Monday, October 17, 2016

Contoh Ide Usaha Kuliner yang Cepat Balik Modal

Untuk mengamankan dan menghindari resiko yang besar maka banyak orang yang mencari ide usaha yang cepat balik modal, salah satunya di bidang bisnis kuliner. Alasannya tentu saja karena setelah modal sudah kembali maka apapun resiko yang dihadapi akan santai.

Usaha Yang Cepat Balik Modal, Bisnis Kuliner
Ilustrasi/tribunnews.com

Tidak salah sih, apalagi untuk pemula untuk menghindari kerugian dari kegagalan. Tetapi, ide usaha yang seperti ini cukup sulit untuk dicari. Bahkan kadang yang tak disangka pun bisa cepat pulang modal dan sebaliknya, benar tidak?

Siapa yang tak ingin memiliki sebuah usaha cepat untung atau usaha cepat kaya? Semua pelaku usaha tentu menginginkan hal tersebut baik itu pelaku usaha pemula maupun yang telah lama malang melintang di dunia usaha. 

Namun begitu untuk menemukan ide yang benar-benar pas dan cocok serta mampu mewujudkan harapan tersebut tidaklah mudah. Khusus untuk idenya sih sebenarnya tidak terlalu sulit namun bagaimana menjalankan ide tersebutlah yang menjadi persoalan.

Bagi pelaku usaha baru yang sedang mulai merintis usaha dan sedang mencari-cari ide untuk jenis usaha tertentu pasti ingin mendapatkan ide usaha yang cepat balik modal. 

Maka dari itu pada kesempatan ini kita akan membahas beberapa usaha yang bisa dijadikan inspirasi dalam menemukan usaha tersebut. Tentu saja yang akan kita bahas nanti hanya bersifat sebagai bahan renungan dan inspirasi saja dan sama sekali tidak mengandung jaminan apapun.

Jika kita lihat dalam dunia usaha yang semakin berkembang, usaha-usaha yang kelasnya tidak terlalu berat dan komplek juga banyak memiliki peluang yang cukup bagus. Sebagai contoh jenis usaha di bidang kuliner yang bahkan bisa menghasilkan omzet yang fantastis. 

Percaya atau tidak, bisnis di bidang kuliner memang cukup sederhana dan mampu memberikan pendapatan dan laba yang lumayan besar. Tentu saja, usaha atau bisnis jenis ini juga termasuk yang modalnya cepat dikembalikan.  Sebelum lebih jauh, mari sempatkan juga melihat beberapa pembahasan terdahulu berikut ini.

1) Bisnis yang cepat balik modal
2) Ide bisnis cepat balik modal
3) Jenis usaha yang cepat kembali modal
4) Franchise cepat balik modal
5) Waralaba cepat balik modal
6) Investasi yang cepat balik modal

Dari beberapa artikel di atas sebenarnya bisa kita ketahui bahwa bisnis dan usaha yang modalnya cepat kembali ternyata banyak dan bukan hanya satu dua. Dari informasi di atas bisa kita lihat beberapa usaha yang bisa dipertimbangkan misalnya saja waralaba atau franchise dan juga investasi. 

Tapi pada kesempatan ini kita tidak akan membicarakan bisnis tersebut tetapi akan kita bahas mengenai bisnis makanan atau bisnis di bidang kuliner.

Salah satu bisnis kulier yang prospek dan modalnya bisa cepat kembali adalah usaha jananan ringan seperti mie bakso. Ada juga usaha warteg atau warung makan yang bisa memberikan omset begitu menjanjikan. 

Usaha bakso dan mie ayam misalnya, jika di dukung dengan kreativitas dan inovasi yang unik ternyata usaha ini masih memiliki prospek yang cukup bagus.

Bahkan ada beberapa pelaku usaha yang dengan memiliki satu warung dan beberapa cabang di luar kota bisa menghasilkan ratusan juta dalam sebulan. Begitu juga dengan rumah makan atau warteg, bisnis warteg ini juga pendapatannya sangat menggiurkan apalagi jika di dukung dengan berbagai aspek usaha yang sesuai.

Siapa yang tak kenal dengan usaha warung bakso dan mie ayam. Usaha ini menjamur dan bahkan sangat mudah ditemui di berbagai pelosok daerah. Dilihat dari banyaknya usaha yang ada tersebut kita juga bisa menebak bahwa usaha ini memang memiliki prospek yang cukup bagus. 

Buktinya banyak sekali orang yang terus menjalankan usaha ini dari waktu ke waktu. Salah satu alasan kenapa usaha ini banyak dilirik oleh pelaku usaha adalah potensi keuntungan yang dimiliki cukup lumayan. 

Hal ini mengingat minat masyarakat pada dua jenis makanan ringan ini seperti tak pernah surut bahkan di hari-hari biasa. Usaha ini akan melonjak di hari-hari khusus misalnya hari besar keagamaan dan hari libur panjang.

Pasar utama dari bisnis dan usaha bakso atau mi ayam ini adalah kaum muda dan para wanita. Umumnya kaum muda mudi banyak menghabiskan waktu santai dengan menyantap makan tersebut baik bersama pacar, teman atau sahabat mereka. 

Begitupun dengan kaum wanita, para wanita karir dan masih banyak lagi. Hal inilah yang membuat usaha ini seolah tak kan pernah sepi pembeli karena minat masyarakat terhadap makanan ini memang begitu tinggi. Pembahasan rinci mengenai prospek usaha ini bisa dilihat dari judul.

Rumah makan atau warteg menjadi solusi bagi banyak orang khususnya dari kalangan menengah ke bawah. Kebanyakan yang menjadi konsumen setia adalah para pekerja atau buruh yang membutuhkan jenis makanan yang murah namun mengenyangkan. 

Rumah makan kecil atau warteg ini biasanya menyajikan banyak jenis hidangan yang harganya relatif terjangkau, karena itulah jenis usaha ini banyak digemari oleh pelanggan.

Banyaknya pilihan menu dan harga yang relatif murah inilah yang menjadikan usaha ini mudah diterima oleh kalangan masyarakat luas. 

Inilah yang selanjutnya menjadi potensi yang besar bagi pelaku usaha warteg dan rumah makan sederhana untuk mendulang keuntungan yang menggiurkan. Dengan begitu maka wajar jika usaha ini relatif cepat bisa mengembalikan uang modal yang digunakan pertama kali untuk membuka usaha.

Usaha dan bisnis di bidang kuliner memang menjanjikan keuntungan yang kebanyakan dua kali lipat dari modal. Hal inilah yang membuat usaha-usaha jenis ini lebih cepat balik modal dengan pendapatan harian yang besar. 

Namun begitu bagus dan tidaknya usaha ini untuk dijalankan sangat tergantung dengan kemampuan dan kreativitas yang menjalankan. Usaha dengan jenis ini sangat ketat persaingan sehingga keunikan dan kualitas rasa dan sajian yang menarik selalu terus berkembang pesat.

Hal seperti ini akan lebih jelas jika kita mempelajari berbagai kisah sukses atau cerita sukses yang sudah dialami oleh pelaku usaha lain. 

Maka dari itu bagi yang ingin lebih jauh mempelajari berbagai ide dan mendapatkan gagasan unik untuk usaha dan bisnis yang dikehendaki sebaiknya juga menyempatkan diri membaca berbagai kisah inspirasi tersebut.

Itu saja, mudah-mudahan pembahasan kita kali ini bisa membuka mata kita lebar-lebar bahwa sebenarnya banyak jenis usaha dan bisnis yang bisa dipilih dan menjanjikan. 

Intinya kita harus kreatif dalam melahirkan ide-ide baru yang bisa diterima masyarakat luas. Sampai disini saja, silahkan lanjut dengan beberapa artikel wirausaha lainnya dibagian akhir. Jangan lupa untuk terus berkunjung ke situs ini untuk mendapatkan ide-ide brilian lainnya. 

Contoh Ide Usaha Kuliner yang Cepat Balik Modal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko