Thursday, September 1, 2016

Cara Bisnis Agar Sukses, Berikan Pelayanan Terbaik

Memberikan sebuah pelayanan terbaik adalah salah satu cara agar bisnis anda sukses. Hal ini karena pengaruh kualitas pelayanan terhadap konsumen itu sangat kuat. Jika konsumen atau pembeli puas maka mereka akan kembali. 

Bukan hanya kembali, bahkan mungkin mereka akan merekomendasikan bisnis kita kepada orang lain. Selain produk yang berkualitas, pelayanan ini benar-benar harus anda perhatikan jika ingin sukses.

Kalau berbicara mengenai pelayanan maka akan berkaitan dengan faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Ya, dalam sebuah bisnis ada beberapa faktor pelayanan yang mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen. Faktor tersebut yaitu sebagai berikut!

1) Faktor Produk
2) Faktor lokasi atau tempat
3) Sikap pelayan

Ketiga faktor di atas dapat dikaitkan langsung dengan pelayanan karena sebuah bisnis sejatinya memang bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada konsumen. Bisnis anda ada karena anda ingin memenuhi kebutuhan konsumen, dan salah satu kebutuhan konsumen adalah pelayanan, benar bukan?

Agar bisnis sukses maka sudah pasti anda harus mendapatkan konsumen yang banyak. Dan apabila anda ingin mendapat konsumen (pelanggan) yang banyak, maka anda harus selalu unggul dalam persaingan serta selalu memberikan pelayanan yang memuaskan konsumen. 

Caranya yaitu dengan terus memperhatikan kebutuhan yang selalu diinginkan oleh konsumen dan lebih meningkatkan pelayanan secara maksimal lagi.

1) Memberikan pelayanan produk

Pelayanan yang diartikan secara lebih luas dapat mencakup produk bisnis itu sendiri. Maka dari itu dalam menjalankan bisnis sebuah produk harus sampai pada konsumen dengan kondisi yang terbaik. Misalnya masalah kemasan, harus dipastikan bahwa semua produk tanpa terkecuali sampai ke konsumen dengan kemasan yang baik.

Pelayanan produk ini juga dapat dilihat dengan bagaimana cara anda memperlakukan produk tersebut sebelum sampai pada konsumen baik ketika pembuatan, pengemasan atau pun pengiriman. Jangan sampai, jika ingin sukses, konsumen anda melihat barang yang mereka pesan diperlakukan dengan kurang baik misalnya dilempar, diinjak dan lain sebagainya.

Kalau anda bergerak di bidang kuliner misalnya, saat mengantar pesanan tentu pesanan tersebut harus ditempatkan pada posisi yang baik bukan. Bayangkan saja jika konsumen atau pembeli melihat makanan yang ia beli secara online diantar oleh orang yang badannya kotor atau diletakkan pada tempat yang kurang bersih, sangat mungkin mereka akan kecewa.

Satu orang kecewa mungkin tidak berarti bagi anda tetapi kekecewaan satu orang tersebut dapat membuat seluruh bisnis yang anda bangun merosot ke kondisi yang buruk. Maka dari itu, penanganan produk juga harus memertimbangkan aspek pelayanan yang baik.

2) Memberikan pelayanan lokasi atau tempat

Jangan biarkan lokasi semrawut, tidak teratur atau bahkan kotor, apalagi lokasi itu adalah lokasi dimana pelanggan atau konsumen akan melihat produk yang anda tawarkan. Hal ini memang terdengar kecil namun hal ini juga akan mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen dan kemajuan bisnis anda.

Mungkin anda berfikir tidak perlu memperhatikan gudang penyimpanan karena tidak akan ada konsumen yang diarahkan ke sana. Namun jika suatu hari ada orang yang tahu bagaimana gudang penyimpanan anda yang tidak karuan maka akan menjadi bumerang yang siap menghantam bisnis anda.

Dilihat atau tidak, diketahui atau tidak anda tetap harus memperhatikan konsumen. Maka dari itu lokasi atau tempat bisnis yang anda gunakan juga harus dijaga dengan baik. Dengan memberikan atau menyediakan tempat yang bagus dan layak maka anda secara tidak langsung juga telah meningkatkan pelayanan anda kepada pelanggan.

Mungkin konsumen tidak akan pernah berkata “tempat ini indah” atau “tempat ini bersih” tetapi mereka akan merasakan dan menikmati ruangan yang anda sediakan. Jadi, jangan lupa perhatikan juga tempat atau lokasi bisnis anda jika anda ingin dekat dengan konsumen.

3) Memberikan pelayanan sikap

Didalam bisnis anda, semua orang yang berinteraksi dengan orang luar hendaknya dapat memberikan pelayanan sikap yang baik. Karena jika ada sesuatu yang tidak berkenan pada saatnya akan berimbas juga terhadap bisnis secara keseluruhan.

Untuk masalah pelayanan ini biasanya yang paling terasa langsung adalah orang-orang pada bagian depan, misalnya kasir, resepsionis dan lainnya. Mereka yang biasanya akan paling banyak berinteraksi dengan pelanggan. Maka dari itu mereka harus menunjukkan keramah-tamahan pelayanan kepada semua pelanggan.

Perlu anda ingat, memberikan pelayanan yang ramah, santun dan akrab dapat anda jadikan salah satu cara agar bisnis sukses. Saat menyapa, saat memberikan informasi atau bahkan saat menangani masalah yang berhubungan dengan pelanggan, semua harus dilakukan dengan pelayanan yang baik.

Berkaitan dengan pelayanan ini, yang biasanya sering diabaikan adalah pelayanan ketika menghadapi masalah tentang pelanggan. Misalnya ketika ada situasi-situasi yang kurang berkenan seperti:
  1. Pelanggan yang kesal dengan mutu atau penyampaian produk/jasa
  2. Pengembalian produk atau pembatalan jasa
  3. Informasi yang salah diberikan pada pelanggan
  4. Pelanggan yang memandang negatif perusahaan Anda karena pengalaman masa lalu.
  5. Isu konfrontasi dan konflik
  6. Pelanggan yang marah
  7. Menjelaskan kebijakan atau prosedur perusahaan
  8. Permintaan untuk bertemu dengan pihak manajeman

Dalam keadaan apapun, meski pada situasi yang sangat tidak nyaman sekalipun anda harus memberikan pelayanan yang memuaskan. Jika berhubungan dengan masalah pelanggan maka caranya adalah dengan memberikan solusi win-win yang menguntungkan satu sama lain. Solusi atau cara seperti ini dapat anda jadikan salah satu tips agar bisnis sukses dan terus berkembang pesat.

Kesimpulannya, jika anda ingin bisnis anda sukses maka cara yang dapat anda lakukan salah satunya adalah dengan memberikan pelayanan terbaik. Dengan pelayanan terbaik maka anda akan memberikan kepuasan kepada pelanggan. Jika pelanggan puas maka suatu saat mereka akan kembali lagi dan sangat mungkin mereka akan merekomendasikan bisnis anda kepada orang yang mereka kenal.

Demikianlah sedikit gambaran kali ini mengenai cara berbisnis yang dapat dilakukan agar sukses. Untuk melengkapi pembahasan ini silahkan baca juga beberapa langkah dan strategi lain untuk mengembangkan dan membuat bisnis anda semakin maju yang ada di bawah. Sampai disini, salam sukses!

Cara Bisnis Agar Sukses, Berikan Pelayanan Terbaik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko