dua hal tersebut merpati atau dara juga dapat dijadikan bahan konsumsi. Lalu bagaimana prospek dari usaha di bidang peternakan merpati, apakah menjanjikan?

Secara umum usaha ini memang masih memiliki peluang yang cukup bagus, namun begitu kita harus lebih dahulu menganalisa beberapa aspek sebelum berniat terjun menjalankan usaha ini. Beberapa aspek yang sebaiknya kita analisa terlebih dahulu yaitu:

a) Sukses budidaya perkutut
b) Ternak kelinci menjanjikan
c) Ternak kambing untung besar
d) Aspek kebutuhan akan burung dara
e) Aspek modal dan analisa laba rugi
f) Aspek usaha pendukung lain
g) Aspek kemampuan budidaya

Setidaknya beberapa aspek di atas harus dipastikan terlebih dahulu sebelum kita memulai usaha ini. Dari aspek kebutuhan atau permintaan pasar maka sebaiknya kita cari tahu tinggi rendahnya permintaan di daerah yang dibidik.

Dalam permodalan kita bisa menghitung analisa laba rugi serta modal yang diperlukan untuk menjalankan usaha tersebut. Selain itu kita sebaiknya juga mencari informasi mengenai usaha lain yang menggantungkan kebutuhan bahan produksinya pada usaha ini.

Misalnya kita mencari tahu usaha lain yang melakukan pengolahan daging dara atau lainnya. Jangan lupa juga untuk mengukur kemampuan kita dalam menjalankan usaha ini. Tanpa kemampuan yang memadai meski ada modal dan peluang yang bagus namun kemungkinan keberhasilan usaha juga akan berkurang.

Itu tadi analisa secara umum untuk potensi untuk usaha ternak burung merpati, selanjutnya dalam usaha ini paling tidak ada tiga sektor yang bisa kita bidik yaitu ternak merpati untuk produk merpati hias, merpati potong dan merpati balap.

1) Peluang usaha merpati hias
Untuk merpati hias peluangnya cukup besar mengingat produk merpati hias umumnya memiliki harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan merpati biasa.

Tentu saja untuk usaha merpati hias kita harus mencari informasi banyaknya masyarakat yang hobi dan membutuhkan merpati ini di suatu daerah yang dibidik. Jika kita menarget pasar yang luas kita bisa memetakan kebutuhan hias ini setiap waktunya untuk mengetahui seberapa besar peluang.

2) Peluang bisnis merpati potong
Untuk merpati potong mungkin harganya tidak akan terlalu tinggi namun usaha ini bukan tergantung pada bagus tidaknya buru dara atau merpati yang dimiliki namun lebih kepada hasil daging dara yang dapat diproduksi.

Prospek usaha ini umumnya cukup baik apalagi jika dibanding dengan usaha ternak unggas lain seperti ayam atau bebek. Hal ini mengingat merpati atau dara lebih tahan terhadap beberapa penyakit yang banyak menyerang unggas.

3) Peluang merpati (dara) balap
Merpati balap hampir sama dengan merpati hias dimana harganya cenderung cukup tinggi. Untuk peluangnya akan sangat tergantung dari banyaknya masyarakat yang suka dengan olah raga merpati balap.

Kalau dilihat dari sisi permintaan, usaha merpati balap lebih sedikit permintaannya karena hanya terbatas pada mereka yang hobi saja namun dari sisi harga jual, usaha merpati yang satu ini bisa dikatakan cukup bagus.

Demikianlah sedikit gambaran mengenai analisa usaha ternak merpati, jika kita ingin mencoba peruntungan untuk menjalankan usaha ini maka sebaiknya kita memastikan bagus tidaknya peluang dengan langsung melakukan pengamatan ke lokasi usaha dan konsumen yang dibidik. Mudah-mudahan sedikit pembahasan ini bisa menjadi bahan pertimbangan kita semua.

Analisa Potensi Usaha Ternak Merpati Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko