Saturday, September 10, 2016

Tips Cara Berjualan Online untuk Pemula, Mudah Terbukti

Tips Cara Berjualan Online untuk Pemula, Mudah Terbukti - Pernah ada satu saudara yang bertanya, “bang cara jual online itu bagaimana sih?”. Sebuah pertanyaan yang muncul dari rasa ingin tahu dan ikut mencoba untuk mendapatkan uang dari internet, anda juga dapat bertanya demikian?


Maka dari itu artikel ini akan membuka sebuah pembahasan khusus tentang cara untuk berjualan online untuk pemula sebagai jawaban dari pertanyaan tersebut.

Berjualan baik online maupun offline sebenarnya sederhana kok, yaitu berusaha untuk mencari pembeli bagi produk atau jasa tertentu, itu saja. Yang sedikit berbeda hanyalah sarana atau alat yang digunakan. 

Kalau berjualan di dunia nyata anda dapat menggunakan warung, dari rumah ke rumah, pasar, toko, swalayan atau supermarket maka jualan online menggunakan internet dan situs sebagai media.

Internet digunakan sebagai sarana penghubung ke dunia maya sedangkan situs atau website digunakan sebagai sarana pengganti toko, warung atau supermarket. Di dunia online ini tingkat promosi umumnya lebih gencar dan lebih mudah jika dibandingkan dengan dunia nyata. 

Kalau di dunia nyata anda membuka toko kemudian lebih banyak menunggu pembeli maka didunia online anda membuka situs kemudian melakukan promosi.

Kalau dilihat dari sisi modal, dapat dikatakan jualan online modalnya lebih sedikit bahkan tanpa barang pun anda dapat berjualan. 

Namun berjualan di dunia maya tidaklah sesederhana seperti di dunia nyata. Di dunia maya atau online harus lebih kuat pada strategi dan pemasaran sampai pada titik sebuah toko online dikenal masyarakat luas.

1) Yang bisa dilakukan pemula untuk berjualan

Sepanjang ada niat semua orang dapat melakukan usaha atau bisnis ini karena modal utamanya adalah niat atau kemauan. Kalau begitu apakah ada cara berjualan online tanpa modal? Kalau maksud anda adalah tidak mengeluarkan uang sama sekali tentu saja tidak ada. 

Karena usaha apapun sedikit atau banyak, besar atau kecil tentu membutuhkan modal. Tapi kita akan fokus saja pada titik untuk memulai usaha ini bagi pemula.

Meski dikatakan pemula – yang belum pernah tahu sama sekali tentang dunia jual beli online – namun banyak yang dapat anda lakukan untuk berjualan. Untuk gambaran, berikut ini ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pemula untuk berjualan online yaitu:

1) Menjual produk sendiri
2) Menjual produk orang lain
3) Menjual jasa sendiri
4) Memasarkan jasa orang lain

Ya, banyak memang yang bisa dilakukan. Selain beberapa hal di atas anda juga dapat melakukan hal lain, misalnya dengan memanfaatkan situs khusus misalnya berjualan dengan media sosial seperti Facebook, Twitter atau mungkin Instagram. 

Untuk jualan di Instagram tentunya anda harus tahu dulu bagaimana cara berjualan online shop di Instagram tersebut. Bisa juga, anda membuat sebuah toko online khusus baju, jadi modalnya anda harus mengetahui cara berjualan baju online yang baik dan sukses. 

Banyak memang yang dapat dilakukan meski anda masih pemula. Yang terpenting adalah kemauan, niat, kerja keras, sabar dan pantang menyerah dan terus berusaha menjadi lebih baik.

2) Tahap memulai berjualan online

Di atas sudah agak panjang lebar kita bahas mengenai jualan online namun mungkin anda belum mendapatkan jawaban dari pertanyaan tentang cara berjualan online bagi pemula seperti yang anda butuhkan. 

Maka dari itu kita bahas langkah nyata untuk mewujudkan niat dan ide anda tersebut. Untuk mulai usaha atau bisnis ini kita bagi saja menjadi dua tahapan yaitu persiapan dan pelaksanaan.

Untuk persiapan anda bisa melakukan kegiatan awal sebelum anda mulai melakukan jualan. Beberapa yang bisa anda lakukan adalah menyiapkan produk yang akan dijual dan mempelajari beberapa informasi atau ilmu yang dibutuhkan. Sedangkan untuk ilmunya anda bisa mulai dengan mengumpulkan informasi mengenai beberapa hal berikut:

a) Cara berjualan online shop untuk pemula
b) Cara berjualan online bagi pemula
c) Cara berjualan online agar cepat laku
d) Cara berjualan online agar laris

Yang perlu kita tekankan disini adalah posisi anda sebagai pemula, jadi anda perlu memulai hal ini dengan baik, benar dan aman. Jadi intinya anda harus memulai sebuah usaha yang menjanjikan namun dengan cara yang aman dan kecil resiko nya. 

Pada tahap pelaksanaan anda bisa mulai dengan langsung memasarkan produk atau jasa yang ingin anda jual yaitu dengan menggunakan media online yang ada. Nah, agar lebih jelas anda bisa mulai berjualan dengan langkah dan tahapan bisnis online sebagai berikut!

1) Siapkan produk, barang atau jasa yang ingin dijual
2) Buatlah beberapa media sosial gratis (facebook, twitter, instagram)
3) Lengkapi informasi yang ada dalam media sosial
4) Mulailah membangun relasi, teman
5) Mulai tawarkan produk atau jasa yang anda miliki menggunakan media sosial gratis
6) Saat sudah terjadi penjualan rutin, mulailah buat situs jual beli
7) Kelola situs jual beli dengan melakukan promosi
8) Terus kembangkan usaha anda

Jika anda pemula dan ingin berjualan di internet maka mulailah dengan menyiapkan apa yang akan anda jual, dapat berupa barang atau jasa atau bahkan keahlian. Setelah itu anda dapat memulai dengan membuat beberapa akun media sosial. 

Anda bisa membuat facebook, twitter, instagram dan sebagainya. Akun tersebut nantinya akan anda gunakan untuk mulai mengenalkan produk atau jasa yang anda miliki.

Setelah memiliki beberapa akun, kelola akun tersebut, perbanyak teman dan bangunlah relasi yang baik. Jangan terburu-buru menawarkan barang atau jualan, atau teman-teman anda dimedia sosial akan lari meninggalkan anda.

Setelah dirasa cukup memiliki banyak teman maka mulailah dengan memperkenalkan diri anda, siapa anda dan apa yang anda lakukan. Mulai tawarkan barang dan jasa anda dengan cara yang alami dan santun. 

Buat agar mereka menyadari bahwa anda dapat memberikan yang mereka butuhkan dan jangan paksa mereka untuk membeli dari anda.

Seiring waktu berlalu hubungan atau relasi yang dibangun tentunya akan lebih kokoh, dan ketika sudah mulai ada satu dua pesanan atau pembelian maka mulailah untuk memikirkan tentang toko online. 

Jika pembelian sudah mulai stabil, artinya setiap bulan sudah mulai ada pembeli maka mulailah untuk membuat sebuah toko online.

Setelah toko online siap anda bisa memperkenalkannya kepada relasi di media sosial. Selanjutnya anda bisa mulai mengelola situs jual beli tersebut dengan memanfaatkan media periklanan online. Pada tahap pembuatan toko online ini sebenarnya bisa anda balik yaitu dengan membuat situs toko online terlebih dahulu baru membuat akun media sosial.

Catatan:
Perlu diingat, jualan online menggunakan sistem pemesanan, artinya calon pembeli akan memesan barang dan memberikan uang terlebih dahulu sesuai harga barang yang diinginkan. Setelah uang diterima baru barang akan dikirim ke alamat pemesan.

Sistem pembayaran jualan online menggunakan sistem transfer bank sedangkan barang akan dikirim menggunakan jasa kurir (post, tiki, jne dan sebagainya). Maka dari itu untuk berjualan online anda perlu menyiapkan rekening dan mengetahui harga jasa pengiriman barang dengan kurir.

Demikianlah tadi sedikit penjelasan mengenai cara berjualan online bagi pemula. Berbagai langkah di atas hanya salah satu contoh saja yang bisa anda lakukan untuk mulai merintis usaha jualan yang anda inginkan. Mudah-mudahan dapat menjadi bahan pertimbangan dan inspirasi, salam sukses!

Tips Cara Berjualan Online untuk Pemula, Mudah Terbukti Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko