Monday, June 22, 2015

Analisa Peluang Usaha Ternak Kambing Untung Besar

Peluang Usaha Ternak Kambing - Bagi yang hobi dengan bidang peternakan sepertinya ternak kambing bisa menjadi salah satu pilihan usaha atau bisnis yang bisa dikembangkan dan ditekuni. Hal ini karena ternak kambing memiliki potensi untuk memberikan penghasilan yang cukup besar bahkan bisa sampai puluhan juta rupiah.

Untuk usaha ternak kambing ini jenis kambingnya banyak, prospek pemasaran produknya pun bisa cukup luas bahkan ke luar negeri. Dengan alasan tersebut mari kita lihat lebih dekat bagaimana prospek dan atau peluang dari usaha peternakan tersebut.

Kalau dilihat sekilas jenis usaha ini memang biasa-biasa saja dan tidak terlalu terkenal. Padahal sebenarnya peluang ternak kambing ini cukup bagus mengingat banyaknya kebutuhan produk dari peternakan ini baik itu dari daging, produk susu dan bahkan dari kulit yang dihasilkan.

Lebih jelasnya, kebutuhan daging dan susu tentu untuk kebutuhan konsumsi di masyarakat sedangkan untuk kulit kambing bisa digunakan untuk kebutuhan pembuatan aneka kebutuhan seperti sepatu dan tas.

Di lihat secara sekilas pun sebenarnya sudah terlihat bahwa usaha ini memiliki potensi tersembunyi yang cukup bagus. Untuk gambaran bagaimana usaha ini kita juga bisa melihat beberapa pembahasan lain sebagai berikut:

1) Peluang usaha ternak kambing etawa
2) Peluang usaha peternakan
3) Kerjasama usaha ternak
4) Usaha ternak kambing jawa
5) Usaha ternak kambing potong
6) Cara usaha ternak kambing
7) Usaha ternak kambing kacang
8) Artikel usaha ternak kambing jawa

Bahkan seorang sarjana muda lulusan IPB yang bernama Supriadi dalam situsnya memberikan penjelasan sederhana bahwa dalam kondisi tertentu penghasilan dari usaha ternak ini bisa mencapai 120% sampai 420% per tahunnya dengan modal 10 juta untuk digunakan membeli kambing ternak.

Dari situ bisa kita hitung berapa gambaran peningkatan modal yang kita dapat jika kita menjalankan usaha ini selama satu tahun saja. Lebih jelas mengenai hal ini berikut kutipan dari apa yang di jelaskan oleh alumni jurusan peternakan tersebut.

Benarkah bisa untung lebih 100%/tahun? Benar, ini hitungan sederhananya. Dengan modal 10 juta kita dapat membeli 1 jantan dan 10 betina. Dalam setahun beranak satu kali, kalo rata-rata beranak kembar 2 maka jumlah anaknya 20 ekor dengan umur 5-7 bulan.

Harga anak 500-700 ribu maka kita mendapatkan 10-14 juta dari penjualan anaknya. Di akhir tahun jantan akan naik nilainya 10-50 % dan induknya sudah bunting lagi sekitar 3-4 bulan bila induknya kita jual dalam keadaan bunting maka harganya akan naik 10-40%, jadi dari harga awal 10 juta bisa jadi 11-14 juta.

Bila kita memerah susunya kita akan mendapatkan 100-600 liter susu. Bila harga dipasaran 10 – 40 ribu/liter tergantung lokasi dan teknik menjual. Kita dapat 1 – 6 juta dari susu untuk harga terendah dan 4-24 juta untuk harga tertinggi. Bila kita mau mengolah kotoran/ feses dan urine nya kita juga bisa menjualnya.

Jadi dalam setahun dengan harga minimal dari modal 10 juta, modal kita di akhir tahun menjadi 22 juta. Bila kita beruntung mendapat harga tinggi dan produksi maksimal maka modal kita menjadi 34-52 juta. Jadi keuntungan setahun 120% - 420%/tahun (Sumber: Supriadi-teknologi.blogspot.com)

Namun demikian, untuk memulai usaha ini tentu tidaklah segampang seperti pada analisa kotor tersebut. Ada banyak hal yang harus terlebih dahulu di pelajari dan dipersiapkan. Maka dari itu jika kita ingin mencoba usaha ini sebaiknya dalam mencari tahu dan mengukur tingkat peluangnya kita juga tidak lupa untuk mencari informasi mengenai berbagai aspek pendukung dalam usaha ini.



Video Cara Budidaya Ternak Kambing

Kita sebaiknya juga mempelajari bagaimana aspek pemeliharaan, perawatan dan bahkan sampai teknik pemasaran yang baik. Sebaiknya kita analisa lebih dalam mengenai berbagai faktor yang berhubungan dengan peternakan ini.

Setelah analisa, kita bisa menentukan seberapa besar peluang dari usaha tersebut berdasarkan hasil analisa tersebut. Perlu kita ingat, usaha peternakan juga dipengaruhi oleh kemampuan pemeliharaan, kondisi lokasi, perencanaan dan lain sebagainya. 

Tak lupa juga untuk mengetahui prospek yang ada perlu di ukur juga tingkat resiko, hambatan dan kendala, serta faktor-faktor lain yang mempengaruhi jalannya usaha tersebut. Saya rasa itu saja sedikit ulasan mengenai bagaimana peluang usaha ternak kambing ini. Semoga bisa menjadi sedikit gambaran, ide dan juga inspirasi bagi kita semua. Jangan lupa baca juga beberapa artikel lainnya di bagian bawah.

Analisa Peluang Usaha Ternak Kambing Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko