Friday, February 27, 2015

Solusi untuk Bisnis yang Kurang Modal

Solusi Bisnis Kurang Modal - Ingin memulai bisnis namun tidak punya modal, kadang hal ini bisa membuat kita putus asa. Sebenarnya masih ada solusi untuk bisnis yang mengalami kekurangan modal. Lihat saja, banyak yang sukses usaha bahkan hanya dengan modal dengkul.

Jadi bagi kita yang ingin membuka usaha tetapi kurang modal tidak perlu pusing apalagi patah semangat, masih ada banyak jalan seperti yang akan segera kita bahas sekarang. Website peluang sukses usaha akan secara khusus membahas mengenai hal ini agar kita mendapatkan gambaran dan ide untuk mengatasi masalah yang ada.

Tidak bisa di pungkiri memang bahwa modal adalah sesuatu yang vital yang tidak akan mungkin bisa kita hindari jika ingin memulai sebuah bisnis atau usaha apapun. Modal ini - khususnya modal uang - diperlukan untuk pengadaan berbagai macam keperluan mulai dari alat, biaya produksi, pemasaran dan sebagainya.

Sebuah usaha tidak mungkin bisa dimulai tanpa modal, karena itu kita terkadang terlalu pusing dan bahkan menyerah dengan keadaan bahwa kita tidak memiliki cukup uang untuk memulai usaha yang kita inginkan. Padahal, dalam bisnis uang bukanlah segalanya, masih ada solusi bagi usaha yang kurang modal. 

Berkaitan dengan masalah ini ada satu cerita menarik yang bisa menjadi teladan bagi kita. Pernah dengar acara TV yang judulnya "Hitam Putih", pada satu episode pernah di undang warga Indonesia yang telah sukses menjadi pengusaha di Inggris. Tanpa modal, orang tersebut bisa memiliki rumah makan sendiri dan bahkan sudah memiliki apartemen mewah yang disewakan.

Yang bisa kita pelajari orang tersebut adalah dahulu sebelum ke luar negeri ia adalah seorang kondektur di Jakarta. Hanya dengan modal tiket ia terbang ke luar negeri dan memulai karir nya sebagai seorang tukang cuci piring di restoran. 

Kisah sukses yang mengagumkan dimana ia bisa sukses meski tidak memiliki modal untuk mendirikan sebuah usaha di negeri orang. Ini bisa menjadi pelajaran bagi kita bahwa sebenarnya masih ada jalan bagi kita yang ingin sukses meski tidak memiliki cukup modal. Selanjutnya, sebagai solusi untuk bisnis kurang modal kita bisa memulai sebuah bisnis atau usaha dengan beberapa langkah sebagai berikut:
  1. Mulai dari nol
  2. Menabung
  3. Manfaatkan peluang
Paling tidak jika usaha kurang modal anda bisa menggunakan langkah di atas sebagai alternatif atau cara memecahkan masalah tersebut. Kurang modal memang tidak gampang untuk di atasi tetapi perlu anda ingat bahwa uang bukanlah segalanya dalam sebuah bisnis.

1) Memulai Bisnis dari Nol

Semua tergantung pada tekad dan niat kita, jika sukses sudah menjadi tujuan dan cita-cita maka dengan keadaan kurang modal langkah paling bagus yang bisa kita lakukan adalah memulai usaha tersebut dari nol.

Tidak ada masalah, dan tak akan menjadi masalah, kita tidak perlu takut dan ragu untuk memulai sesuatu yang kita yakini. Kebanyakan orang tidak mau memulai usaha dari nol dengan modal seadanya, kebanyakan hanya bersembunyi di balik kenyataan bahwa mereka tidak ada modal.

Padahal modal yang paling penting adalah keinginan dan keyakinan yang kuat yang kita miliki. Bagaimana mungkin kita bisa sukses menjadi seorang pengusaha jika kita tidak mampu mengatasi kekurangan yang sedang kita hadapi. Intinya adalah jalankan lah, mulailah dengan yang ada sekarang. 

Ingat, apapun tidak akan langsung berjalan, semua butuh proses, bahkan usaha yang besar dengan modal besar sekalipun tidak akan langsung mendapatkan pembeli. Saat seperti inilah yang akan menjadi titik awal kita dalam memulai dan menjalankan apa yang di rencanakan.

Jika ada peluang yang bagus maka jangan sampai kita hanya bersembunyi dibalik kenyataan bahwa kita tidak memiliki modal yang cukup. Untuk dapat menjalankan usaha dengan modal yang sangat terbatas kita dapat menyiasati nya

dengan berbagai cara mulai dari memproduksi produk usaha dalam sekala kecil, memproduksi berdasarkan pesanan dan lain sebagainya. Yang terpenting dalam titik ini adalah usaha kita dapat berjalan meski sangat sulit. Mungkin butuh waktu yang tidak sebentar namun jika kita dapat melewatinya maka tangga kedua kesuksesan akan segera kita dapat.

2) Menabung untuk Menutupi Kekurangan Modal 

Satu bulan, dua bulan, jika usaha yang kita bangun dari nol tersebut berjalan maka usaha yang kita dirikan tersebut pasti sudah mulai di kenal oleh masyarakat. Sebagian yang tahu usaha kita tersebut akan mencatat dalam ingatan mereka bahwa kita ada.

Dalam tahap ini kita seharusnya telah memiliki konsumen meski belum maksimal. Usaha sudah mulai berjalan meski hasil atau keuntungan yang kita inginkan mungkin belum bisa kita dapatkan. Di titik ini, sebagai solusi atas bisnis kita yang kekurangan modal maka kita bisa mulai menabung.

Kita dapat mulai menyisihkan sebagian pendapatan untuk di tabung. Akan lebih baik jika pendapatan atau keuntungan yang kita dapat bisa sepenuhnya masuk dalam tabungan. Tabungan ini bisa bermacam-macam, tidak hanya terpaku pada uang.

Kita juga dapat menabung dengan menyisihkan sebagian bahan baku usaha yang mampu kita beli. Perlu waktu yang cukup untuk tahap ini namun ini adalah titik dimana usaha kita akan segera mengalami transformasi jika kita mampu melaluinya.

Dalam satu dua bulan ke depan aset usaha kita akan bertambah dan jika di jalani dengan baik maka beberapa bulan ke depan aset kita sudah berbeda dari saat kita memulainya. Hal ter-sulit dalam titik ini adalah mengatasi kebutuhan pribadi kita dimana kita membutuhkan uang untuk kehidupan kita sehari-hari.

Kita harus konsisten, kita harus tahan uji dan kita harus sabar dan selalu mengingat tujuan yang ingin di capai. Lebih detail mengenai cara mengatasi kondisi keuangan tersebut kita bisa mempelajari artikel sebelumnya yaitu cara mengatasi kekurangan modal usaha.

3) Peluang sebagai Solusi Kurang Modal 

Jika kita pandai membaca peluang maka ada kesempatan dimana usaha kita dapat melesat lebih cepat dari yang kita perkirakan. Kepandaian kita dalam membaca peluang ini akan sangat menentukan arah masa depan usaha yang sedang kita jalankan.

Saat sudah berjalan, usaha yang kurang modal tersebut harus kita dukung dengan berbagai inisiatif kita dalam mencari peluang. Yang perlu kita cari misalnya adalah peluang dalam mendapatkan tambahan modal, peluang dalam meningkatkan kualitas produk, peluang dalam hal pemasaran dan lain sebagainya.

Mata kita harus kita buka lebar-lebar agar dapat melihat berbagai kemungkinan, telinga kita harus kita gunakan dengan baik untuk dapat mendengarkan berbagai potensi yang bisa kita masuki. Tak kalah penting juga, kita harus membentengi dan meningkatkan kemampuan kita dalam pengelolaan usaha.

Kita juga harus mampu mengelola diri kita menjadi pribadi yang mampu menjalankan bisnis yang didirikan. Sebagai solusi, jika ingin sukses membangun bisnis yang kurang modal maka kita harus:

1. Yakin dan percaya diri
2. Berani bekerja keras, konsisten
3. Tidak takut mengambil resiko dan pantang menyerah
4. Belajar, tekun dan ulet

Berbekal modal kepribadian tersebut sukses bukanlah hal yang tidak mungkin, masih ingat cerita sukses di atas bukan? Tanpa modal uang apapun seseorang bahkan bisa sukses menjadi pengusaha di negeri orang.

Berbekal kemauan yang kuat, tekad dan keberanian serta perhitungan yang matang dalam membaca peluang kita bisa menjadi orang sukses selanjutnya. Demikianlah, semoga pembahasan tentang kiat dan solusi untuk mengatasi sebuah bisnis yang mengalami kurang modal kali ini bisa menjadi inspirasi kita semua. 

Solusi untuk Bisnis yang Kurang Modal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko