Thursday, December 3, 2015

Analisa Peluang Usaha Budidaya Jamur Tiram dengan Omset Besar

Usaha Budidaya Jamur Tiram - jenis usaha budidaya yang satu ini merupakan salah satu usaha pendukung industri pengolahan jamur yaitu sebagai pemasok bahan baku usaha. Seperti kita ketahui, belakangan semakin marak bermunculan berbagai usaha kreatif yang menjadikan jamur tiram memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi.

Selain digunakan sebagai bahan baku aneka masakan, jamur tiram ini juga banyak diolah menjadi aneka jajanan seperti keripik dan sate. Tentu saja keadaan tersebut membuat potensi usaha jamur tiram ini semakin luas dan terbuka lebar.

Namun begitu peluang usaha jamur tiram tersebut tidak bisa serta merta dimanfaatkan oleh semua orang. Ada banyak hal lain yang juga harus dipertimbangkan sebelum memutuskan memulai usaha ini.

Inilah sebabnya para pelaku usaha perlu lebih dulu melakukan analisa yang mendalam untuk mengetahui lebih detail dan lebih jauh mengenai prospek yang ada. Dari sedikit gambaran di atas saja sebenarnya sudah jelas bahwa usaha yang satu ini cukup bagus dan menjanjikan omzet yang lumayan jika ditekuni.

Namun begitu tetap perlu analisa lebih jauh berbagai aspek usaha yang berkaitan. Berikut beberapa analisa umum berbagai aspek yang berkaitan dengan usaha jamur tersebut.

1) Kebutuhan masyarakat dan konsumen
Jika ditinjau dari kebutuhan masyarakat atau konsumen, usaha jamur sekarang ini sudah mulai lebih maju. Di kalangan masyarakat luas juga sudah banyak yang suka jamur untuk diolah sebagai bahan makanan atau masakan sehari-hari.

Semakin hari kebutuhan masyarakat juga semakin meningkat karena memang jamur jika diolah menjadi masakan memiliki rasa yang cukup lezat dan enak.

Ini memberikan gambaran kepada kita bahwa usaha dibidang budidaya jamur tiram ini masih memiliki potensi yang menjanjikan terutama jika ditinjau dari kebutuhan konsumen. Hal seperti ini tentu memberikan angin segar bagi para pelaku usaha atau wirausahawan yang ingin menjajal peruntungan di bidang tersebut.

2) Daya serap produk
Selain diolah menjadi aneka masakan, jamur tiram juga sudah banyak diolah menjadi aneka produk makanan lain. Sebagai contoh sebut saja produk keripik jamur atau juga sate jamur yang sudah semakin luas.

Produk-produk turunan dari bahan dasar jamur tiram ini juga menjanjikan peluang tersendiri untuk menyerap hasil panen jamur melimpah dari petani. Dengan semakin besarnya daya serap berbagai produk olahan tersebut maka secara otomatis peluang dan prospek untuk petani jamur juga akan semakin bagus.

Bahkan, sekarang ini sudah semakin banyak kreasi-kreasi produk dari jamur tiram. Inilah yang membuat menarik bagi para pelaku usaha yang berminat dalam bidang ini.

3) Hambatan dan kendala
Secara umum hambatan dan kendala yang dihadapi oleh para petani jamur tidaklah banyak. Ini karena jamur yang satu ini relatif cukup mudah untuk dibudidayakan dan tidak terlalu memerlukan perlakuan yang rumit.

Maka dari itu, dari segi aspek kendala dan hambatan usaha jamur tidak begitu memiliki resiko yang intensitasnya sering. Bisa dikatakan usaha ini cukup aman dijalankan dengan sedikit potensi gangguan.

Meski begitu, dalam menjalankan usaha agar lancar tentu saja potensi masalah sekecil apapun harus diperhitungkan dan dipersiapkan. Karenanya lebih bijak jika kita bisa melakukan analisis secara menyeluruh mengenai berbagai potensi kendala yang bisa dihadapi.

4) Biaya dan permodalan
Berkaitan dengan uang, tentu saja harus ada persiapan khusus yang harus kita ketahui. Sebagai contoh, untuk menjalankan usaha ini kita harus tahu seberapa besar modal yang dibutuhkan, jumlah biaya produksi sampai dengan harga jual dan margin keuntungan yang bisa didapat.

Tanpa mengetahui tentang berbagai informasi tersebut maka akan sulit bagi kita untuk mengukur seberapa jauh potensi yang dimiliki. Ditinjau dari sisi modal dan biaya, usaha budidaya jamur tiram tidak begitu membutuhkan modal besar dan bisa dikatakan sebagai salah satu usaha modal kecil yang bisa dijadikan sampingan.

Bentuk modal yang paling banyak yaitu untuk kebutuhan lahan atau tempat dan penyediaan bibit jamur tiram berkualitas. Selain itu biaya perawatan dan lainnya cenderung relatif lebih kecil.

5) Teknik dan kemampuan pelaku usaha
Yang tak kalah penting dan sangat menentukan keberhasilan usaha adalah mengenai kemampuan kita dalam menjalankan usaha tersebut. Mutlak dibutuhkan kemampuan yang mendukung kegiatan yang akan dilakukan.

Dalam hal ini maka pelaku usaha harus memahami benar bagaimana cara budidaya jamur tiram agar budidaya yang dilakukan bisa sukses dengan hasil maksimal.

Maka yang diperlukan selanjutnya untuk mendukung peluang yang ada adalah belajar dan memahami seluk beluk dan teknik budidaya yang dibutuhkan. Dengan begitu peluang dan prospek yang tersembunyi bisa digali dengan lebih maksimal. 

Itulah sedikit analisa peluang usaha budidaya jamur tiram dengan omset besar yang bisa kita bahas kali ini. Bukan untuk jaminan keberhasilan namun semoga saja dengan uraian singkat ini kita memiliki tambahan referensi dan pertimbangan sebelum menjalankan usaha budidaya jamur tersebut. Itu saja, semoga bermanfaat!

Analisa Peluang Usaha Budidaya Jamur Tiram dengan Omset Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma