Saturday, May 9, 2015

Contoh Ide Bisnis Bidang Home Industri yang Menjanjikan

Ide Bisnis Home Industri yang Menjanjikan - Kita tahu bahwa peluang usaha industri rumah tangga masih bisa diandalkan maka dari itu usaha di bidang ini juga masih layak di perhitungkan sebagai alternatif dalam meningkatkan pendapatan sesuai harapan.

Foto: Ilustrasi Home Industri/Gapey Sandy
Sebenarnya banyak bidang industri rumah tangga yang memiliki prospek bagus namun karena berbagai kendala dan hambatan banyak pelaku usaha home industri ini gagal dalam mengembangkan bisnis tersebut ke arah yang lebih baik. 

Kendala umum yang dihadapi kalangan bisnis home industri adalah pada skala usaha yang tergolong kecil dan banyak kelemahan, salah satunya yang sangat terasa adalah di bidang pendanaan atau modal.

Bagi kita yang memiliki keleluasaan dalam hal modal dan memiliki keterampilan yang dibutuhkan maka jenis usaha ini bisa kita manfaatkan sebagai tangga menjadi seorang pengusaha yang sukses. Bukan mustahil, meski banyak yang mengalami kesulitan namun dengan tekad, semangat dan kerja keras serta terus belajar maka kita juga memiliki peluang yang sama untuk sukses.

Dalam memulai jenis usaha ini maka kita membutuhkan beberapa Ide Bisnis Home Industri yang Menjanjikan yang tentunya dapat diandalkan untuk dasar dalam mendirikan sebuah usaha baru yang akan memberikan tambahan penghasilan.

Untuk ide tersebut tentu kita sendiri yang bisa menentukan dan berhak memilih apapun yang dianggap baik. Dengan ide bisnis tersebut nantinya kita dapat melakukan analisa terhadap peluang atau prospek yang dimiliki, mempelajari berbagai faktor usaha yang berkaitan serta merumuskan perencanaan usaha yang matang dan menyeluruh. 

Sebelum mencari ide-ide yang bagus ada baiknya kita juga mengukur dan mengetahui lebih dalam mengenai kemampuan dan keahlian yang kita miliki sebagai pelaku usaha. Kita bisa memulai dengan mencari tahu apa yang bisa kita lakukan dengan baik untuk kemudian mencari referensi ide-ide bisnis yang bisa dijalankan dengan keahlian yang kita miliki tersebut.

Diantara ide bisnis yang kita butuhkan tentu kita bisa secara independen memilih sendiri berbagai ide yang sesuai. Sebagai contoh kita bisa menyeleksi beberapa ide seperti:

a) Ide bisnis kreatif
b) Ide bisnis modal kecil
c) Ide bisnis gila
d) Ide bisnis rumahan
e) Ide bisnis unik
f) Ide bisnis sampingan
g) Ide bisnis online
h) Pengertian ide bisnis

Dari berbagai pembatasan mengenai ide-ide yang akan kita cari maka kita kemudian dapat mengerucutkan berbagai kategori yang ada untuk menemukan secara spesifik ide yang akan digunakan sebagai bisnis home industri baru yang menjanjikan.

A. Tips Memilih Ide Bisnis Home Industri

Dalam mencari berbagai ide tersebut kita bisa mendapatkan gambaran dari melihat langsung ke lapangan, mencari sumber-sumber inspirasi dari buku, majalah atau surat kabar atau bahkan kita bisa juga mencari ide-ide krearif dari berbagai bisnis yang sedang berkembang bagus.

Untuk tambahan pertimbangan dalam mencari dan menentukan ide yang tepat berikut ada beberapa tips yang bisa kita terapkan. Tips memilih ide bisnis home industri tersebut yaitu sebagai berikut:
  1. Pilih ide bisnis yang sesuai dengan kemampuan dan keahlian
  2. Pilih ide bisnis yang potensinya paling baik
  3. Pilih ide bisnis yang berbagai aspek usahanya dapat dipenuhi dengan baik
  4. Pilih ide yang produknya bisa diterima dalam jangka waktu paling lama
  5. Pilih ide bisnis yang kreatif, inovatif dan memiliki nilai guna yang tinggi
Dengan memilih bisnis yang sesuai dengan kemampuan maka akan ada jaminan yang lebih tinggi terhadap berjalannya seluruh proses usaha yang akan didirikan. Memilih bisnis yang sesuai dengan kemampuan dan keahlian kita bisa memaksimalkan kinerja kita,

misalnya proses produksi akan berjalan lebih lancar karena kita memiliki kemampuan dan keahlian yang cukup untuk melaksanakannya. Selain itu dengan berbekal kemampuan dan keahlian tersebut kita tentunya akan lebih mampu mengurangi resiko-resiko usaha yang bisa dihadapi.

Bisnis yang kita pilih sebaiknya juga harus memiliki potensi yang baik, dalam hal ini peluang untuk suksesnya besar. Memilih ide bisnis dengan prospek baik ini tentu akan membutuhkan analisa dan penelitian terhadap berbagai aspek bisnis yang ada.

Untuk mendapatkan ide bisnis yang berpotensi tersebut kita bisa menggali peluang bisnis tersebut dari berbagai faktor baru setelah itu menentukan pilihan. Pastikan juga bahwa ide bisnis yang kita pilih tersebut seluruh aspek usaha yang ada bisa kita penuhi dengan baik mulai dari bahan baku, proses produksi, pemasaran, pengembangan dan lain sebagainya.

Ingat, proses tersebut adalah satu rangkaian atau satu kesatuan, jika ada satu komponen yang tidak bekerja atau berjalan dengan baik maka hasil akhir dari bisnis atau usaha yang dijalankan juga akan terpengaruh.

Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan ide bisnis dengan produk yang bisa diterima konsumen dalam jangka waktu yang paling lama. Selain itu pertimbangkan juga untuk memilih ide-ide yang kreatif, inovatif dan memiliki nilai guna maksimal terhadap seluruh konsumen yang ada.

B. Contoh Ide Bisnis Home Industri Menjanjikan

Meski hanya memilih dan menentukan bisnis apa yang akan dijalankan namun proses ini juga memiliki peran yang sangat penting dan tentunya sangat berpengaruh terhadap keberhasilan yang akan dicapai.

Jika kita memilih ide yang asal-asalan tanpa dasar yang kuat maka bisnis tersebut akan memiliki peluang gagal yang lebih besar. Perlu kita ingat bahwa ide ini akan menjadi dasar atas kesuksesan yang ingin kita capai.

Mengingat pentingnya proses pemilihan ide ini terkadang banyak pelaku atau calon pelaku usaha yang terjebak dalam proses ini. Banyak dari kita yang pada akhirnya hanya mampu menampung ide-ide yang tidak dapat dikerucutkan menjadi satu ide bisnis yang dapat dijalankan.

Maka dari itu penting agar proses pemilihan ide ini dapat berjalan dengan baik dalam waktu yang tidak terlalu lama. Sebagai tambahan dan referensi serta bahan pertimbangan berikut ada beberapa contoh ide bisnis yang bisa kita kaji lebih jauh. Contoh ide bisnis home industri tersebut antara lain sebagai berikut!

1) Bisnis industri tahu
2) Industri konveksi
3) Industri kerajinan tangan
4) Industri makanan ringan
5) Industri pengolahan jamur
6) Bisnis industri pengolahan tempe

Untuk melengkapi pembahasan mengenai ide bisnis home industri yang cukup bagus dan menjanjikan ini sebaiknya kita juga membaca artikel sebelumnya mengenai peluang dari bisnis industri rumah tangga ini.

Jangan lupa, beberapa informasi lain juga penting untuk kita pelajari misalnya cara pemasaran bisnis home industri, tips sukses home industri dan lain sebagainya. Sementara itu saja dulu, semoga bermanfaat!

Contoh Ide Bisnis Bidang Home Industri yang Menjanjikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko