Tuesday, October 4, 2016

Analisa Peluang Usaha Bakso Sukses dan Untung

Peluang usaha bakso memang banyak dicari, apalagi di tengah kondisi ekonomi yang tidak lebih baik pada masyarakat biasa. Banyak orang yang memberanikan diri dan mencari celah untuk menggapai peruntungan atau untuk sekedar bertahan dan memenuhi kebutuhan hidup.

Jika dilihat dari produknya, bakso adalah makanan ringan yang memang cukup terkenal. Tetapi tidak bisa langsung dipastikan bahwa usaha dagang bakso merupakan usaha yang pantas dan cocok untuk anda jalankan. Maksudnya, anda perlu melakukan analisa lebih jauh untuk melihat bagaimana peluangnya.
Peluang Usaha Bakso

Meski sebenarnya masih banyak jenis usaha yang bisa kita tekuni namun terkadang untuk memilih dan juga menentukan jenis usaha yang cocok tidaklah semudah seperti yang dibayangkan. Itu bisa dilihat dari banyaknya usaha yang bermunculan namun akhirnya mesti kandas dan gulung tikar.

Usaha skala besar maupun usaha kecil juga sama saja, banyak tantangan dan banyak hambatan sehingga banyak yang tidak mampu bertahan. Lalu bagaimana dengan peluang jual bakso, apakah usaha ini masih menjanjikan?

Jika dilihat dari sisi produk yang dipasarkan, usaha bakso memang sepertinya tidak akan pernah sepi pembeli. Meski membuat bakso mungkin perkara yang mudah tapi usaha ini juga tidak bisa sembarangan dibuat mengingat kebutuhan dan kecenderungan konsumen pun terus berubah.

Di daerah saya, hampir tiap 6 bulan sekali pasti ada warung bakso baru namun hanya tahan beberapa bulan saja. Tak jelas mengapa mereka tak bisa bertahan ditengah permintaan yang tak berkurang.

Untuk menghindari hal itu maka yang diperlukan adalah analisa peluang usaha bakso yang akurat berdasarkan fakta di lapangan. Jangan sampai saat membuka usaha yang sebenarnya peluangnya bagus tersebut kita tidak memiliki bekal yang cukup dan hanya asal saja.

Sebelum memutuskan memulai usaha, kita pastikan dulu untuk membuat perencanaan dari analisis yang kita lakukan secara objektif. Sebagai langkah awal mari ikuti analisa prospek usahanya berikut ini.

A. Analisis Bagaimana Peluang Usaha Bakso

Melakukan analisa dan mempelajari berbagai aspek usaha tentu merupakan suatu keharusan sebelum kita memutuskan untuk membuka usaha bakso. Hal ini mutlak diperlukan untuk mengetahui berbagai hal penting yang mendukung kelangsungan usaha ke depannya.

Hasil analisis ini akan kita jadikan rujukan dalam menyusun rencana usaha yang akan kita buka. Apa saja yang harus kita analisa sebagai persiapan? Analisa usaha dapat kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan informasi yang diperlukan.

Analisa ini akan dilakukan di daerah dimana usaha tersebut akan kita bangun. Beberapa analisa yang bisa dilakukan yaitu untuk mengetahui prospek konsumen, jangkauan daya beli masyarakat, tingkat persaingan, hambatan dan kendala serta beberapa informasi lain yang relevan.

Sebelum melakukan analisa kita bisa menentukan daerahnya terlebih dahulu atau kita bisa memilih daerah berdasarkan hasil analisa kebutuhan yang ada.

Apakah konsumen cukup memadai?
Jika kita telah menentukan lokasi tempat dimana usaha ini akan didirikan maka yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah mencari tahu seberapa besar konsumen yang ada.

Ini akan berhubungan dengan jangkauan lokasi usaha dan jumlah penduduk yang berpotensi menjadi konsumen usaha tersebut. Kita bisa mencari informasi dengan mengadakan survei langsung untuk menentukan ramai tidaknya calon konsumen.

Untuk menentukan tingkat potensi pembeli ini maka kita bisa membuat perhitungan sederhana tentang perbandingan penduduk dan jumlah pesaing. Kita juga bisa melihat ramai tidaknya usaha serupa yang sudah berdiri.

Dengan begitu kita bisa memiliki gambaran mengenai ketersediaan calon konsumen yang akan menjadi target. Jadi dari sisi ini maka semakin tinggi potensi konsumen yang dimiliki maka semakin bagus prospek atau peluang sukses usaha tersebut.

Bagaimana daya beli konsumen?
Banyaknya masyarakat tidak dapat serta merta dijadikan patokan dalam menilai asumsi penjualan produk. Hal ini karena banyak sedikitnya konsumen yang membeli produk ini tentu akan dipengaruhi juga oleh tingkat penghasilan atau daya beli konsumen tersebut.

Untuk itulah kita juga harus mendapatkan gambaran mengenai jenis pekerjaan yang dimiliki oleh masyarakat sekitar yang kita bidik. Kita juga harus mencari tahu berbagai gambaran penghasilan masyarakat yang ada. Apa pekerjaan masyarakat di daerah tersebut, seberapa besar perkiraan pendapatan mereka?

Dengan analisa seperti ini kita bisa mendapatkan gambaran akan kemampuan mereka dalam membeli produk bakso yang kita tawarkan. Jadi, semakin tinggi pendapatan maka akan semakin tinggi daya beli yang akhirnya bisa meningkatkan asumsi pembelian yang dapat mereka lakukan.

Bagaimana tingkat persaingan yang ada?
Pembeli yang akan datang ke warung bakso kita juga akan dipengaruhi dengan banyak sedikitnya warung bakso lain disekitar tempat usaha tersebut. Semakin banyak pesaing maka akan semakin kecil konsumen yang bisa didapat.

Jadi kita juga bisa mencari tahu terlebih dahulu mengenai hal ini. Dengan begitu kita bisa membandingkan tingkat potensi pembeli yang bisa kita usahakan. Mengetahui dan mempelajari mengenai tingkat persaingan ini juga merupakan hal penting yang harus kita lakukan.

Alasannya adalah dari sini kita juga bisa memprediksi tantangan dan hambatan yang bisa dihadapi saat kita mulai membangun usaha tersebut. Jadi semakin kecil tingkat persaingan maka akan semakin besar peluang kita.

Apa saja kendala yang mungkin dihadapi?
Pada satu titik analisa yang kita lakukan akan memberikan gambaran mengenai berbagai kesulitan yang mungkin akan kita temui saat membuka usaha tersebut. Jika kita tidak memiliki gambaran mengenai berbagai hambatan yang mungkin terjadi itu berarti kita harus memperkirakan apa saja yang bisa menjadi kendala dengan kondisi lokasi usaha yang di pilih.

Menganalisa kemungkinan kendala yang akan dihadapi dapat membantu kita dalam melakukan strategi pencegahan dan rencana penyelesaian masalah. Jadi jika mendapat masalah kita tidak akan pusing karena sudah tahu apa yang harus dilakukan.

Maka semakin sedikit potensi masalah yang akan dihadapi maka semakin bagus prospek bisnis bakso di daerah tersebut.

Beberapa hal di atas bisa kita jadikan kerangka dalam menilai dan menentukan seberapa besar peluang usaha bakso yang akan kita dirikan. Perlu diingat, meski potensi usaha ini secara umum masih bagus namun potensi sebenarnya akan sangat tergantung dengan daerah yang kita pilih.

B. Tips Sukses Menjalankan Usaha Bakso

Butuh kiat khusus dalam menjalankan usaha ini? Tenang, berdasarkan dari berbagai saran dan nasehat dari beberapa orang yang sudah sukses menjalankan usaha ini ada beberapa tips yang bisa kita terapkan.

Dengan tips ini diharapkan kita bisa lebih mudah dalam menjalankan dan mengembangkan usaha yang kita buka tersebut. Dalam memulai dan menjalankan usaha ini hendaknya kita sebagai pemula memperhatikan beberapa kita sukses berikut ini.

1. Pilih lokasi yang strategis
2. Gunakan kreativitas dan inovasi
3. Jalankan sebagai pengusaha bukan sebagai pekerja
4. Bidik skala yang lebih besar dan tahan lama
5. Jangan menyerah dan jangan berhenti

Lokasi yang strategis adalah syarat mutlak bagi suksesnya usaha ini. Lokasi strategis adalah lokasi yang dapat mendukung terjadinya transaksi jual beli yang melimpah untuk produk usaha yang dijalankan. Untuk dapat dikatakan sebagai lokasi strategis, sebuah lokasi harus memenuhi beberapa syarat antara lain:

- Mudah dijangkau
- Berada di pusat keramaian
- Cukup luas, aman, indah dan bersih

Hal lain yang mempengaruhi tingkat keberhasilan usaha ini adalah kreativitas dan inovasi yang kita lakukan. Cobalah untuk berani memberikan yang beda, yang eksklusif dengan nilai jual yang tinggi.

Jangan takut untuk berkreasi dan berinvestasi menciptakan masakan bakso yang beda dan disukai oleh konsumen. Tumbuhkan rasa penasaran dan rasa ingin tahu dan berikan pelayanan yang memuaskan untuk mereka yang datang.

Jika ingin sukses maka kita harus berani menempatkan kita sebagai pengusaha bukan sebagai pekerja. Dalam hal ini kita harus berani dan mampu untuk menggunakan dan mempekerjakan orang lain sebagai karyawan. Jika kita tangani sendiri maka usaha kita tidak akan pernah sukses dan berkembang.

Usaha yang sudah berjalan dan telah berhasil memberikan pendapatan haruslah mulai dipikirkan untuk dikembangkan ke arah yang lebih luas dan lebih besar. Cobalah untuk membuat perencanaan untuk melakukan hal itu, buka cabang atau gunakan sistem Franchise untuk mengembangkan sayap usaha.

Yang tak kalah penting dalam mencapai kesuksesan usaha ini adalah ketahanan dan kemampuan kita dalam mengelola dan menghadapi segala hal. Jangan mudah menyerah jika menghadapi kesulitan, jangan patah semangat dan jangan berhenti hanya dengan secuil kesuksesan.

Dengan berbekal kemampuan dan persiapan yang kita lakukan dengan baik maka bukan hal yang mustahil kalau kita bisa sukses dari peluang usaha bakso yang ada sekarang ini. Itu saja, mudah-mudahan sedikit uraian ini bisa menjadi bahan belajar dan referensi kita bersama dalam menggapai kesuksesan usaha mandiri.

Analisa Peluang Usaha Bakso Sukses dan Untung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko