Friday, September 2, 2016

Menjalankan Usaha Kecil, Harus Lebih Sabar

Ingat dulu waktu belajar materi menjalankan usaha kecil kewirausahaan kelas xii, sekarang telah dewasa dan harus dapat mengaplikasikan ilmu yang dimiliki. Usaha telah didirikan, meski kecil namun tentu memiliki arti yang sangat penting. 

Tinggal bagaimana mengelola usaha tersebut, anda tentu ingin sukses seperti orang lain bukan? Kalau dilihat dari pengertian usaha kecil, usaha yang anda jalankan memang sangat terbatas. 

Tetapi bukan berarti juga bahwa usaha tersebut boleh dijalankan dengan santai dan tidak bertujuan. Bayangkan saja, untuk apa susah menambah pekerjaan kalau tidak ada tujuan yang ingin dicapai, benar tidak?

Karena itulah, dalam pengelolaan usaha kecil ini anda juga tetap harus dapat mencari ide-ide yang lebih baik, menerapkan kiat sukses usaha kecil, memupuk dan menjaga semangat dan memelihara kesabaran. 

Dimulai dengan skala kecil maka sudah pasti proses yang akan dilalui lebih panjang. Dalam tahap awal anda harus berusaha keras untuk menutupi segala kekurangan, kelemahan dan keterbatasan yang ada.

Dari sisi modal, tentu saja usaha ini memiliki modal yang sangat terbatas dan minim. Maka dalam perkembangannya pengelola harus dengan sabar mencari solusi dan terus berupaya menambah modal. 

Dari sisi kemampuan, tentu saja masih tidak bisa maksimal. Usaha kecil jelas akan kesulitan untuk menangani proyek atau pesanan dalam partai besar. Wajar jika pendapatan atau laba yang dapat dibukukan juga terbatas.

1) Pentingnya Sabar saat Menjalankan Usaha

Sabar itu bukan menerima takdir tanpa berbuat apa-apa, meski anda menjalankan sesuatu yang kecil namun tetap harus kerja keras. Sabar dalam membangun sebuah usaha atau bisnis ini akan mempengaruhi tingkat pencapaiannya. 

Berbekal kesabaran maka menjalankan dan mengelola usaha kecil kewirausahaan tidak akan menjadi sebuah beban dan justru sebaliknya akan memacu semangat yang lebih besar.

Anda tentu tahu, untuk sampai pada suatu titik usaha anda harus terus menerus dijalankan, dibangun dan dikembangkan. 

Nah, dalam menjalankan usaha tersebut maka ada banyak sekali godaan yang mungkin ditemui. Kadang anda bisa saja merasa jenuh dan merasa perkembangan usahanya sangat lambat. Kadang anda bahkan bisa merasa putus asa dalam menjalankan usaha tersebut. Disinilah peran mental yang kuat untuk terus bertahan dan bekerja lebih keras.

Jangan biarkan mental dan semangat anda lemah, anda dapat mencari hiburan dengan memperdalam wawasan, menimba ilmu dari berbagai makalah menjalankan usaha skala kecil misalnya atau melakukan mengevaluasi hasil usaha secara rutin. 

Kegiatan-kegiatan seperti itu bukan saja akan mengalihkan pikiran buruk tetapi dapat menjadi tabungan bagi kemajuan usaha yang dijalankan.

Anda dapat terus berusaha membangun kemampuan, misalnya dengan mendalami berbagai ilmu tentang cara menjalankan usaha yang kecil kecilan, kiat mengelola usaha atau juga berbagai tips bermanfaat lainnya. Jangan lupa juga untuk selalu belajar dari pengalaman yang didapatkan dalam pengelolaan usaha tersebut.

Dukungan dari orang terdekat ketika anda sedang mengelola usaha tersebut juga sangat penting. Sesekali biarkan diri anda segar dengan menerima motivasi, saran dan hiburan dari orang-orang tersebut. 

Mungkin saja anda membutuhkan waktu sebulan lebih lama atau bahkan mungkin satu tahun lebih lama maka jangan sampai anda kehilangan arah dan semangat.

2) Kiat pintar menjalankan usaha

Dalam menjalankan dan mengelola usaha yang terbatas ini maka anda harus benar-benar pandai dan jeli. Meski kecil tetap saja ada banyak aspek atau hal yang harus dikelola dan ditangani dengan baik. Masing-masing aspek tersebut harus selalu dalam kondisi paling bagus, anda sebagai pengelola harus mampu memastikan hal itu.

Akan sedikit terdengar sulit mungkin namun proses ini merupakan pembelajaran yang sangat berharga bagi anda. Bayangkan saja, jika yang kecil saja anda tidak mampu menanganinya dengan baik lalu bagaimana dengan yang besar. Jadi, jika anda belum siap mengelolanya dengan baik maka wajar jika usaha tersebut belum berkembang dan belum maju.

Dalam pengelolaan ini ada banyak hal yang harus dicermati. Mulai dari hal mendasar yang sederhana dan kecil sampai hal penting yang rumit, semua harus ditangani dengan baik. Apa saja hal yang harus ditangani tersebut, berikut beberapa aspek usaha kecil tersebut.

1) Fasilitas dan bahan
2) Sumber daya manusia
3) Proses produksi
4) Keuangan
5) Administrasi
6) Pemasaran

Tidak sederhana bukan, ya meski kecil yang namanya usaha ya tetap usaha, perlu pengelolaan dalam setiap bidangnya. Maka dari itu, bagi anda yang sedang menjalankan usaha maka jangan sampai lupa untuk menangani berbagai hal di atas dengan baik. 

Tujuh poin di atas harus masuk dalam pengelolaan usaha anda mulai dari pengelolaan fasilitas dan bahan produksi sampai pengelolaan pemasaran.

Untuk fasilitas dan bahan, ada banyak hal yang patut anda cermati. Sebagai contoh, dalam pengelolaan fasilitas sebaiknya berbagai fasilitas yang ada harus menghemat ruang, dapat meningkatkan produktivitas, mudah dipindah, terhindar dari resiko kebakaran dan dapat berfungsi dengan maksimal.

Berbagai fasilitas usaha yang dimiliki harus terus dikontrol agar benar-benar dapat memberikan keuntungan atau manfaat yang maksimal terhadap perkembangan usaha. 

Jangan sampai ada fasilitas yang tidak difungsikan dengan baik, sering terjadi masalah dan seterusnya. Demikian juga dengan bahan dasar atau bahan produksi, harus juga dikelola dengan sebaik-baiknya.

Pengelolaan sumber daya manusia juga harus diperhatikan. Contohnya, dalam mencari pekerja atau karyawan harus diperhatikan bagaimana proses dan hasil SDM yang dicari. Semua SDM tersebut juga harus berfungsi maksimal sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing.

Bagaimana dengan proses produksi, tentu saja harus diperhatikan dan dikelola dengan baik. Penting untuk menjaga proses produksi selalu lancar. Perlu diingat juga bahwa harus ada kejelasan mengenai skala produksi, jumlah produksi, biaya dan lain sebagainya. Tanpa ditangani dengan baik maka jelas usaha anda tersebut tidak akan maksimal.

Keuangan, administrasi dan pemasaran juga harus dapat anda kelola dengan baik. Sistem keuangan harus jelas, tercatat dalam administrasi yang rapi dan terpercaya, begitupun dengan pemasaran harus dianalisis bagaimana keadaan dan peluangnya.

Dalam mengelola usaha tersebut memang ada banyak hal yang harus dikerjakan. Karena usaha kecil memang bukanlah usaha yang anda jalankan sendiri tetapi usaha yang didalamnya sudah ada orang lain yang membantu anda.

Kalau keadaan karyawan atau jumlah karyawan belum memadai maka semua hal di atas tentu saja akan bertumpuk dan mungkin banyak yang harus anda kerjakan sendiri. Maka dari itulah kesabaran sangat diperlukan dalam mengelola usaha kecil tersebut.

Berat atau tidak, pusing atau tidak anda sebagai pemilik dan pengelola harus tetap bertahan, berjuang dan bekerja keras untuk memajukan usaha tersebut. Ingat, semua jerih payah yang anda lakukan nantinya akan dibalas dengan buah yang manis. Jadi, jika anda sekarang mengalami kesulitan maka nantinya anda akan menuai kemudahan. Itu saja, semoga bermanfaat dan salam sukses!

Menjalankan Usaha Kecil, Harus Lebih Sabar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko