Saturday, September 3, 2016

Peluang Bisnis untuk Mahasiswa, Ini yang Jitu

Anda seorang mahasiswa, ingin membuka bisnis sampingan yang dapat dikerjakan sembari kuliah? Itu sebuah ide dan gagasan yang sangat bagus tetapi untuk mendukung hal itu tentu anda harus membaca lebih dahulu apa saja yang dapat menjadi peluang bisnis untuk mahasiswa. Seharusnya anda sendiri yang menentukan apakah suatu bisnis bagus atau tidak untuk dijalankan. 

Tetapi tak apalah, karena masih pemula maka anda bisa mulai dengan sesuatu yang dasar. Anda tidak perlu berharap bahwa disini anda akan menemukan sebuah ide bisnis yang memiliki peluang bagus. Karena tidak mungkin menyebutkan satu bisnis sebagai bisnis yang bagus mengingat bisnis dipengaruhi banyak faktor. 

Tidak ada bisnis yang memiliki peluang sangat bagus, yang ada adalah bisnis terbaik yang dapat anda lakukan. Coba bayangkan, jika saya tahu ada bisnis yang paling bagus untuk dikerjakan apakah mungkin saya akan memberitahukan hal itu kepada anda? Jelas saja tidak, kalau saya tahu maka akan saya gunakan sendiri. 

Maka dari itu secara tegas saya katakan bahwa yang akan kita bahas ini bukanlah soal bisnis yang bagus tetapi bisnis yang paling bagus untuk anda. Yang akan disampaikan adalah bagaimana anda bisa mendapatkan ide bisnis yang benar-benar sesuai dan memiliki peluang bagus, kurang lebih begitu.

A. Menentukan peluang bisnis untuk mahasiswa

Ada banyak hal yang sebaiknya dipertimbangkan untuk mengukur peluang bisnis untuk mahasiswa 2015, 2016 atau kapanpun. Ini berarti bagus tidaknya sebuah peluang bisnis tidak ditentukan atas dasar suka dan tidak suka atau juga trend tidak trend. Peluang bisnis juga tidak dapat diukur serta merta berdasarkan pendapat orang lain. Peluang bisnis harus dianalisa sendiri oleh calon pelaku bisnis tersebut.

Kenapa harus dilakukan sendiri? Bisnis A yang sudah sukses dibangun oleh si A tidak akan memberikan jaminan jika bisnis A tersebut akan sukses jika dilakukan oleh si B. Ini karena kemampuan masing-masing tentu berbeda, keadaan dan kondisinya juga bisa saja berbeda. Maka dari itu anda harus menentukan sendiri bisnis apa yang akan anda jalankan.

Seperti dikatakan sebelumnya, bisnis dikatakan memiliki peluang bagus atau tidak berdasarkan hasil analisa atau kajian. Didalam analisa atau kajian tersebut ada banyak hal dan tolok ukur yang sebaiknya dipertimbangkan. Pada akhisnya analisis akan memberikan hasil apakah sebuah bisnis sesuai dengan kriteria atau tidak. Sudah siap untuk mencari peluang usaha untuk mahasiswa, kalau sudah silahkan pertimbangkan dan analisa hal-hal berikut!

1) Daya tahan bisnis
Pertama, sebuah bisnis dikatakan menjanjikan jika bisnis tersebut mampu bertahan sepanjang masa. Maka bisnis yang mampu bertahan paling lama terhadap pengaruh perubahan zaman adalah bisnis yang paling menjanjikan peluangnya. Tolak ukurnya dapat diketahui dari beberapa pertanyaan seperti misalnya “apakah bisnis tersebut 50 tahun lagi masih sesuai?”, apakah bisnis tersebut 25 tahun lagi masih dibutuhkan masyarakat?”, dan seterusnya.

Memang tidak selamnya jenis bisnis seperti itu yang dapat memberikan kesuksesan kepada seseorang. Contohnya ada orang yang dapat sukses dengan mengelola bisnis yang selalu berubah-ubah. Namun begitu bisnis yang lebih lama bertahan cenderung lebih aman dan lebih baik untuk ditekuni.

2) Tingkat permintaan
Bagian ini juga masih berhubungan dengan daya tahan bisnis. Untuk mengetahui bagaimana peluang dari sebuah bisnis anda dapat melakukan analisa permintaan pasar. Bisnis yang bagus adalah bisnis yang permintaannya tinggi dalam waktu yang paling lama. Jadi disini permintaan tersebut memiliki ukuran waktu atau masanya. Semakin tinggi permintaan maka akan semakin baik dan semakin lama tingginya permintaan tersebut maka akan semakin baik.

Maka untuk mengetahui seberapa jauh prospek bisnis yang akan anda pilih sebaiknya anda juga mempertimbangkan permintaan dan kebutuhan pasar tersebut. Caranya yaitu dengan terjun langsung ke daerah tempat anda akan mendirikan bisnis. Disana anda dapat melihat keadaan yang aktual dan menganalisanya.

3) Kemampuan diri
Agar dapat menemukan bisnis yang peluangnya bagus untuk mahasiswa maka anda juga harus mengukur kemampuan anda sendiri. Sebagus apapun gambaran bisnis yang anda pilih masa depannya tetap saja akan dipengaruhi oleh kemampuan anda.

Analogi sederhananya begini, sebuah mobil bagus yang canggih jika dikendarai oleh orang yang tidak mampu berkendara maka resiko kecelakaannya lebih tinggi jika dibandingkan dengan ketika mobil tersebut dikendarai oleh pengemudi yang berpengalaman.

Contoh lainnya, pak tani yang biasa memegang cangkul justru akan merusak sawahnya ketika ia membajak sawahnya dengan traktor otomatis yang tidak ia pahami. Tidak perlu dipaparkan lebih lanjut tentu anda tahu bagaimana pentingnya kemampuan diri dalam meraih kesuksesan yang diinginkan bagi bisnis yang dipilih.

B. Contoh bisnis yang cocok untuk mahasiswa

Mungkin anda akan bertanya “contoh bisnis apa yang dapat dikerjakan oleh mahasiswa?”. Kalau untuk bisnis yang dapat dijalankan tentu saja banyak mulai dari usaha dan jasa. Tetapi jangan sekali-kali mencari ide atau contoh untuk bisnis mahasiswa tanpa modal karena itu tidak ada. Apapun pasti butuh modal, meski itu kecil jadi tidak ada yang dapat dikerjakan tanpa modal sama sekali.

Tinggal disesuaikan dengan potensi dan kemampuan anda saja, ada banyak contoh bisnis mahasiswa yang dapat dikerjakan. Ada bisnis dibidang jasa, ada bisnis bidang jual beli, kuliner dan lain sebagainya. Bahkan dapat dikatakan bahwa semua bidang bisnis dapat dikerjakan oleh mahasiswa sepanjang waktu yang digunakan fleksibel.

Untuk pertimbangan, contoh peluang bisnis seorang mahasiswa yang sekarang ini masih ramai adalah bisnis jualan online. Bisnis ini sekarang sedang trend dan banyak yang sudah merasakan kesuksesan. Atau ada juga bisnis jasa misalnya menjadi penulis lepas, salon, foto copy dan lain sebagainya. Saya tidak dapat memberikan anda daftar bisnis untuk mahasiswa secara lengkap tetapi beberapa bisnis dibawah ini dapat anda pertimbangkan.

1) Bisnis fotocopy
2) Bisnis warung bakso mie ayam
3) Bisnis café
4) Bisnis penulis artikel
5) Bisnis roti bakar

Di atas beberapa contoh bisnis yang cukup bisa dipertimbangkan. Tetapi anda tidak perlu berpatokan dengan contoh tersebut, anda dapat mencari ide sendiri yang sesuai dengan pasar yang akan ditarget. Sampai disini saja, mudah-mudahan apa yang disampaikan di atas dapat menjadi bahan pertimbangan kita bersama. Sekian, salam sukses!

Peluang Bisnis untuk Mahasiswa, Ini yang Jitu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko