Saturday, June 27, 2015

Contoh Jenis Usaha yang Membutuhkan Kendaraan Mobil

Contoh Jenis Usaha yang Membutuhkan Kendaraan Mobil - Usaha memiliki kategori yang bermacam-macam, dan kita sebagai pelaku usaha juga bisa membuat kategori atau pembagian jenis usaha untuk mempermudah berbagai kegiatan analisis yang biasanya kita lakukan.

Pada kesempatan ini kita akan kembali membahas sebuah tema manajemen usaha yaitu mengenai jenis usaha yang dalam kegiatannya membutuhkan mobil. Supaya tidak salah arti, usaha yang dimaksud adalah usaha-usaha yang mengunakan mobil sebagai alat utama yang menghasilkan produk usaha.

Dapat dikatakan juga bahwa jika kita memiliki mobil maka usaha inilah yang bisa kita jalankan. Pembahasan ini terinspirasi dari sebuah kasus yang banyak terjadi di masyarakat. Kasus tersebut yaitu seseorang memiliki modal kendaraan yaitu mobil dan ingin memanfaatkan kendaraan tersebut sebagai modal utama dalam menciptakan lapangan pekerjaan baru yang menghasilkan namun masih bingung usaha apa yang cocok.

Jadi masalahnya adalah "usaha apa yang yang dijalankan dengan mobil" atau mobil bisa digunakan untuk membuat usaha apa yang bisa menghasilkan. Ribet ya bahasanya, pokoknya intinya adalah kita ingin mencari jenis usaha yang hanya membutuhkan kendaraan mobil.

Nah, jika fokus utama kita adalah menghasilkan dengan menggunakan mobil maka sebenarnya tidak banyak pilihan usaha yang bisa dijalankan. Dengan mobil kita hanya bisa menjalankan satu jenis usaha yaitu usaha jasa angkutan. Jenis usahanya tentu akan disesuaikan dengan jenis mobil yang kita miliki.

Lalu usahanya apa saja dengan mobil tersebut? Supaya lebih mudah mari kita bagi jenis usaha tersebut dalam dua jenis yaitu usaha yang kita jalankan sendiri dan usaha yang kita jalankan dengan sopir, sebagai berikut!

1) Usaha mobil untuk sewa

Yang pertama, jika kita memiliki mobil dan ingin menggunakannya untuk usaha maka kita dapat menggunakan mobil tersebut untuk sewa atau rental. Maksudnya mobil yang kita miliki kita sewakan kepada orang lain yang membutuhkan .

Usaha sewa mobil atau rental mobil ini dapat kita dirikan jika kita memiliki jenis mobil pribadi yang nantinya akan digunakan orang lain untuk kendaraan mereka. Usaha sewa atau rental ini sudah sangat umum dan banyak di jumpai di berbagai tempat baik di kota maupun di desa.

Dari sisi peluang, usaha ini masih memiliki potensi yang cukup bagus untuk dikembangkan mengingat banyak masyarakat menengah ke bawah yang membutuhkan kendaraan untuk bepergian di acara-acara tertentu misalnya kondangan, hajatan, liburan dan lain sebagainya. Beberapa usaha yang bisa kita pilih antara lain yaitu:

1) Usaha rental mobil
2) Usaha travel perjalanan

Hampir mirip-mirip, kalau rental maka mobil kita bisa digunakan orang lain sesuai kebutuhan baik itu menggunakan jasa driver dari kita atau tanpa driver (supir) sedangkan travel hampir sama seperti taksi atau angkot dimana kita akan melayani kebutuhan kendaraan untuk perjalanan.

Bedanya kalau rental itu dapat di sewa secara individu oleh orang lain namun kalau travel status konsumen tidak menyewa karena satu mobil bisa digunakan banyak orang secara bersama-sama sesuai tujuan.

2) Usaha mobil untuk jasa angkut
Usaha dengan modal mobil selanjutnya adalah usaha jasa angkut. Untuk usaha ini maka mobil yang digunakan adalah jenis mobil angkutan barang seperti truk atau fuso. Untuk usaha ini kita bisa membuka pelayanan jasa bagi mereka yang membutuhkan jasa angkut dengan berbagai kepentingan. Sebagai contoh yang bisa menjadi konsumen adalah kebutuhan:

1) Untuk mengangkut barang-barang rumah tangga
2) Untuk angkut batu bata dan bahan bangunan
3) Untuk kendaraan angkut kayu
4) Untuk angkutan pasir
5) Untuk mengangkut hasil panen dan sebagainya

Nah, sekarang kita bisa memiliki gambaran yang jelas tentang berbagai bidang usaha apa saja yang bisa kita dirikan menggunakan kendaraan mobil yang kita miliki. Jika bisa dan ada peluang kenapa tidak, apalagi jika mobil di rumah fungsinya belum begitu maksimal, benar bukan?

Mudah-mudahan sedikit pembahasan ini bisa menjadi sumber inspirasi dan sumber ide bagi kita semua yang sedang mencari referensi usaha menjanjikan yang bisa dijalankan.

Jangan lupa, jika sudah menetapkan pilihan sebaiknya kita lakukan analisis usaha yang membutuhkan mobil tersebut sebelum memulainya. Dengan demikian kita akan tahu seberapa besar peluang sukses dari usaha yang akan dijalankan. Cukup sampai disini saja, salam sukses usaha!

Contoh Jenis Usaha yang Membutuhkan Kendaraan Mobil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko