Sunday, July 31, 2016

Mengenal Bisnis Rental Mobil Rumahan dan Peluangnya

Mengenal Bisnis Rental Mobil Rumahan dan Peluangnya - Bisnis rental mobil merupakan bisnis jaman modern. Dimana belum pernah di lakukan  pada jaman dahulu. Bisnis rental menjadi pilihan bagi mereka yang mempunyai modal besar. Jenis bisnis ini menurut mereka bisnis ini bisa di lakukan dengan santai dan mudah untuk di jalankan. 

Mobil yang di gunakan dalam bisnis rental mobil pun bervariasi, ada jenis mobil sedan, mobil bak terbuka atau pun mobil box. Kita bisa memulai bisnis ini bila kita mampu. Namun sebelum memulai pastikan modal sudah di siapkan .untuk membuka bisnis rental kita harus merogoh modal yang begitu dalam. 

Di mana itu dapat di lihat dari harga 1 buah unit mobil yang mencapai 100 juta dan bahkan lebih. Harga mobil bervariasi tergantung merek dan tipe semakin bagus maka semakin mahal. modal yang di siapkan tentu tidak hanya modal financial saja namun tekad yang bulat dan perhitungan yang matang.

Untuk membuka bisnis rental mobil harus terlebih dahulu mensurvei di mana kita harus membuka usaha rental.  Hal ini di maksudkan agar bisnis dapat berkembang dengan pesat . kita juga harus mengetahui tempat yang pas dan berpotensi bagus  untuk menjalankan bisnis rental mobil. Untuk itu sebagai pebisnis yang cerdas pastikan tempat yang anda pilih sudah tepat.

Bisnis rental mobil umumnya paling bagus di jalankan di kota-kota besar seperti, Jakarta, bandung, Surabaya dan sebagainya. Di kota besar biasanya kebutuhan akan rental mobil lebih tinggi . namun lain halnya di pedesaan . usaha ini kurang begitu bagus di jalankan di daerah pedesaan.

A. Alasan memilih bisnis rental mobil

Dalam menjalankan sebuah bisnis tentu saja harus ada alasan kuat yang mendasarinya. Bagaimana dengan jenis bisnis ini, apakah ada alasan yang benar-benar tepat sehingga harus menjalankan bisnis jasa tersebut? Untuk alasan ini sebenarnya dapat anda analisa sendiri-sendiri namun begitu paling tidak ada beberapa alasan umum yang membuat bisnis jasa rental tersebut muncul ke permukaan.

Kalau alasan yang sifatnya subjektif tentu tidak dapat disebutkan dan tidak dapat dijadikan dasar membangun sebuah bisnis. Maka dari itu harus ada analisa lebih lanjut yang benar-benar objektif sebagai dasar alasan pemilihan bisnis ini. Nah, sebagai bahan pertimbangan, beberapa hal berikut mungkin dapat dicermati lebih lanjut.

1) Kebutuhan konsumen yang tinggi
Mobil menjadi sarana yang menyenangkan untuk berlibur atau pun sekedar jalan-jalan keliling kota. Di mana kita akan terhindar dari sinar matahari dan hujan. Mobil juga selalu menjadi pilihan masyarakat perkotaan untuk pergi kemana saja yang mereka suka. 

Hal inilah yang mendorong peminat rental mobil begitu tinggi. Daerah perkotaan yang mempunyai prospek yang bagus untuk memulai bisnis ini. Di mana kebutuhan yang tinggi akan jasa rental mobil begitu nampak.

Jumlah kebutuhan pasar akan suatu produk atau jasa memang menjadi salah satu dasar pertimbangan dalam menentukan usaha atau bisnis yang cocok. Untuk bisnis rental ini, secara umum memang cukup dibutuhkan oleh masyarakat. 

Kebutuhan akan jasa ini di masyarakat cukup tinggi namun tentu sesuai dengan keadaan masyarakat masing-masing. Artinya kebutuhan ini juga berbeda antara satu daerah dan daerah lainnya, antara masyarakat yang satu dengan masyarakat lainnya. Artinya perlu kajian lebih jauh untuk menentukan bagaimana tingkat kebutuhan konsumen akan jasa tersebut meski secara umum kebutuhannya tinggi.

2) Keuntungan atau laba yang baik
Bisnis rental mobil mempunyai laba yang cukup menggiurkan .itu dapat di lihat dari besarnya  biaya sewa yang harus di keluarkan oleh para konsumen. Di mana tarif yang tetapkan sebesar Rp 275.000 per-12 jam. Tarif yang begitu besar membuat modal yang begitu besar sangat mudah untuk di tutup.

Bisnis rental mobil juga merupakan bisnis yang bisa menghantarkan anda ke jalan menuju sukses. Di mana berdasarkan survei kebutuhan rental di kota besar mencapai 60 unit setiap hari. Dan omzet yang di dapatkan sekitar 18 juta. 

3) Kemudahan dalam menjalankan
Selain mempunyai potensi yang besar bisnis rental mobil juga sangat mudah untuk di jalankan. Di mana kita hanya membutuhkan modal untuk proses perjalanannya. Usaha bisnis rental juga bias di kerjakan bagi anda seorang pejabat. Di mana bisnis ini bias menjadi bisnis sampingan untuk anda.

B. Hal penting dalam bisnis rental mobil

Bisnis ini merupakan bisnis yang membutuhkan modal cukup besar, karena itu perlu dipersiapkan dengan matang. Nah, dalam persiapan tersebut tentu saja ada hal-hal yang penting untuk diperhatikan. Beberapa hal penting tersebut antara lain dijelaskan secara rinci seperti di bawah ini.

1) Persiapan modal
Untuk memulai bisnis  rental mobil hal yang pertama yang harus di penuhi adalah modal . dimana kita harus menyiapkan modalnya terlebih dahulu untuk bisa menjalankan bisnis ini. modal awal untuk membuka jasa rental mobil ini adalah 3 unit atau 2 unit mobil . jumlah nominal yang harus di keluarkan adalah  sebesar 300 juta lebih.

Jumlah unit mobil bisa anda tambah sendiri setelah usaha berjalan. Namun untuk modal awal pastikan anda sudah mempunyai 3 atau 2 unit . jangan modal terlalu besar dahulu bila bisnis belum berjalan. Hal ini untuk menghindarkan kita dari kerugian .

Dalam menjalankan bisnis rental mobil kita juga di tuntut untuk cermat dalam mengelola modal . di mana kita sebagai pengelola harus terampil dan mengupayakan semaksimal mungkin perputaran modal. Hal tersebut bertujuan agar keuntungan bisa di dapat .

2) Kualitas layanan
Dalam mengelola bisnis rental kita juga harus pandai memberikan pelayanan. Pelayanan yang berkualitas akan menjamin kepuasan pelanggan. Pelanggan akan kembali berdatangan bila mereka puas dengan pelayanan yang di berikan. Adapun pelayanan yang harus di berikan adalah menjamin kesehatan mesin mobil yang hendak di pakai konsumen.

Untuk mengantisipasi hal ini kita harus bekerja sama dengan bengkel. Dimana bengkel harus bersedia membantu memperbaiki mobil kita kapan saja. Dengan begitu masalah kerusakan dapat terselesaikan dengan cepat.

Adapun pelayanan  yang lain yaitu mengetahui selera konsumen dan selalu menerima kritikan yang bersifat membangun. Kritikan sangat di perlukan untuk menjadikan usaha anda menjadi usaha yang maju. Maka dari itu anda harus selapang dada mungkin menerima kritikan.

3) Persaingan harga
Dalam membuka bisnis rental mobil anda dapat menentukan sendiri harga yang di berikan untuk konsumen. Namun hal tersebut akan membuat konsumen kecewa dengan harga yang anda tentukan yang mungkin terlalu besar . harga yang pas adalah harga yang sesuai dengan pasar. Jangan pernah menentukan harga terlalu mahal atau pun terlalu murah.

Harga yang biasa di tetapkan oleh pengelola bisnis rental mobil adalah Rp 275.000 per 12 jam. Sedangkan  durasi waktu 24 jam di kenakan biaya  Rp 350.000 . tarif ini diberlakukan untuk mobil jenis Avanza. Sedangkan untuk jenis mobil bermerek Innova biaya di keluarkan sebesar Rp 400.000 per 12 jam. Sedangkan untuk durasi waktu 24 jam sekitar Rp 500.000.

4) Resiko dan kerugian
Modal yang begitu besar membuat usaha ini rawan akan kerugian. Di mana kerugian ini dapat di timbulkan dari kebutuhan konsumen  akan jasa rental mobil yang mulai sepi. Peminat yang berkurang sangat beresiko terlebih mobil selalu membutuhkan modal untuk perawatannya. 

Dan indikasi dari sepi nya minat pelanggan akan jasa rental yang kita sediakan adalah bisa dari cerita pelanggan. Di mana kita sebagai pengelola harus pandai dan mengetahui kriteria yang di butuhkan pelanggan. Kita juga  harus menyediakan mobil yang memang layak dan bisa menjawab kepuasan pelanggan.

Demikian info tentang bisnis rental mobil. Bisnis mobil merupakan bisnis yang mempunyai prospek bagus. Namun meski mempunyai prospek yang bagus bisnis ini juga rawan akan kerugian. Hal tersebut bisa di lihat dari besarnya modal yang di keluarkan. 

Apabila kita sebagai pengelola tidak pandai dalam mengelolanya maka akan berpotensi kerugian. Maka dari itu pikirkanlah dengan baik apabila hendak membuka bisnis rental mobil.

Mengenal Bisnis Rental Mobil Rumahan dan Peluangnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko