Wednesday, December 2, 2015

Peluang Usaha Budidaya Burung Puyuh, Usaha Santai Untung Melimpah

Peluang Usaha Budidaya Burung Puyuh - dalam kehidupan sehari-hari yang sering kita temui mungkin telur puyuh. Benar memang karena telur puyuh ini juga merupakan salah satu yang cukup memiliki penggemar yang lumayan banyak.

Di masyarakat juga telur puyuh banyak digunakan sebagai bahan masakan dengan olahan yang cukup bervariasi. Dilihat sekilas, usaha budidaya burung puyuh petelur memang biasa saja namun sebenarnya usaha ini memiliki prospek yang cukup bagus.

Kenapa demikian, hal ini karena usaha tersebut masih jarang juga yang menekuni. Selain itu kebutuhan produk budidaya ini juga lumayan banyak baik itu dari telur puyuh maupun untuk puyuh pedaging.

Secara umum baik budidaya puyuh petelur maupun budidaya puyuh pedaging masih memiliki posisi yang cukup. Seperti terlihat dari judul, usaha ini memang termasuk usaha yang bisa dikerjakan dengan santai dan memiliki peluang untung melimpah.

Namun begitu sebelum memutuskan memilih dan menjalani usaha ini kita harus tetap menganalisa lebih jauh bagaimana potensi yang ada. Untuk mengetahui lebih jauh gambaran usaha ini maka sebaiknya ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan yaitu sebagai berikut.

1) Kebutuhan pasar
2) Kemampuan dan keterampilan
3) Kondisi dan faktor lingkungan 

Lebih jelas mengenai prospek atau peluang untuk jenis usaha budidaya puyuh tentu kita harus dapat mengukur banyaknya atau jumlah kebutuhan pasar akan produk yang dihasilkan nantinya. Dalam hal ini, jika kebutuhan sedikit maka berarti peluangnya lebih kecil dan sebaliknya jika kebutuhannya banyak maka peluangnya lebih bagus. 

Jumlah atau potensi kebutuhan pasar tersebut merupakan gambaran awal bagaimana produk usaha budidaya ini akan diserap di masyarakat. Meski sebenarnya kebutuhan masyarakat tersebut bisa dipengaruhi banyak faktor.

Kadang kala meski kebutuhan kecil namun suatu saat bisa berubah. Yang pasti, daya resep masyarakat tersebut memberikan gambaran tersendiri mengenai peluang yang ada. Hal kedua yang juga mempengaruhi bagaimana peluang atau prospek usaha tersebut adalah mengenai kemampuan dan keterampilan yang dimiliki oleh pelaku usaha tersebut.

Namanya usaha budidaya maka sudah pasti pelaku usahanya harus tahu dan paham cara budidaya burung puyuh dengan hasil maksimal. Sederhananya begini, meski kebutuhan akan produk ternak puyuh sangat tinggi dengan harga lumayan tapi belum tentu peluangnya bagus.

Hal ini karena jika dikelola atau dikerjakan oleh orang yang tak tahu sama sekali mengenai teknik budidaya burung puyuh maka sudah pasti resiko yang akan dihadapi lebih besar. Inilah yang mengurangi tingkat peluang yang dimiliki.

Peluang Usaha Budidaya Burung Puyuh, Usaha Santai Untung Melimpah
Foto: Ternak Burung Puyuh/sipendik.com

Berikutnya dalam melihat bagaimana prospek usaha ke depan khususnya usaha burung puyuh kita juga harus menganalisa dan mempelajari bagaimana kondisi tempat, lokasi dan lingkungan yang akan digunakan. Usaha ternak atau peternakan memang perlu secara khusus menyiapkan lokasi yang cukup strategis yang mendukung berbagai kebutuhan ternak. 

Itulah sedikit gambaran mengenai bagaimana kita bisa melihat lebih jelas mengenai Peluang Usaha Budidaya Burung Puyuh Untung Melimpah. Mudah-mudahan beberapa informasi dan pembahasan singkat ini bisa menjadi bahan pertimbangan kita semua. Jangan lupa pelajari juga beberapa informasi lain yang berkaitan dengan usaha ternak tersebut. 

Peluang Usaha Budidaya Burung Puyuh, Usaha Santai Untung Melimpah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko