Thursday, December 31, 2015

Analisis Peluang Usaha Budidaya Ikan Bawal Menjanjikan

Analisis Peluang Usaha Budidaya Ikan Bawal Menjanjikan - Ada yang pernah bertanya kepada saya tentang bagaimana peluang usaha budidaya ikan bawal jika ditekuni. Tentu saja saya bisa memberikan gambaran namun tidak dapat memastikan mengenai potensi ke depan usaha tersebut. Hal ini karena seorang pelaku usaha harus melakukan analisa sendiri agar mampu mengetahui dengan jelas bagaimana potensi sebuah usaha.

Gambaran yang saya berikan tentu saja akan berbeda dengan hasil analisa langsung dilapangan mengingat sebuah usaha akan dipengaruhi oleh banyak faktor termasuk di dalamnya faktor pelaku usaha itu sendiri.

Sederhananya, sebagus apapun peluang namun jika yang mengerjakan tidak memiliki keahlian yang cukup maka usaha yang dijalankan menjadi kurang berpeluang. Oleh karena itu uraian saya kali ini juga hanya sebatas gambaran umum mengenai peluang usaha ikan bawal tersebut dan perlu dikaji lebih jauh. 

Ikan bawal termasuk jenis ikan carnivora. Ikan bawal ini memiliki rasa daging yang gurih dan enak, meski cukup banyak durinya. Namun demikian, dari sisi rasa, ikan bawal tidak jauh beda dengan ikan mas. Begitu juga dari sisi fisik dagingnya. Karena itu ikan bawal menjadi salah satu ikan konsumsi yang juga cukup diminati oleh masyarakat.

Ikan bawal menjadi pilihan karena rasanya yang enak dan juga harganya yang cukup terjangkau. Dilihat dari gambaran kebutuhan konsumennya, secara umum peluang usaha ini cukup baik untuk dikerjakan. Usaha ini masih memungkinkan kita untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan.

Salah satu alasan mengapa usaha perikanan ini cukup bagus yaitu dari sisi pengeluaran modal yang dibutuhkan. Modal yang dibutuhkan untuk budidaya bawal ini tidak terlalu besar sehingga margin keuntunggannya pun bisa lebih banyak. Modal pemeliharaan yang tidak terlalu besar tentu akan menguntungkan petani ikan yang membudidayakannya. 

Selain masalah modal, usaha budidaya ikan bawal dikatakan menjanjikan karena memiliki asumsi keuntungan yang cukup besar. Contohnya, untuk membesarkan ikan sebanyak 3.500 ekor diperlukan biaya sekitar Rp. 6.35.000,- dan selama 3 bulan pemeliharaan bisa dipanen dengan asumsi keuntungan sebesar 13 jutaan. Sebuah angka yang cukup fantastis bukan?

Lebih jauh lagi, pemeliharaan ikan bawal ini relatif lebih mudah jika dibandingkan dengan pemeliharaan ikan lain. Yang tak kalah menarik, meski harga pasaran ikan ini lebih rendah namun harga ikan bawal di pasaran cenderung stabil. Ini tentu memberikan kelebihan tersendiri untuk sebuah usaha yang akan didirikan. Harga yang stabil tentu akan mengurangi tingkat resiko yang ada.

Melihat gambaran kasar saja tentu susah untuk dimengerti. Maka sebaiknya kita lihat bagaimana gambaran rincian masalah keuangan untuk usaha ini. Mari kita lihat perhitungan asumsi pemeliharan ikan bawal berikut ini agar lebih jelas. Berikut adalah analisa budidaya ikan bawal yang menunjukkan untung berlimpah seperti dilansir bibitikan.net.

Kebutuhan modal
Total modal keseluruhan Rp. 635.000,- 
Total modal yang digunakan tersebut meliputi:
  • Benih Ikan = Rp.350.000,-
  • Pakan pf.1000 = Rp.260.000,-
  • Obat = Rp.25.000,-
Asumsi keuntungan
  • Harga konsumsi ikan Bawal Rp. 12.000
  • Prakiraan hasil penghitungan umum selama 3 bulan, panen 1 kg isi 3 ekor. jadi 3.500 ekor ikan Bawal di bagi 3 ekor = 1.166 kg dikalikan harga konsumsi Rp.12.000/kg = Rp.13.992.000
  • Pendapatan jual = Rp.13.992.000 di kurangi modal Rp.635.000
  • Keuntungan = Rp.13.357.000
(Sumber: bibitikan.net)

Dari perhitungan di atas dapat dilihat bahwa potensi keuntungan usaha ini lumayan bagus. Untuk tiga bulan pemeliharaan 3.500 ikan bisa menghasilkan nilai di atas. Tentu gambaran tersebut sangat penting untuk dasar acuan awal kita. Agar lebih aktual maka kita bisa menelusuri berbagai harga di atas dengan harga yang ada sekarang ini mulai dari harga bibit ikan bawal, harga pakan ikan, obat dan seterusnya.

Foto: dbagus.com

Perhitungan di atas tentu saja hanya asumsi yang bisa saja sesuai dan bisa juga tidak. Tapi yang jelas informasi di atas bisa memberikan gambaran awal mengenai prospek dan peluang yang bisa digali dari usaha budidaya ikan konsumsi ini. Selanjutnya tentu kita harus menganalisa dengan cermat berbagai informasi tersebut sesuai dengan daerah dan kondisi terbaru yang ada.

http://www.bibitikan.net/analisa-usaha-budidaya-pembesaran-ikan-bawal/

Analisis Peluang Usaha Budidaya Ikan Bawal Menjanjikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko