Tuesday, February 21, 2017

Ingin Usaha Makanan tapi Ragu, Ide dan Alasan Berikut Bisa Menjadi Bahan Pertimbangan Anda

Contoh Peluang Usaha Makanan Beserta Alasannya - Kenapa memilih usaha ini, kenapa memilih usaha itu, itulah yang harus kita dalami sebelum menentukan sikap dan memilih jenis usaha makanan yang akan dijalankan.
Selain Usaha Makanan, Usaha Online Juga Banyak yang Bagus. Sudah Tahu Contohnya?
Foto: Ilustrasi makanan. ©shutterstock.com/deepblue-photographer
Kenapa demikian, jelas, kita membutuhkan sebuah dasar yang kokoh, kita membutuhkan sebuah alasan yang cukup bagus dan dapat dipertanggungjawabkan sebagai landasan usaha yang akan dijalankan.

Jangan hanya percaya kata orang, kita harus melakukan analisa sendiri untuk menentukan berbagai pertimbangan yang diperlukan. Maka dari itu kita perlu mempelajari berbagai peluang bisnis kuliner beserta alasannya sekaligus.

Kita bukan akan mencari - cari alasan namun kita akan melihat dan mempelajari alasan yang bisa digunakan sebagai pedoman dalam menentukan pilihan. Oleh karena itu alasan yang akan kita dalami tersebut adalah alasan yang akan memberikan bukti tingginya peluang yang dimiliki sebuah usaha.

Jadi alasan ini bukan berdasarkan penilaian subjektif kita melainkan sebuah alasan yang benar-benar mencerminkan keadaan pada sebuah peluang tertentu. Yang akan kita pilih kemudian bukanlah yang mempunyai alasan yang sesuai dengan keinginan kita (atau yang kita suka) melainkan yang memiliki alasan cukup kuat untuk menghantarkan kita pada kesuksesan.

Sebelum kita membahas contohnya pertama mari kita perjelas terlebih dahulu kriteria batasan yang akan kita gunakan untuk menganalisis alasan dari berbagai jenis usaha makanan yang ada. Dalam hal ini akan ada beberapa contoh bisnis dan alasannya yang bisa menjadi dasar penelitian yaitu:

1) Banyak sedikitnya asumsi permintaan konsumen
2) Ada tidaknya dukungan kemampuan dan keahlian serta sarana dan prasarana
3) Besar kecilnya persaingan, hambatan dan kesulitan

Seperti kita tahu, peluang usaha makanan dan minuman memang dapat dikatakan cukup bagus. Itulah sebabnya banyak pelaku usaha yang terjun di bidang ini. Meski begitu harus ada alasan yang kuat jika kita berniat mengikuti jejak sukses mereka.

Kriteria di atas akan membantu kita untuk memulainya yaitu untuk menemukan jenis usaha yang bisa kita pertimbangkan lebih lanjut, khususnya untuk usaha yang memiliki peluang cukup bagus. Sekarang mari kita ulas lebih rinci mengenai berbagai contoh usaha beserta alasan yang ada.

A. Jenis usaha gorengan
Usaha makanan ringan atau cemilan yang satu ini memang sudah cukup populer dan terkenal di berbagai kalangan masyarakat. Target konsumen yang bisa dicapai bukan hanya dari kalangan menengah ke bawah bahkan dari kalangan ekonomi menengah ke atas pun banyak yang suka dengan jenis makanan ini.

Secara umum peluang dari usaha gorengan cukup bagus namun kita harus melakukan analisis sendiri untuk mengetahui tingkat peluang yang ada. Dengan begitu usaha gorengan ini bisa kita jadikan salah satu referensi atau pilihan pertimbangan untuk jenis usaha yang bisa kita kerjakan.

Alasan dari pemilihan usaha gorengan adalah tentu saja karena peluangnya masih cukup terbuka lebar alias bagus. Bisa kita lihat karena usaha ini menghasilkan produk makanan yang tentunya merupakan kebutuhan pokok yang akan selalu di penuhi semua orang.

Alasan kedua asalah usaha ini dapat dijalankan dengan modal yang cukup kecil, bahkan dengan modal 1 juta rupiah kita pun sudah bisa membuka usaha ini, cukup menarik bukan?

Berikutnya, usaha ini dipilih juga karena memiliki banyak variasi produk yang bisa disajikan. Jelas saja, kalau dulu kita mengenal gorengan hanya terdiri dari tahu, tempe, bakwan tetapi sekarang kita bisa menjual berbagai variasi lain misalnya pisang molen, jamur krispi atau gorengan jamur dan lain sebagainya.

Kita bisa memadukan konsep bisnis modern dengan berbagai variasi produk yang digemari masyarakat, dengan kemasan baik, kualitas bagus dan harga yang terjangkau maka bukan suatu kemustahilan jika kita bisa sukses di bidang ini.

Tapi, jangan terburu-buru, sebaiknya kita pelajari dengan baik bagaimana peluang yang ada untuk usaha ini. Lebih rinci mengenai usaha gorengan bisa di baca di artikel Peluang usaha jual gorengan.

B. Usaha roti bakar
Roti bakar merupakan salah ratu produk kuliner yang juga cukup terkenal dan memiliki penggemar banyak khususnya di daerah yang sudah ramai. Usaha ini dapat dikatakan peluangnya cukup menjanjikan mengingat konsumennya rata-rata dari kalangan yang menengah ke atas.

Kalau orang desa mungkin masih banyak yang tidak suka dengan produk ini karena masih adanya keterbatasan dalam hal daya beli masyarakat namun di daerah pinggiran kota sudah banyak yang menjadikan roti bakar sebagai salah satu menu sehari-hari.

Usaha roti bakar ini dikatakan menjanjikan bukan tanpa alasan. Alasannya yaitu pertama adalah usaha ini memiliki konsumen kalangan menengah ke atas yang memiliki daya beli cukup baik.

Dengan begitu kita tidak perlu takut untuk menjual produk yang harganya sedikit lebih tinggi asal dengan kualitas yang sesuai. Kedua, produk kuliner yang satu ini sudah cukup terkenal di kalangan remaja sehingga memiliki peluang yang cukup lumayan. Seperti kita tahu, kalangan remaja merupakan konsumen yang sangat aktif dan menjanjikan.

Alasan berikutnya adalah usaha ini tidak membutuhkan modal banyak maka dari itu bisa dikatakan sebagai usaha kecil menjanjikan. Dengan kisaran modal awal 3 juta rupiah kita sudah bisa menjalankan usaha ini, mungkin juga bisa mulai dari sebuah outlet kecil yang menjadi awal usaha ini.

Meski begitu untuk memulai usaha ini sebaiknya kita pelajari terlebih dahulu besarnya peluang yang ada sesuai keadaan dan lokasi yang dipilih. Lebih jelas mengenai peluangnya bisa kita pelajari di Peluang usaha roti bakar.

C. Usaha bakso
Hampir di semua daerah ada warung bakso, apa tidak salah jika kita membuka warung bakso lagi? Kalau dilihat dari dasar minat dan permintaan pasar masyarakat kita, bakso merupakan salah satu makanan yang sangat digemari bahkan sudah membudaya. Ini berarti tentu peluangnya masih cukup bagus untuk kita tekuni. Tapi apa alasannya?

Ya, alasan pertama tentu pada kebiasaan masyarakat yang menyukai bakso apalagi di kalangan remaja. Cobalah kita tanya pada diri sendiri, seberapa sering kita makan bakso dalam seminggu, sering bukan?

Apalagi remaja, kalau nongkrong pacaran kan biasanya santai sambil makan bakso, minum teh sambil ngobrol. Itu menunjukkan bahwa usaha ini masih cukup memiliki peluang bagus.

Kedua, usaha ini bisa dijalankan langsung berdampingan dengan usaha lain misalnya mie ayam dan juga es campur. Ini berarti dalam satu usaha kita setidaknya bisa langsung menjual tiga produk utama yang saling melengkapi misalnya saja dalam satu pesanan ada mie bakso (mia ayam campur bakso) dan es campur.

Bisa kita hitung untuk satu porsi sajian laba yang kita dapatkan berapa. Kemudian kebanyakan orang makan bakso tidak sendiri bukan?

Meski begitu, banyaknya pelaku usaha yang bergerak di bidang ini membuat usaha bakso memiliki tingkat persaingan yang cukup tinggi. Maka dari itu peran lokasi yang strategis sangat menentukan peluang atau prospek usaha tersebut.

Untuk itu dalam mengukur tingkat peluang usaha ini maka kita harus melakukan analisa terhadap berbagai faktor usahanya. Lebih jelas mengenai hal ini bisa kita baca di Peluang usaha bakso.

Demikianlah tadi beberapa contoh untuk Peluang Usaha Makanan Beserta Alasannya, semoga bisa menjadi bahan referensi dan bahan pertimbangan kita semua dalam memilih jenis usaha kuliner yang baik dan memiliki peluang menjanjikan.

Jangan lupa untuk melakukan analisa mendalam sebelum menentukan pilihan mana usaha yang akan dijalankan. Sampai disini, salam sukses!

Ingin Usaha Makanan tapi Ragu, Ide dan Alasan Berikut Bisa Menjadi Bahan Pertimbangan Anda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko