Saturday, July 2, 2016

Kesalahan Promosi di Facebook untuk Berjualan

Kesalahan Promosi di Facebook untuk Berjualan - Anda berjualan di facebook? mungkin anda pernah melakukan kesalahan dalam memasarkan produk usaha anda di Facebook atau bahkan sering melakukan kesalahan sehingga meski telah gencar promosi tidak ada peningkatan penjualan sesuai harapan.

Promosi di media sosial seperti ini sebenarnya sama saja dengan promo dengan media lain tetapi banyak pelaku bisnis yang belum paham bagaimana strategi promosi tepat yang bisa mendulang penjualan yang semakin meningkat.

Dalam dunia marketing sudah banyak yang mengakui bahwa kegiatan promosi yang tidak tertarget hanya akan menghabiskan waktu, tenaga dan uang kita. Hal ini disebabkan karena pada prinsipnya seseorang akan tertarik melihat media promosi kita jika sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

Contoh kecilnya seperti ini, jika anda menawarkan produk obat kepada orang yang sedang sakit atau keluarga dari orang yang sedang sakit maka peluang produk tersebut akan dibeli tentunya lebih tinggi jika dibandingkan dengan saat kita menawarkan obat kepada orang yang sehat.

Jelas sekali bahwa kegiatan promo yang kita lakukan akan sangat tergantung pada calon konsumen yang dituju. "Right Place, Right Time, Right People", strategi promosi yang baik yang dilakukan ditempat (media) yang tepat, waktu yang tepat dan orang yang tepat akan menghasilkan konversi penjualan yang lebih.

Secara ekstrim bahkan beberapa ahli marketing menyebutkan bahwa kita harus melakukan promosi dengan tidak melakukan promosi. Hal ini seakan menjadi gayung penyambut untuk menyangkal keadaan bahwa semakin dipaksa seseorang untuk membeli produk maka akan semakin menjauh dan antipatilah orang tersebut.

Pertanyaannya apakah yang selama ini kita lakukan di media sosial tersebut sudah sesuai dan benar-benar menghasilkan? Jika kita ingin sukses jualan di facebook maka mutlak kita harus melakukan cara promosi yang tepat dan menghasilkan.

1) Anggapan Salah Tentang Promosi

Promosi secara luas yang menjangkau seluruh lapisan akan sangat efektif untuk memperkenalkan sebuah produk baru yang kita miliki sedangkan promosi yang tujuannya untuk meningkatkan transaksi penjualan akan lebih sukses jika dilakukan dengan cara yang berbeda.

Dalam hal promosi ini ada beberapa Anggapan Salah yang banyak tidak diketahui oleh pelaku bisnis pemula yaitu antara lain:
  1. Semakin banyak yang melihat semakin besar peluang terjual
  2. Semakin sering promosi semakin laris

Kita harus benar-benar menghindari kesalahan utama berjualan di internet seperti itu. Bukan salah, yang perlu diingat adalah bahwa anggapan pertama di atas tidaklah selalu benar. Sistem promosi yang menitik beratkan pada banyaknya tampilan akan lebih cocok untuk memperkenalkan produk baru dan juga untuk membentuk brand produk yang kita jual.

Jika ditargetkan untuk meningkatkan penjualan secara langsung seperti saat kita berjualan baju online maka strategi ini kurang dapat meningkatkan penjualan. Anggapan yang mengatakan semakin sering promosi maka akan semakin laris produk yang dimiliki tentu saja salah.

Apa yang menjadikan aktivitas promosi sukses bukanlah intensitasnya melainkan kualitasnya dalam menjangkau calon pembeli. Karena itulah kita tidak dapat membuat perbandingan semacam itu. Meski tidak sepenuhnya keliru namun promosi yang sering dilakukan tanpa target market yang jelas tentu hasilkan tidak akan lebih memuaskan. 

Jika kita kaitkan dengan kegiatan promosi di media sosial seperti facebook tentu kedua hal tersebut masih harus ditelaah lagi. Ada kalanya kedua hal tersebut cocok dan ada kalanya tidak cocok untuk diterapkan saat kita melakukan promosi di media sosial.

Untuk menghindari kegagalan promosi di facebook perlu ada sinergi antara apa yang kita lakukan, ditujukan kepada siapa dan target hasilnya seperti apa dan juga menguasai benar informasi peluang sukses yang bisa diraih. 

2) Kesalahan Umum Promosi di Facebook

Saya tidak dapat menyatakan hal ini adalah mutlak kesalahan akan tetapi hal-hal berikut - yang saya masukkan pada kategori kesalahan - menurut pengalaman memang tidak memberikan efek yang berarti pada penjualan yang diharapkan. 

Bahkan, dalam survei terbatas yang beberapa waktu lalu saya lakukan, kegiatan promosi pribadi seperti yang dilakukan banyak orang justru menjauhkan kita dari calon konsumen yang bisa dibidik. Kesimpulan yang bisa diambil dari kecenderungan tersebut adalah bahwa banyak penjual yang melakukan promosi di facebook ternyata mengganggu dan membuat orang lain tidak nyaman. 

Hal tersebut mungkin tidak terlihat begitu penting namun jika kita ingin sukses dalam memasarkan produk kita tentu hal ini tidak bisa terus menerus kita abaikan. Konsekuensi dari mengabaikan hal ini tentu adalah buruknya image kita di mata orang lain atau bahkan bisa menimbulkan perasaan anti pati terhadap kita.

Bisa kita bayangkan, kalau seseorang sudah benci atau tidak suka dengan kita apakah mungkin dia akan membeli sesuatu dari kita?

Beberapa hal yang bisa dicatat tentang berbagai aspek yang sering kita lakukan di media sosial facebook antara lain yaitu kita sering mengabaikan kepentingan orang lain dan juga kita sering secara serabutan mempromosikan barang tanpa pandang bulu. Beberapa kesalahan yang bisa berakibat buruk bagi kegiatan bisnis jual beli kita antara lain sebagai berikut:

- Terlalu sering promosi dengan menandai teman sebanyak mungkin
- Menggunakan auto program untuk promo
- Promosi pada orang yang salah di waktu yang tak tepat

Kita upload gambar dan kita tandai sebanyak mungkin teman kita tanpa memperhitungkan hal lain dengan harapan banyak yang akan tertarik dan membeli produk yang kita tawarkan. Benarkah hal ini efektif? Hal ini sama sekali tidak efektif dan bahkan bisa menjadi bumerang pada bisnis yang sedang kita geluti, kenapa demikian? Coba jawab pertanyaan di bawah ini.
  • Pernahkah kita tahu bagaimana perasaan teman yang ditandai dengan gambar produk yang kita jual? 
  • Apakah dia tidak keberatan dengan ditandai? 
  • Tidakkah mereka terganggu dengan hal itu?

Banyak yang secara egois memaksa orang untuk melihat produk yang dijual tanpa mempertimbangkan perasaan orang lain. Kenyataannya banyak teman kita yang merasa risih dan tidak suka dengan apa yang kita lakukan tersebut.

Mereka tidak suka karena ditandai dengan berbagai produk yang kita jual karena tidak berminat atau tidak membutuhkan produk yang kita miliki. Bahkan, banyak yang merasa terganggu sampai benci dengan apa yang kita lakukan tersebut. 

Meski tidak semua namun jelas sekali kita tidak memiliki data akurat tentang jumlah yang suka ditandai produk kita dan jumlah yang tidak suka. Bagaimana jika banyak yang tidak suka, tentu saja mereka akan kabur dan kita kehilangan peluang.

Jelas hal ini akan merugikan bagi kelangsungan bisnis jual beli kita kedepannya. Jika dibiarkan lama-kelamaan tidak akan ada lagi orang yang sudi berteman dengan kita di facebook apalagi belanja dari kita.

Untuk menghindari hal seperti ini tentu ada solusinya. Strategi promosi yang baik dan efektif tentu harus kita terapkan. Berdasarkan beberapa pengalaman dan rekomendasi, berikut ada beberapa Tips Promosi Menggunakan Facebook yang bisa kita lakukan. Cara promosi facebook tersebut yaitu:

1. Kenali teman anda, cari tahu minat dan kecenderungannya
2. Promosikan pada orang yang tepat, pada waktu yang tepat
3. Hindari menggunakan auto program
4. Hindari kegiatan spam yang menjengkelkan

Cara sederhananya begini, jika kita ingin menjual alat memancing maka tawarkanlah pada orang yang hobi memancing, jika kita ingin menjual baju maka tawarkanlah pada orang yang sangat memperhatikan penampilan dan lain sebagainya. Jangan tawarkan perangkat komputer pada seorang petani, jangan tawarkan alat tulis pada seorang nelayan. 

Bagaimana tips atau caranya agar kita bisa melakukan hal seperti itu? Kita bisa melakukan promosi tertarget dengan memanfaatkan grup atau halaman atau fanpage facebook. Kita cari grup yang sesuai dengan minat baru kita kenalkan produk yang kita jual. Sebagai contoh kita bisa menjadi grup tentang komputer untuk menjual peralatan komputer.

Kesalahan Promosi di Facebook untuk Berjualan

Hasil promosi seperti ini bagaimana? Tentu saja, hasil dari promosi tertarget seperti ini lebih menjanjikan. Asal tahu saja, sistem promosi seperti inilah yang ditawarkan google pada pelanggannya.

Sistem promo seperti itu adalah sistem promo yang tertarget dimana barang ditawarkan kepada orang yang membutuhkan. Dengan melakukan teknik promosi di atas kita telah melakukan promosi yang efektif dan efisien. 

Kesuksesan tidak akan datang dengan sendirinya, kita harus belajar terus dan berusaha maksimal agar bisnis jual beli yang kita jalankan bisa sukses. Mudah-mudahan celotehan saya mengenai Kesalahan Promosi di Facebook ini bisa bermanfaat. Terima kasih.

Kesalahan Promosi di Facebook untuk Berjualan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko