Friday, December 25, 2015

Analisis Peluang Usaha Budidaya Bawang Merah

Peluang Usaha Budidaya Bawang Merah Untung Besar - Bawang merah adalah salah satu bumbu rempah yang digunakan sebagai bumbu masakan. Di Indonesia sendiri penggunaan bawang merah sebagai bumbu dapur sudah tidak bisa dipisahkan lagi karena kultur dan budaya masakannya memang demikian.

Analisis Peluang Usaha Budidaya Bawang Merah

Setiap hari, setiap bulan bahkan setiap tahun penggunaan dan kebutuhan bumbu rempah tersebut tidak pernah surut. Umbi tanaman bawang merah ini sudah menjadi bumbu wajib bagi setiap masakan yang akan dihidangkan baik masakan sehari-hari maupun masakan untuk acara tertentu.

Karenanya, di masyarakat permintaan bawang merah tersebut selalu ada sepanjang tahun. Inilah yang mendasari prospek bertani bawang merah cukup menggiurkan untuk di jalani. Peluang usaha bawang merah ini cukup bagus jika ditekuni dengan baik.

Memang, secara umum usaha budidaya yang satu ini memiliki prospek yang bagus, namun begitu untuk bisa sukses menjalankan usaha pertanian ini tidaklah mudah. Hal ini mengingat usaha semacam ini membutuhkan ketekunan dan keahlian tersendiri serta kesabaran yang tinggi. Bawang merah bisa menjadi produk tanaman yang benar-benar menjanjikan jika dikelola dengan baik.

1) Tips budidaya bawang merah
2) Analisis usaha budidaya bawang merah
3) Budidaya bawang merah dalam polybag
4) Budidaya bawang merah pdf
5) Budidaya bawang merah brebes
6) Budidaya bawang merah organik
7) Budidaya bawang merah musim hujan
8) Budidaya bawang merah di lahan gambut
9) Analisa usaha budidaya bawang merah 

Meski secara umum usaha ini bagus namun sebelum dijalankan usaha ini juga tetap harus di analisis terlebih dahulu. Analisis atau analisa tersebut bertujuan untuk melihat lebih jauh mengenai berbagai aspek penting yang berhubungan dengan usaha tersebut. Analisa juga dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai keadaan pasar yang akan kita masuki.

Dalam hal ini ada berbagai aspek penting yang harus kita pelajari lebih jauh untuk menentukan besar kecilnya peluang yang dimiliki. Aspek penentu peluang usaha bawang merah tersebut antara lain sebagai berikut!

1) Kemampuan dan keahlian
2) Kondisi lahan
3) Transportasi dan pemasaran
4) Persaingan dan hambatan

Berniat menjalani usaha ini maka pertama harus dipastikan dulu bahwa kita memiliki kemampuan dan keahlian yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha tersebut. Maka penting untuk memahami dan mengerti bagaimana cara menanam bawang merah yang benar dan baik sehingga bisa menghasilkan panen yang berlimpah.

Untuk itu kita bisa mulai belajar dari buku, belajar dari yang berpengalaman atau menggali informasi lain tentang berbagai tips tentang cara budidaya bawang merah yang dibutuhkan.

Jika berminat dengan usaha ini maka kita akan bergelut dengan tanaman dan itu artinya kita akan berhadapan langsung dengan lahan tanam yang akan digarap. Bagus dan tidaknya usaha ini tentu akan dipengaruhi juga oleh kondisi lahan tanam yang akan digunakan.

Perlu kita ingat bahwa tanaman bawang merah seperti juga tanaman lain memiliki kebutuhan lahan khusus yang sesuai dengan syarat tumbuhnya. Hal - hal yang berkaitan dengan lahan tersebut mulai dari iklim, kondisi cuaca, kesuburan tanah, pH tanah dan lain sebagainya.

Sebelum menjalankan usaha ini hendaknya diperhatikan juga masalah transportasi dan pemasaran. Apakah sarana transportasi di sekitar usaha tersebut cukup bagus?

Apakah siklus pemasaran bisa berjalan dengan baik disana? Selain itu persaingan dan hambatan usaha juga perlu dipelajari dengan baik agar bisa mengukur tingkat resiko yang akan dihadapi ke depan.

Berbagai aspek tersebut akan ikut menentukan bagaimana potensi usaha ini jika dijalankan. Jadi meski secara umum usaha ini bagus namun jika dijalankan tentu potensi atau peluangnya akan berbeda-beda tergantung pada siapa yang menjalankan dan bagaimana kondisi yang ada.

Maka dari itu sangat penting untuk mempersiapkan diri dengan baik dan menyusun perencanaan yang matang sebelum memulai usaha tersebut.

Dengan memperhatikan faktor yang mempengaruhi usaha bawang merah dan Analisis Peluang Usaha Budidaya Bawang Merah tersebut maka kita bisa memperbesar peluang yang dimiliki.

Lebih jauh kita juga dapat mengurangi tingkat resiko yang bisa dialami jika menjalankan usaha bawang merah ke dapan. Itu saja, semoga bisa menjadi sumber inspirasi kita semua.

Analisis Peluang Usaha Budidaya Bawang Merah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko