Tuesday, September 6, 2016

Cara Bisnis Online di Internet, Langkah dan Tahapan

Langkah dan Tahapan Cara Bisnis Online di Internet - Dalam kondisi dunia kerja yang semakin penuh persaingan, menjalankan bisnis online mungkin dapat menjadi pilihan. Bagi pemula hal itu tidaklah mudah karena anda harus mengetahui bagaimana cara melakukan bisnis online di internet tersebut. Namun, sulit bukan berarti tidak mungkin dilakukan apalagi jika anda memiliki modal kemauan yang kuat untuk mewujudkannya.

Untuk mewujudkan niat anda dalam mencari pendapatan baru tersebut maka yang harus anda lakukan pertama kali adalah membuat persiapan bisnis online. Lalu seperti apakah persiapan tersebut, nah itulah sebabnya kita akan belajar dan mencari tahu lebih jauh bagaimana cara mengawali bisnis online yang dapat dilakukan.

Ingat, tanpa pengetahuan dasar tersebut maka sangat mustahil untuk memulai yang anda inginkan. Ya, intinya anda sudah tahu bahwa dengan internet kita bisa mendapatkan uang dan anda ingin tahu caranya. Itulah sebabnya anda sampai disini, tenang, anda akan mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai hal itu.

Dalam memulai sebuah bisnis yang menggunakan internet seperti ini anda perlu mengetahui bagaimana sistem kerjanya. Bisnis dengan internet tentu saja berbeda dengan bisnis di dunia nyata. 

Ada yang mengatakan bisnis online ini sulit tetapi ada juga yang mengatakan sangat mudah, semua memiliki alasan masing-masing yang cukup logis. Nah, jika anda ingin memulai bisnis ini maka anda bisa melakukan langkah-langkah berikut.

1) Memilih jenis bisnis yang cocok

Bisnis online itu jenisnya ada banyak bukan hanya satu dua saja. Maka dari itu, jika anda ingin menjalankan bisnis ini anda harus memilih dan menentukan terlebih dahulu jenis bisnis yang mana yang akan anda kerjakan. Dalam memilih jenis bisnis ini tentu saja sebaiknya dipilih bisnis yang cocok, memiliki peluang yang bagus dan dapat anda jalankan dengan baik.

Apa saja jenisnya, banyak misalnya jual beli produk, jual jasa dan lain sebagainya. Sebagai contoh, satu yang sedang trend saat ini adalah jual baju online. Ini juga merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. Tentu saja, untuk menjalankan bisnis baju ini anda harus tahu bagaimana cara bisnis online baju.

Atau ada juga bisnis yang dilakukan dengan memanfaatkan sosial media khusus baik itu twitter, instagram atau bahkan facebook. Untuk bisnis dengan media sosial facebook misalnya, maka paling tidak anda harus memiliki pengatahuan tentang cara bisnis online di facebook yang sukses. Pokoknya anda bisa menentukan jenis bisnis yang anda anggap bagus, sesuai dan dapat dijalankan. Beberapa jenis bisnis yang bisa anda pilih antara lain misalnya:

a. Bisnis jual beli
b. Bisnis jasa
c. Bisnis content writer
d. Bisnis reseller
e. Bisnis pengembang aplikasi
f. Pengelola situs

Beberapa jenis di atas hanya sebagai contoh saja, anda dapat menentukan sendiri jenis bisnis apa yang ingin anda jalankan. Bisa saja misalnya anda ingin berjualan di internet maka anda memilih jenis bisnis online shop (jual beli) atau jika anda memiliki kemampuan khusus anda dapat menjual kemampuan tersebut secara online.

Apapun itu anda harus menentukan terlebih dahulu mana yang akan dijalani karena tahap atau langkah selanjutnya tergantung jenis bisnis yang anda pilih. Jadi bisnis apa yang rencananya akan anda jalankan nanti?

2) Menyiapkan sarana pendukung

Setelah anda menentukan pilihan bisnis apa yang akan dijalankan maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan sarana pendukung yang dibutuhkan. Untuk bisnis yang dijalankan online di internet maka modal sarana pendukung utamanya sudah tentu perangkat komputer atau laptop serta sambungan internet. 

Jadi, jika anda ingin menjajal bisnis ini maka pertama kali anda harus mencari komputer dan sambungan internet. Mungkin anda pernah mendengar mengenai cara bisnis online tanpa modal tapi hal itu tentu saja tidak benar. Karena, minimal jika anda ingin berbisnis di internet maka anda harus memiliki perangkat tersebut yaitu komputer dan sambungan internet.

Komputer dan sambungan internet adalah modal awal yang harus dimiliki untuk jenis bisnis online apapun. Dengan peralatan tersebut anda akan berhubungan dengan dunia maya dan menjalankan bisnis anda. 

Selain peralatan tersebut tentu saja anda juga harus menyiapkan sarana pendukung lain yang berhubungan dengan bisnis yang akan dijalankan. Untuk alat pendukung lain silahkan anda tentukan sendiri sesuai kebutuhan.

3) Menyiapkan strategi bisnis

Setelah peralatan atau sarana pendukung anda siapkan maka selanjutnya anda bisa mulai menyiapkan strategi bisnis yang akan dijalankan. Tentu saja, strategi ini akan sangat tergantung dengan bisnis yang akan anda jalankan. Sebut saja misalnya anda ingin menjalankan bisnis online shop maka anda pelajari terlebih dahulu cara bisnis online shop tersebut.

Setelah itu anda susun rencana untuk dapat menjalankan bisnis tersebut dengan baik mulai dari produk yang akan dijual, proses pengiriman, sarana pembayaran, alatnya dan sebagainya. Berbagai hal tersebut harus disusun dalam bentuk rencana bisnis yang memuat strategi yang akan diterapkan.

Strategi ini merupakan cara yang akan anda gunakan dalam menjalankan bisnis dengan sebaik-baiknya. Sebagai contoh misalnya cara pemasaran yang akan dilakukan, cara pengiriman barang, pembayaran dan seterusnya. Kalau kesulitan dengan sesuatu yang sempurna maka anda dapat memulainya dengan menyusun rencana yang sederhana sesuai kebutuhan.

4) Menyiapkan ilmunya

Jangan lupa juga untuk menyiapkan ilmunya, hal ini juga merupakan modal penting yang harus dimiliki. Anda dapat mempelajari secara detail kegiatan bisnis secara online, misalnya anda dapat mempelajari berbagai tips bisnis internet yang sudah terbukti sukses. Dengan begitu anda akan mendapatkan gambaran berbagai hal yang harus dilakukan.

Ingat, ilmu yang anda butuhkan disini bukan hanya ilmu yang berkaitan dengan dunia maya saja melainkan anda juga harus mempelajari berbagai ilmu tentang bisnis seperti di dunia nyata. Pemasaran, promosi, anda juga butuh ilmu tentang itu. Kemampuan manajerial, anda juga membutuhkannya dan banyak lagi lainnya.

Perlu anda ketahui, hal yang membedakan antara bisnis online dengan bisnis di dunia nyata adalah medianya. Di bisnis online anda menggunakan internet dan berbagai hal yang ada didalamnya sebagai sarana bisnis. 

Disana ada situs atau website, media sosial, youtube dan lain sebagainya, semua itu adalah sarana yang dapat digunakan dalam bisnis online. Dan itu artinya anda harus mempersiapkan sematang mungkin ilmu yang akan anda butuhkan untuk menjalankan bisnis ini.

5) Mulai menjalankan bisnis

Dengan berbagai tahapan di atas maka seharusnya terjawab sudah bagaimana cara bisnis oline yang dapat anda lakukan. Ya, dengan menyelesaikan tahap atau langkah di atas maka selanjutnya anda dapat mulai menjalankan bisnis. Lalu apa yang harus dilakukan?

Pertama, siapkan produk yang akan anda jual entah itu berupa barang atau jasa. Kedua, anda mulai membuat sebuah situs atau website sebagai media untuk menyampaikan apa yang akan anda jual. Situs tersebut akan berfungsi sebagai etalase bagi produk yang akan dijual. 

Kemudian ketiga, anda dapat mulai melakukan promosi. Untuk promosi anda dapat menggunakan media sosial, situs atau memanfaatkan sarana promosi online. Selanjutnya anda akan terus mengenalkan usaha anda kepada pengguna internet sebanyak mungkin sampai ada konsumen yang datang. Sampai pada tahap ini maka anda telah menjalankan usaha online anda.

Sebagai kesimpulan, cara bisnis online menggunakan internet adalah pertama menentukan jenis bisnisnya apa, menyiapkan peralatan atau sarana yang diperlukan, membangun sebuah website atau situs untuk media promosi dan terakhir melakukan promosi untuk mendapatkan penjualan. Sebagai tambahan, cara di atas dapat diterapkan untuk jenis bisnis jual beli, untuk bisnis lain yang berupa jasa maka langkah atau caranya akan sedikit berbeda.

Untuk melengkapi artikel ini pada kesempatan lain akan dibahas juga cara memulai jenis bisnis online lain yang juga bagus untuk dijalankan. Mudah-mudahan apa yang dijelaskan pada artikel ini dapat memberikan sedikit pencerahan bagi anda yang berniat membangun bisnis di dunia online. Itu saja, salam sukses!

Cara Bisnis Online di Internet, Langkah dan Tahapan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko