Friday, February 20, 2015

Analisis Peluang Usaha Roti Bakar

Analisis Peluang Usaha Roti Bakar - Kuliner memang menjadi salah satu bidang usaha yang sangat menarik dan menjanjikan sebuah peluang sukses yang menggiurkan. Hal ini karena makanan adalah kebutuhan pokok sehingga peluang usaha kuliner cenderung lebih ramai.

Salah satu contoh usahanya adalah Usaha Roti Bakar yang dapat memberikan penghasilan yang lumayan besar jika di dirikan dan dikelola dengan cara yang profesional. Untuk yang ingin bergerak di bidang kuliner khususnya jual roti bakar maka berikut ini kita akan membuat analisis atau analisa mengenai seberapa jauh peluang usaha roti tersebut.

Usaha Roti Bakar adalah dengan produk khusus roti dengan berbagai variasi. Usaha ini secara umum memiliki prospek atau peluang yang cukup bagus jika di dukung dengan berbagai aspek usaha yang bagus.

Dalam memulai atau mendirikan jenis usaha kuliner ini kita sebagai pelaku usaha harus membuat suatu analisa terlebih dahulu mengenai seberapa besar peluang kesuksesan dari usaha yang akan kita pilih ini. Dengan analisis usaha jual roti bakar seperti itu diharapkan kita bisa membuat perencanaan usaha yang baik, matang dan juga dapat memberikan kesuksesan bagi usaha kita ke depan. 

Untuk masalah prospek atau peluang, ada satu buah cerita menarik yang dapat kita jadikan motivasi dan pembelajaran yaitu sebuah cerita sukses seseorang dalam menjalankan bisnis roti bakar tersebut.

Seperti diberitakan di laman viva news, seorang sarjana sistem komputer, Lucky Mandala Putra, mampu mengumpulkan lebih dari Rp100 juta per bulan dengan berjualan roti bakar. Dengan modal Rp20 juta, Rp12 juta dari kantongnya sendiri dan Rp8 juta berasal dari bantuan orang tua dan paman, anak kedua dari tiga bersaudara ini memulai usaha roti bakarnya.

Masih dari laman berita bisnis viva, diceritakan bahwa awal mula berjualan, Roti Comel buatan mahasiswa tersebut hanya laku 16 porsi roti per hari. Paling banter, 20-25 porsi roti comel. "Seiring jalannya usaha, penjualannya naik sedikit-sedikit. Kalau sekarang, kadang bisa 300-350 porsi roti comel," kata dia. Berita selengkapnya: Pemuda raup omzet ratusan juta dari si comel

Kalau kita melihat dari cerita sukses tersebut kita tentu dapat mengambil kesimpulan bahwa bisnis roti bakar ini memang memiliki peluang yang cukup bagus untuk kita sambut. Meski begitu kita tentunya perlu melakukan analisa sendiri mengenai peluangnya sebelum kita memulai untuk mendirikan usaha di bidang ini.

1) Tips Analisa Peluang Usaha Roti Bakar

Meski secara umum usaha roti bakar peluangnya bagus namun hal ini tidak akan serta merta membuat kita langsung sukses jika membuka usaha ini. Tingkat peluang dari usaha ini juga akan tergantung pada siapa yang menjalankan.

Meski dikatakan bahwa peluangnya menjanjikan namun tidak semua orang yang menjalankan usaha ini akan sukses, kenapa demikian? Ya, itu semua karena banyak faktor lain yang mempengaruhi seberapa jauhkan peluang usaha ini.

Sebagai contoh, Lucky Mandala Putra pada kisah di atas bisa sukses menjalankan usaha ini di daerah Jakarta yang cukup ramai. Namun, kisah kesuksesan Lucky tersebut tentu tidak akan bisa kita jadikan patokan jika kita mendirikan usaha serupa namun di lokasi atau daerah yang berbeda.

Dengan begitu kita bisa menjawab pertanyaan yang sering muncul yaitu "orang lain sukses menjalankan usaha tetapi kenapa kita tidak sukses padahal usaha yang dijalankan juga sama?" Intinya adalah tingkat peluang sebuah bisnis atau usaha tidak dapat disamakan apalagi dibandingkan dengan sebuah bisnis atau usaha yang sudah lebih dulu dijalankan dan sukses.

Jadi jika kita ingin mendapatkan kesuksesan yang serupa dengan orang lain maka kita harus mampu membaca dan menyimpulkan sendiri seberapa bagus peluang usaha yang akan kita jalani. Dalam menyimpulkan bagus tidaknya peluang kita dapat membuat analisa untuk faktor-faktor penting yang berkaitan yaitu antara lain sebagai berikut:

a) Analisa lokasi tempat usaha
b) Analisa sarana prasarana
c) Analisa persaingan pasar
d) Analisa calon konsumen

Analisa lokasi tempat usaha
Yang paling banyak berpengaruh dalam sebuah bisnis adalah lokasi, untuk itulah dalam menentukan tingkat peluang kita harus menganalisa aspek ini dengan sebaik-baiknya. Pemilihan lokasi usaha ini sangat penting dan berpengaruh terhadap sukses tidaknya usaha kita.

Untuk itu lokasi usaha yang dipilih harus memenuhi berbagai persyaratan yang menunjang usaha yang akan didirikan. Lokasinya harus layak, strategis, mudah di jangkau, dan juga mudah dilihat oleh berbagai calon konsumen usaha.

Pertimbangan tentang lokasi harus meliputi banyak aspek mulai dari bangunan sampai pada kondisi daerah yang dipilih. Harus kita pertimbangkan dan kita analisa dengan benar jika kita ingin menentukan pilihan untuk usaha ini. Dari sisi lokasi, untuk bisnis roti bakar ini kota besar yang ramai memiliki potensi yang lebih baik jika dibandingkan dengan daerah sepi misalnya pedesaan.

Analisa sarana prasarana
Aspek mana yang sudah ditentukan terlebih dahulu menentukan prospek usahanya. Kalau tempat sudah ditetapkan maka yang lain harus mengikuti maka dari itu kita harus menganalisa apakah tempat tersebut memiliki sarana dan prasarana yang menunjang untuk kelangsungan usaha yang akan dijalankan. Lihat bagaimana akses jalannya, lihat juga bagaimana ketersediaan bahan baku, karyawan dan sebagainya.

Analisa persaingan pasar
Lokasi yang bagus biasanya memiliki tingkat persaingan yang lebih tinggi, kita harus menganalisa hal ini juga jika kita ingin mengetahui bagus tidaknya sebuah usaha untuk dijalankan.

Persaingan rendah akan memberikan waktu yang lebih untuk kita melakukan analisa sedangkan persaingan yang tinggi akan menyediakan tantangan yang lebih besar.

Perhitungkan sesuai atau tidak persaingan yang akan dihadapi. Jangan lupa juga untuk memperhitungkan berbagai hambatan dan kesulitan yang berasal dari kondisi persaingan pasar tersebut.

Analisa calon konsumen
Dalam analisa peluang usaha kita juga harus mengetahui banyak hal mengenai calon pembeli atau konsumen. Hal yang mudah adalah dengan mencoba menjawab pertanyaan sederhana mengenai konsumen yaitu "apakah produk kita dibutuhkan oleh masyarakat di lingkungan tempat usaha kita tersebut?"

Bekal jawaban dari pertanyaan di atas bisa kita jadikan patokan atau gambaran bagaimana keadaan konsumen untuk usaha yang akan didirikan.

Kita juga dapat mencari tahu seberapa banyak orang yang membutuhkan produk kita, berapa banyak kemungkinan orang yang akan membeli produk yang dijual dalam waktu satu hari, satu minggu dan bahkan satu bulan.

Berbekal informasi-informasi seperti ini kita dapat merumuskan analisa yang lebih mendalam mengenai perhitungan laba rugi usaha dan juga perkiraan penghasilan dan lain sebagainya.

2) Kiat Sukses Memulai Usaha Roti Bakar

Yang paling bagus untuk kita tiru dalam memulai sebuah bisnis kuliner yang sukses adalah dengan mempelajari berbagai langkah sukses pelaku usaha yang sudah sukses. Dari pengalaman pengusaha yang telah sukses tersebut kita bisa belajar banyak hal mulai dari strategi bisnis, pengelolaan usaha, manajemen, pemasaran dan lain sebagainya.

Kita juga dapat belajar dari berbagai kelemahan dan juga kelebihan yang dimiliki usaha tersebut agar kita nantinya mampu menempatkan usaha kita pada posisi yang menjanjikan.

Sebagai pemula, hal ini tentu bukanlah sesuatu yang mudah, sebagai awal kita dapat memulai dengan beberapa kiat atau tips berikut dalam membuka bisnis kuliner roti bakar. Beberapa tips tersebut yaitu sebagai berikut:

1) Pilih daerah yang ramai
2) Pilih masyarakat yang modern
3) Bagus untuk masyarakat kantoran
4) Kreatif dan inovatif
5) Tentukan harga yang bersaing

Dalam memulai usaha ini akan lebih baik jika kita memilih lokasi atau tempat atau daerah yang menunjang kelangsungan usaha. Lokasi tersebut yaitu lokasi yang ramai, memiliki masyarakat yang sudah cukup maju dan berkembang.

Termasuk di tempat tersebut banyak orang yang sibuk dan bekerja di kantor dengan gaji atau penghasilan yang lumayan.

Alasan kenapa kita hendaknya memilih lokasi yang demikian adalah karena produk yang akan kita pasarkan ini lebih cocok untuk masyarakat kelas ekonomi menengah ke atas dan bukan kelas bawah.

Bisa kita lihat, orang yang memiliki tingkat ekonomi rendah lebih banyak memilih membeli beras dari pada membeli roti yang kurang begitu bisa mengatasi rasa lapar. Tentu tidak perlu diuraikan lebih lanjut masalah ini bukan?

Selain itu dalam memulai usaha roti bakar sebaiknya kita lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan produk yang berbeda, berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan selera pasar.

Buat sesuatu yang baru yang lebih segar dan lebih menggoda dengan kualitas kesehatan yang terjamin, dengan begitu kita bisa mendapatkan kesempatan untuk mencuri hati para penggemar roti bakar yang ada di sekitar kita.

Yang perlu diperhatikan juga selain hal di atas adalah masalah harga. Untuk usaha yang baru baiknya kita menetapkan harga jual yang bersaing dalam arti tidak lebih murah dari yang sudah ada dan tidak pula lebih mahal.

Dalam hal ini kita bisa menyesuaikan dengan kualitas yang akan kita berikan. Jika perlu memberikan harga di bawah pasar maka sebaiknya terapkan saja pada saat masa promo.

Analisis Peluang Usaha Roti Bakar

Terakhir, untuk mendapatkan kesuksesan yang diidamkan maka kita juga harus berjuang, bekerja keras, terus belajar dan pantang menyerah. Mencapai kesuksesan adalah pilihan, jadi jika sudah memilih untuk sukses maka tak ada jalan lain kecuali konsisten mewujudkannya.

Itu saja, semoga sedikit analisis peluang usaha roti bakar ini bisa menjadi gambaran dan pertimbangan serta ide kita dalam mempersiapkan diri untuk membuka sebuah usaha baru yang sukses.

Jangan lupa juga untuk mempelajari berbagai kiat, tips dan trik sukses dalam memulai sebuah usaha baru. Beberapa artikel lain yang bagus juga untuk dipelajari ada pada bagian akhir tulisan ini. 

Analisis Peluang Usaha Roti Bakar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko