Thursday, October 22, 2015

Alasan Berhenti Jadi Pegawai dan Memulai Usaha Sendiri

Berbagai Alasan Berhenti Jadi Pegawai dan Memulai Usaha – sudah diakui bahwa memiliki usaha sendiri bisa dikatakan lebih baik jika dibandingkan menjadi pekerja atau pegawai. Namun nyatanya masih sedikit orang yang mau beralih dari statusnya sebagai pegawai menjadi seorang wirausahawan yang memiliki usaha sendiri untuk di kelola.


Alasan yang mendasarinya sederhana yaitu karena cukup sulitnya membangun sebuah usaha sementara hidup harus terus berjalan dan kita memerlukan uang. Pada kondisi tersebut sebenarnya kita berada pada posisi yang tidak bisa berbuat banyak kecuali menerima apa yang ada.

Pada situasi tersebut kebanyakan akan memilih bertahan, aman dan simpel yaitu dengan mengerjakan berbagai macam pekerjaan buruh dan juga pegawai untuk memenuhi kebutuhan hidup. Hanya sebagian kecil saja yang mau bertaruh dan mengambil resiko untuk maju dan menjadi lebih baik. 

Ya, tidak bisa disalahkan, kadang kita menjalani hidup memang harus realistis dan tentunya harus dengan berbagai pertimbangan yang matang.

Nah, pembahasan ini adalah untuk referensi kita yang sudah berada di zona aman untuk kebutuhan hidup dan bisa mulai berfikir untuk melakukan sesuatu yang lebih besar dari pada hanya sekedar bertahan hidup. Sebelum lebih jauh, mari kita baca juga beberapa info penting berikut!

1) Peluang usaha budidaya jamur tiram
2) Peluang usaha budidaya pepaya menjanjikan
3) Peluang usaha budidaya burung puyuh

Dalam hal ini, kita yang sekarang bekerja sebagai pegawai, karyawan atau pekerja kantoran mungkin bisa mempertimbangkan beberapa alasan kuat untuk mulai memikirkan berhenti sebagai pegawai dan memulai usaha sendiri.

Berikut, beberapa alasan untuk berhenti jadi pegawai dan memulai usaha sendiri untuk kita renungkan dan pertimbangkan.

1) Berpotensi memiliki penghasilan lebih besar 
2) Bebas dan memiliki wewenang sendiri
3) Banyak waktu luang

Menurut saya pribadi, memiliki usaha sendiri merupakan suatu prestasi yang sangat membanggakan dimana berarti kita bisa bebas menentukan ke arah mana pendapatan dan penghasilan kita ke depan. Memiliki usaha sendiri berarti memiliki kebebasan untuk menentukan seberapa banyak uang atau gaji yang ingin kita dapatkan karena semua hal kita yang menentukan. 

1) Berpotensi memiliki penghasilan lebih besar 
Alasan pertama kita bisa mulai memikirkan untuk beralih profesi dari seorang karyawan atau pegawai menjadi seorang wirausahawan adalah karena seorang wirausahawan memiliki potensi pendapatan yang lebih besar.

Seseorang yang memiliki usaha sendiri jika hanya ingin menyamai gaji pegawai biasa tidaklah begitu sulit dan itu bisa dicapai juga tidak terlalu lama. Yang menarik juga, setelah mendapat pencapaian tertentu biasanya kita akan segera menemukan titip aman untuk menjalankan usaha tersebut.

Dengan memiliki usaha sendiri kemungkinan atau potensi gaji atau penghasilan yang bisa di dapat memang jauh jika dibanding dengan pegawai.

Maka dari itu orang yang memiliki cita-cita dan misi besar biasanya lebih memilih untuk bergerak di bidang wirausaha. Sederhananya, seseorang yang memiliki usaha sendiri lebih mungkin bisa menjadi jutawan dari pada yang hanya karyawan. 

2) Bebas dan memiliki wewenang sendiri
Hal yang tak kalah penting dan menarik dengan memiliki usaha sendiri adalah memiliki kebebasan dan wewenang sendiri. Coba pikirkan, memiliki kebebasan untuk menentukan langkah dan masa depan hidup jauh sangat berharga ketimbang kita harus terus bergantung dan dibayangi orang lain dalam hidup.

Bisa kita lihat, karyawan atau pekerja sejenis melakukan pekerjaan berdasarkan apa yang diperintahkan oleh atasan. Selamanya ia harus tunduk pada kepentingan orang lain dan tidak bisa bertindak sesuai keinginan.

Berbeda dengan orang yang memiliki usaha sendiri dimana dia bebas bekerja kapanpun sekuat apapun tanpa ada tekanan dari orang lain. Memiliki usaha sendiri juga akan bertindak sebagai bos atau atasan untuk orang lain dan itu artinya kita-lah yang memegang kendali dan wewenang.

Belum lagi jika kita ada kepentingan keluarga, seorang karyawan atau pekerja sejenis tidak akan bisa seenaknya tidak masuk kerja.

Berbeda dengan orang yang memiliki usaha sendiri dimana ia bebas menentukan sendiri mau bekerja atau libur. Kebebasan dan wewenang ini mahal harganya dan tidak bisa didapatkan jika kita masih menjadi karyawan atau pegawai perusahaan tertentu. 

3) Banyak waktu luang
Alasan berikutnya yang membuat wirausaha menarik adalah banyaknya waktu luang yang dimiliki oleh pemilik usaha. Kita tahu, pada satu titik mungkin kita akan bekerja ekstra keras melebihi orang lain namun hal itu sesuai dengan keinginan kita. Jika kita sedang tidak ingin bekerja terlalu keras maka bisa kita sesuaikan.

Selain itu para pelaku usaha atau wirausaha tidak akan selamanya sibuk, pasti akan ada banyak waktu luang yang bisa dimanfaatkan untuk menikmati hidup, meski kebanyakan wirausaha sukses memanfaatkan waktu luangnya untuk hal yang lebih produktif.

Beberapa alasan di atas memberikan gambaran kepada kita bahwa bekerja di bidang usaha mandiri sebagai wirausahawan memiliki banyak keuntungan dan kelebihan yang menarik jika dibanding dengan bekerja sebagai bawahan. Ingat, ada pepatah yang mengatakan bahwa “lebih baik menjadi kepala tikus dari pada menjadi ekor singa”. 

Mudah-mudahan sedikit obrolan kita kali ini bisa membuahkan ide, gagasan dan pikiran yang lebih maju, berani dan lebih produktif dalam mencari pencapaian pendapatan. Semoga bisa menjadi referensi dan sumber pertimbangan kita dalam menentukan pilihan bisnis dan usaha yang cocok ke depan. Itu saja, salam sukses!

Alasan Berhenti Jadi Pegawai dan Memulai Usaha Sendiri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko