Thursday, December 24, 2015

Pilihan Jenis Usaha Home Industri yang Menjanjikan

Usaha Home Industri Menjanjikan - salah satu sektor usaha yang memiliki peluang masih cukup bagus adalah usaha di bidang industri rumah tangga (home industri). Usaha jenis ini cenderung lebih sederhana dan lebih mudah dijalankan jika dibanding usaha lain.

Pilihan Jenis Usaha Home Industri yang Menjanjikan
Hal ini karena skala usaha yang masih kecil dan siklus produksi yang umumnya tidak begitu rumit. Wajar jika berbagai usaha di bidang industri rumah tangga ini banyak dilirik oleh para pelaku usaha.

Uniknya jenis usaha home industri seperti ini adalah meski skala usahanya masih cukup terbatas namun pada kenyataannya usaha ini mampu juga untuk memberikan pendapatan atau penghasilan yang lumayan.

Buktinya banyak pelaku usaha rumahan seperti ini yang mampu memiliki penghasilan puluhan juta setiap bulannya hanya dengan menekuni industri rumahan tersebut.

Keberhasilan para pelaku usaha di bidang industri rumah tangga yang kecil tersebut tak luput dari kemampuan dalam memilih dan menentukan jenis usaha yang cocok dan menjanjikan untuk ditekuni.

Penentuan dan pemilihan usaha menjadi hal dasar yang perlu diperhatikan sebelum seseorang memulai usaha ini. Maka dari itu memperbanyak referensi mengenai berbagai usaha yang menjanjikan merupakan langkah bijak yang akan berdampak positif di kemudian hari.

1) Jenis jenis usaha home industri
2) Jenis usaha industri kreatif
3) Jenis usaha industri rumah tangga
4) Jenis usaha industri rumahan 
5) Macam macam usaha industri rumahan
6) Contoh jenis jenis usaha
7) Jenis jenis usaha yang menjanjikan
8) Jenis jenis badan usaha
9) Jenis jenis usaha makanan

Sebelum lebih jauh membahas mengenai berbagai jenis usaha ini ada baiknya kita ingat lagi apa pengertian home industri tersebut. Perlu kita tahu, industri adalah suatu usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan.

Usaha perakitan atau assembling dan juga reparasi adalah bagian dari industri. Hasil industri tidak hanya berupa barang, tetapi juga dalam bentuk jasa. Selanjutnya, dari definisi di atas maka kita dapat merumuskan bagaimana pengertian dari home industri itu sendiri.

Kata "home" sendiri berarti rumah, tempat tinggal, ataupun kampung halaman. Sedang Industri dapat diartikan sebagai kerajinan, usaha produk barang dan ataupun perusahaan. Singkatnya, Home Industri adalah rumah usaha produk barang atau juga perusahaan kecil.

Dikatakan sebagai perusahaan kecil karena jenis kegiatan ekonomi ini dipusatkan di rumah. Pengertian usaha kecil secara jelas tercantum dalam UU No. 9 Tahun 1995, yang menyebutkan bahwa usaha kecil adalah usaha dengan kekayaan bersih paling banyak Rp200 juta (tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha) dengan hasil penjualan tahunan paling banyak Rp1.000.000.000.

Kriteria lainnya dalam UU No 9 Tahun 1995 adalah: milik WNI, berdiri sendiri, berafiliasi langsung atau tidak langsung dengan usaha menengah atau besar dan berbentuk badan usaha perorangan, baik berbadan hukum maupun tidak. Home Industri juga dapat berarti industri rumah tangga, karena termasuk dalam kategori usaha kecil yang dikelola keluarga.(Sumber: arumdyang)

Dari melihat dan memahami definisi atau pengertian home industri di atas tentunya kita sudah memiliki gambaran usaha-usaha apa saja yang bisa masuk ke dalam kelompok usaha atau jenis usaha home industri.

Selanjutnya, setelah kita dapat dengan mudah mengenali berbagai jenis usaha tersebut kita diharapkan bisa lebih mudah dalam memilih jenis usaha home industri menjanjikan yang akan dikembangkan.

Di sekitar kita sebenarnya ada banyak sekali jenis-jenis usaha yang masuk dalam kategori ini. Ada usaha yang menghasilkan barang dan bahkan ada juga yang menghasilkan jasa.

Jika kita ingin tahu lebih jauh maka kita bisa mengadakan analisa langsung di lingkungan sekitar untuk menemukan contoh usaha industri rumahan yang sudah berdiri. Sebagai contoh, beberapa usaha yang banyak dijumpai antara lain sebagai berikut!

1) Usaha industri pembuatan keripik
2) Usaha industri pembuatan kerupuk
3) Usaha industri pembuatan tempe
4) Usaha industri bakso ikan

Usaha pembuatan keripik merupakan salah satu usaha rumahan yang banyak dan mudah sekali ditemui di berbagai lingkungan khususnya lingkungan pedesaan. Usaha yang satu ini bahkan sudah seperti ciri khas yang akan ada dimana saja.

Produk usahanya bahkan sudah cukup beragam dan tidak hanya keripik-keripik yang dulu ada. Bahkan sekarang ini sudah banyak kripik dengan aneka rasa yang cukup menarik.

Selain itu ada juga industri kerupuk yang juga menyimpan potensi yang cukup menjanjikan. Usaha industri tempe juga bisa menjadi alternatif yang dapat dipertimbangkan. Ada juga jenis yang sedikit berbeda yaitu contohnya usaha industri bakso yang menjadi penyokong usaha lain yaitu warung bakso yang bertebaran dimana-mana.

Beberapa usaha di atas hanya sebagian contoh kecil dari jenis usaha ini. Untuk lebih lengkap mengenai berbagai usaha lainnya bisa dilihat dari daftar berikut.
  1. Usaha industri bawang goreng siap pakai
  2. Usaha industri pembuatan selai pisang
  3. Usaha industri pengolahan daging asap
  4. Usaha industri pembuatan keripik jamur
  5. Usaha industri pembuatan abon jamur tiram
  6. Usaha industri pembuatan terasi
  7. Usaha industri obat anti bau badan
  8. Usaha industri bedak powder
  9. Usaha industri minyak rambut kental
  10. Usaha industri sabun mandi
  11. Usaha industri obat nyamuk
  12. Usaha industri pembuatan tepung ikan
  13. Usaha industri pembuatan kerupuk ampas tahu
  14. Usaha industri kecap ampas tahu
  15. Usaha industri bakso ikan
  16. Usaha industri sosis ikan
  17. Usaha industri kerupuk ikan dan udang
Memang, sebenarnya jika kita mau meluangkan waktu dan mengadakan analisa kita bisa menemukan banyak sekali pilihan berbagai jenis usaha industri rumah tangga menjanjikan yang bisa ditekuni.

Maka dari itu tidak ada salahnya kita meluangkan waktu sejenak untuk menelaah dan menganalisis bagaimana peluang dan prospek usaha dari berbagai usaha yang diincar. Itu saja, mudah-mudahan menjadi sumber inspirasi tambahan bagi kita semua. Salam sukses selalu!

Pilihan Jenis Usaha Home Industri yang Menjanjikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko