Friday, September 9, 2016

Jalan Mendirikan Usaha Kecil Menuju Kemandirian

Jalan Mendirikan Usaha Kecil Menuju Kemandirian - Dari pada seumur hidup dihabiskan hanya untuk mendapatkan gaji seadanya lebih baik menyusun strategi untuk mencapai kemandirian finansial. Karena itulah, membuka usaha kecil dapat menjadi solusi jangka panjang yang akan membebaskan anda dari belenggu kekurangan dan kemiskinan.

Anda bisa bayangkan sendiri, jika 10 tahun anda habiskan untuk bekerja sebagai karyawan maka pada tahun kesepuluh berapa gaji yang mungkin anda dapat? Jika ada karir dan lancar mungkin di tahun itu anda bisa mendapatkan sepuluh juta dalam satu bulan. Bagaimana jika tidak, mungkin sampai sepuluh tahun anda akan mendapatkan gaji itu - itu saja.

Jika 10 tahun disisihkan untuk merintis bisnis kecil kecilan maka di tahun kesepuluh akan sangat mungkin anda dapat melampaui gaji anda sekarang. Itu belum ditambah kebebasan waktu yang anda miliki karena anda bisa menjadi bos dan bukan karyawan lagi yang bisa memiliki jam kerja sesuka hati. Itulah mengapa akhirnya dikatakan bahwa kemandirian dapat diraih salah satunya dengan mengadu nasib di bidang usaha seperti ini.

Waktu terus berjalan, tahun akan terus berganti dan lapangan pekerjaan akan semakin sulit dan ketat dengan persaingan. Tidak salah bukan jika mulai dari saat ini anda menyisihkan sedikit waktu untuk membangun kemandirian tersebut? 

Tapi tentu saja itu tidaklah mudah, anda harus banyak belajar terlebih dahulu. Anda juga harus bekerja lebih keras lagi, karena usaha yang akan anda bangun tadi sekarang ini hanya bersifat sampingan yang akan menghilangkan sebagian besar waktu santai saja.

Mungkin, langkah paling sederhana untuk memulai hal itu adalah dengan belajar berbagai tips usaha kecil baik dari proses awal, pengembangan, pemasaran dan lain sebagainya. Dengan begitu meski sedikit akan ada progres yang berjalan dan dapat dikembangkan.

1) Mengapa memilih usaha kecil

Jangan anggap remeh usaha kecil ini, ada banyak jenis usaha yang bisa anda kerjakan. Anda bisa membuat usaha sendiri dengan modal kecil atau anda bisa menyisihkan sebagian penghasilan untuk dijadikan modal.

Anda bisa juga mencoba mencari ide bisnis rumahan yang sukses dan mencoba menerapkannya. Semua dapat kita sesuaikan karena intinya usaha ini didirikan agar dapat menjadi penopang dan pemecah masalah tetapi tidak memberatkan beban hidup yang dimiliki.

Melepas pekerjaan lama untuk fokus pada bidang usaha mandiri seperti ini tentu akan sangat berat dan memiliko resiko yang besar. Maka dari itu anda dapat memilih usaha yang memiliki skala terbatas sebagai permulaan. Anda tentu tidak harus meninggalkan pekerjaan utama karena itu adalah modal yang akan menghantarkan anda pada cita-cita untuk mandiri.

Dari pekerjaan yang ada sekarang anda bisa menabung sekaligus menjalani proses yang dapat dilakukan. Pertimbangkan logika sederhana berikut, sebuah pohon yang ditanam meski tidak dirawat setiap hari bisa tetap tumbuh dan menghasilkan dan saat pohon tersebut berbuah maka anda memiliki kesempatan untuk mempertimbangkan menanam pohon yang sama atau tidak.

Dapat kita umpamakan usaha kecil adalah pohon yang akan anda tanam tersebut. Pada saatnya nanti usaha itu akan menghasilkan meski tak seberapa. Ketika usaha tersebut mulai menghasilkan meski sedikit itu berarti usaha anda telah berjalan, tinggal bagaimana anda saja untuk mengembangkannya.

Ketika tidak ada kekuatan modal yang cukup dan didera dengan himpitan ekonomi maka usaha kecil memang dapat menjadi sebuah harapan yang begitu besar. Usaha kecil dapat menjadi jalan agar anda terbebas dari belenggu tersebut.

Tidak usah berpikir terlalu sulit, anda hanya perlu sedikit belajar cara mendirikan usaha yang kecil dan menengah atau syarat mendirikan usaha skala kecil dan menengah untuk memulainya. Itu saja dulu, selebihnya anda bisa belajar sambil menjalankan usaha tersebut.

2) Bekal awal pendirian usaha kecil

Di atas telah dipaparkan berbagai alasan mengapa berwirausaha atau bekerja mandiri memiliki peluang yang cukup bagus dan sekarang anda perlu mengetahui juga beberapa hal sebagai langkah untuk mengawalinya. Jika anda memiliki mimpi untuk memiliki pendapatan yang lebih dari cukup maka anda dapat memulainya dengan menyisihkan sedikit pikiran, waktu dan uang anda untuk hal itu.

Hanya sedikit, itulah paling tidak bekal awal yang dapat anda kumpulkan untuk mulai mewujudkan mimpi anda tersebut. Bekal pikiran akan berhubungan dengan informasi, pengetahuan, dan juga rencana untuk mewujudkan sebuah usaha yang diinginkan. Anda dapat memulainya dengan menggunakan waktu luang untuk memikirkan ide-ide atau gagasan usaha yang bagus dan mungkin dapat anda jalankan.

Anda juga bisa mulai mencari informasi dan ilmu tentang berbagai macam bisnis kecil yang dapat anda jangkau. Jadi, saat anda memutuskan untuk memulainya maka sudah tidak akan ada lagi waktu yang boleh terbuang sia-sia. Untuk modalnya anda dapat mulai menyisihkan sebagian penghasilan, misalnya gaji tambahan, uang lembur atau bonus yang anda dapat untuk anda tabung. Bisa mulai ditabung untuk mencari ilmunya, bisa digunakan untuk menyiapkan sarana dan prasarananya dan lain sebagainya.

Di hari libur, anda bisa menggunakannya atau menyisihkan sebagian waktu untuk belajar berbagai kiat sukses bisnis rumahan misalnya, anda bisa mencari informasi dan bertanya kepada yang lebih berpengalaman di daerah anda tentang cara bisnis rumahan yang sukses. Itu tadi hanya beberapa contoh yang dapat anda gunakan menjadi bekal untuk mendirikan usaha.

Dengan melakukan hal tersebut mungkin akan memerlukan waktu lebih lama, namun ketika anda melakukannya pada suatu titik anda akan mencapai kemampuan yang diharapkan. Pada saat itulah anda bisa menjabarkan seluruh ide dan gagasan anda menjadi sebuah usaha yang nyata. Saat itulah anda bisa dengan matang mulai untuk mendirikan sebuah usaha kecil sebagai langkah untuk mencapai kemandirian ekonomi.

Sebagai kesimpulan, usaha kecil sangat cocok menjadi alternatif bagi anda yang mengalami kebuntuan karir atau keterbatasan pendapatan. Usaha ini dapat dibangun secara bertahap tanpa mengganggu kekuatan dan kemampuan anda. Jika anda sekarang memiliki pekerjaan maka jangan dilepas, jadikan pekerjaan itu sebagai jembatan untuk mendapatkan modal yang diperlukan; modal uang, modal pengalaman dan lain sebagainya.

Demikianlah, mudah-mudahan sedikit gambaran di atas dapat menjadi inspirasi kita bersama. Mudah-mudahan dengan membaca ini kita dapat tergugah dan lebih memiliki jiwa yang mandiri yang tidak tergantung pada ketersediaan lapangan kerja, salam!

Jalan Mendirikan Usaha Kecil Menuju Kemandirian Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko