Tuesday, December 8, 2015

Gambara Peluang Usaha Ternak Burung Murai Batu Menjanjikan

Usaha Ternak Burung Murai Batu - usaha yang satu ini merupakan pilihan yang cukup bagus dan menjanjikan bagi yang suka memelihara binatang peliharaan khususnya burung. Usaha yang satu ini secara umum gambarannya juga cukup bagus mengingat pangsa pasarnya adalah penghobi yang bisa menghabiskan berapa saja sesuai keinginan.

Jika berbicara mengenai potensi yang dimiliki memang peluang usaha ternak burung murai batu ini cukup bagus. Namun demikian, usaha produk berdasarkan minat dan hobi seperti ini sedikit berbeda dengan usaha dengan produk lain. Perlu ada strategi khusus yang jelas dan jangkauan yang cukup luas dalam memaksimalkan hasil yang ingin dicapai. 

Sudah kita katakan bahwa prospek usaha ini lumayan namun tetap ada beberapa hal mendasar yang harus diukur terlebih dahulu untuk mengetahui lebih jelas bagaimana peluang atau prospek tersebut. Dalam hal ini untuk mendapatkan gambaran tersebut kita hendaknya memperhatikan beberapa hal di bawah ini.

1) Kebutuhan konsumen
Hal yang meski benar-benar diukur dalam menentukan gambaran peluang dari usaha peternakan burung hias ini adalah gambaran kebutuhan konsumen yang ada di masyarakat. Untuk mengetahui bagus tidaknya usaha ini kita harus mampu mengukur seberapa jauh kebutuhan yang ada.

Caranya yaitu dengan mencari informasi dan data tentang potensi penghobi burung murai tersebut. Karena usaha ini konsumennya merupakan kalangan tertentu maka gambarannya harus benar-benar jelas dan dapat dipertanggungjawabkan. Sebagai contoh hendaknya kita mencari tahu berapa banyak orang yang hobi dengan burung ini.

2) Kemampuan budidaya ternak
Yang tak kalah penting untuk diukur juga adalah kemampuan diri atau skill yang dimiliki oleh kita sebagai pelaku usaha. Kemampuan tersebut juga mempengaruhi baik tidaknya usaha ini jika dijalankan.

Contohnya jika kita tidak bisa dan buta tentang budidaya burung maka akan sangat berisiko jika kita menjalankan usaha ini. Maka dari itu jika kondisi lain memang sudah memungkinkan dan kita siap menjalankan bisnis ini maka kita harus membekali diri dengan skill yang diperlukan.

Artinya kita harus paham dan tahu persisi bagaimana cara ternak burung murai batu tersebut. Jika kita ingin sukses maka hal itu mutlak diperlukan sebagai langkah awal dalam membuka usaha ini.

3) Aspek pendukung usaha lainnya
Ketiga adalah mengenai aspek pendukung lain yang berkaitan dengan usaha ini. Misalnya mengenai pemasaran. Harus dicari tahu lebih jauh kemana produk ini akan dijual. Harus ada gambaran yang jelas bagaimana kelak penyerapan konsumen dengan produk burung murai yang dihasilkan.

Semakin banyak aspek pendukung yang dimiliki maka semakin bagus peluang usaha ternak burung murai batu tersebut. Itu berarti jika pendukungnya tidak memadai usaha ini akan menjadi usaha yang kurang tepat.

Demikianlah sedikit gambaran bagaimana prospek ke depan dari usaha ini. Jika ingin memilih usaha ini pastikan mengadakan analisa yang matang sebelum mengambil kesimpulan.

Ingat perencanaan yang matang akan mempengaruhi jalannya usaha di kemudian hari. Itu saja, jangan lupa baca juga beberapa informasi lain dibagian bawah untuk melengkapi analisa yang anda lakukan.

Gambara Peluang Usaha Ternak Burung Murai Batu Menjanjikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma