Monday, May 11, 2015

Peluang Usaha Industri Kerajinan Tangan dan Contohnya

Peluang Usaha Industri Kerajinan Tangan dan Contohnya - Jenis produk kerajinan tangan memiliki pangsa pasar sendiri dan hanya pada orang atau masyarakat tertentu saja. Ini membuat tidak semua industri kerajinan memiliki peluang bagus dan layak untuk dijalankan.

Meski begitu untuk beberapa produk yang bisa benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan minat masyarakat, industri kerajinan tangan bisa menjadi suatu usaha yang dapat memberikan kesuksesan.

Sebagai bekal awal dalam mempelajari peluang yang ada untuk jenis usaha untung besar ini maka pada kesempatan ini kita akan gali lebih dalam mengenai peluang usaha industri kerajinan tangan tersebut. Akan coba kita cari tahu apakah masih ada potensi-potensi yang bisa digali dari jenis usaha yang satu ini.

Dilihat dari jenis produk yang dihasilkan, industri kerajinan tangan memiliki begitu banyak variasi produk yang bisa di pilih. Masing-masing produk memiliki pasar tersendiri yang jika dikombinasikan dengan berbagai kerajinan lainnya bisa menghasilkan sebuah ide bisnis atau ide usaha yang cukup menarik.

Bagaimana tidak, coba kita lihat, misalnya saja kita memiliki usaha yang bergerak di bidang ini dengan beberapa variasi produk tentu akan memberikan hasil yang lebih lumayan. Jenis produknya banyak dan sangat beragam jadi kita bisa memilih kerajinan apa yang memiliki minat paling banyak.

Sebelum lebih jauh tentu pertama sekali kita harus memastikan bahwa produk yang akan kita hasilkan tersebut benar-benar memiliki peluang atau prospek cukup bagus, aman dijalankan dan memiliki potensi keuntungan yang besar. Maka dari itu kita perlu mengadakan analisa sendiri untuk mengukur tingkat peluang yang ada pada sebuah produk kerajinan yang ingin dipilih.

1) Analisa Peluang Usaha Industri Kerajinan Tangan

Tidak sedikit kerajinan tangan yang memiliki posisi bagus di mata para penggunanya. Sebut saja kerajinan tangan yang berupa pernak-pernik kecantikan yang selalu saja memiliki tempat istimewa di hati para remaja putri dan kaum ibu.

Ini memberikan bukti bahwa masih ada potensi yang bisa kita gali dari jenis usaha industri rumah tangga ini. Untuk mendapatkan gambaran yang lebih detail mengenai potensi yang ada maka kita harus mencari tahu lebih jauh mengenai konsumen untuk produk yang akan dihasilkan.

Kalau di lihat dari sisi konsumen-nya, kerajinan tangan ini memiliki konsumen luas meski tidak menyeluruh. Contohnya, produk pernak pernik kecantikan tentu hanya untuk kaum wanita saja. Tapi tentu hal ini bukan merupakan sebuah alasan bahwa usaha ini tidak bagus. Dari satu jenis konsumen saja jika peminatnya banyak tetap bisa menampung produk-produk yang akan dihasilkan.

Dapat di katakan bahwa secara umum peluang industri kerajinan tangan ini bagus tapi tentunya semua itu akan sangat tergantung pada produk yang dihasilkan dan target konsumen yang dipilih. Dikatakan bagus juga dikarenakan umumnya usaha industri ini memiliki selisih harga produksi dan harga jual yang cukup besar mengingat produk ini merupakan hasil karya seni yang lebih dinilai dari sisi estetikanya.

Coba kita tenggok dari kerajinan barang bekas, produk kerajinan barang bekas juga memiliki pangsa pasar yang cukup luas. Selain itu, bahan baku yang berasal dari barang bekas tentu saja menyebabkan modal yang dibutuhkan untuk usaha ini cenderung lebih sedikit jika dibanding dengan usaha lain. Namun demikian, untuk dapat memastikan tingkat peluang yang ada sebaiknya kita lihat beberapa faktor usaha berikut!

1. Minat dan daya beli masyarakat
2. Lokasi yang dipilih
3. Kondisi persaingan

Setidaknya kita harus menganalisa berbagai faktor usaha yang akan menentukan peluang sukses dari usaha kerajinan tersebut. Dengan melakukan analisa sendiri maka kita dapat menyimpulkan secara pasti tingkat peluang yang dimiliki usaha yang akan kita dirikan. Sebagai pelengkap kita juga bisa mencari informasi-informasi lain yang berkaitan antara lain seperti di bawah ini.

Peluang usaha kerajinan tangan dari kain flanel
Peluang usaha kerajinan tangan 2013
Peluang usaha produk kerajinan
Peluang usaha kerajinan dari bahan lunak
Peluang usaha kerajinan tekstil
Peluang usaha kerajinan benda lunak
Peluang usaha kerajinan kayu
Peluang usaha kerajinan kulit

Penting bagi kita untuk menyimpulkan sendiri peluang usaha industri ini berdasarkan data-data atau informasi yang akurat yang kita dapatkan langsung di lapangan. Dengan begitu hasil kesimpulan kita akan lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan kesimpulan dari data yang tidak jelas.

Disini hanya bisa disimpulkan bahwa jenis usaha ini masih memiliki peluang yang cukup bagus namun kita tetap harus meneliti berbagai faktor yang sesuai dengan jenis kerajinan yang akan di buat.

2) Contoh Ide Usaha Industri Kerajinan Tangan

Karena secara umum dikatakan bahwa usaha ini masih bagus maka selanjutnya yang kita butuhkan adalah mencari ide-ide kreatif dari berbagai produk kerajinan yang bisa kita usahakan. Berikut, sebagai gambaran dan bahan pertimbangan kita semua sudah disiapkan beberapa contoh ide usaha yang berhubungan dengan industri kerajinan tangan yang umumnya memiliki peluang bagus.


Dari beberapa contoh berikut kita bisa menggali lebih dalam untuk mendapatkan ide-ide yang lebih spektakuler dan menjanjikan. Kita bisa juga mengadaptasi contoh yang ada menjadi sebuah terobosan baru yang mungkin bisa lebih baik dan dapat diterima luas di kalangan masyarakat pecinta kerjainan tangan. Beberapa contoh usaha kerajinan tangan antara lain sebagai berikut!

Perhiasan dan Aksesoris Wanita
Usaha kerajinan ini menitik beratkan pada produk kereajinan yang dapat digunakan sebagai perhiasan dan aksesoris wanita. Usaha ini tentu membidik pasar yang lebih spesifik yaitu kaum wanita. Peluang dari usaha dengan produk perhiasan dan aksesoris masih cukup bagus mengingat dunia mode kini semakin menjadi perhatian serius bagi kaum wanita.

Produk Rajutan atau Sulam
Hasil produk rajutan dan sulaman juga mampu memikat banyak pelanggan. Hasil produknya bisa berupa pakaian sampai aksesori pakaian lainnya. Banyak yang bisa dikembangkan misalnya saja topi, sarung tangan, pakaian dingin dan lain sebagainya.

Dekorasi rumah
Dekorasi rumah ini dapat berbentuk typografi frame, stiker dinding, rak gantung tanaman, bantal sofa, bed cover, dan lain sebagainya. Disini banyak jenis dekorasi yang bisa kita produksi mulai dari jenis produk yang kecil sampai produk yang cukup besar.

Pernik Dapur
Kerajinan pernak-pernik dapur adalah salah satu kerajinan yang digemari wanita dan ibu-ibu. Pasar untuk produk kerajinan ini cukup tinggi. Terlebih lagi kebanyakan wanita menyukai desain yang unik, karena desain tersebut berbeda dari desain yang ada di pasaran.

Usaha ini sangat cocok bagi kamu yang gemar menggambar atau pandai mendesain. Karena kamu dapat membeli cangkir putih polos kemudian menggambarnya sesuai dengan desain yang kamu inginkan.

Peluang Usaha Industri Kerajinan Tangan

Dari beberapa contoh produk di atas tentu saja kita bisa mendapatkan inspirasi usaha kerajinan apa yang sebaiknya kita buat. Meski pembahasan ini hanya secara umum namun semoga bisa menambah bahan referensi kita semua. Setelah mempelajari mengenai usaha industri kerajinan tangan ini jangan lupa juga untuk melihat juga beberapa artikel lain yang berhubungan dengan dunia industri kerajinan. Itu saja, semoga bermanfaat!

Peluang Usaha Industri Kerajinan Tangan dan Contohnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko