Sunday, May 10, 2015

Peluang dan Contoh Bisnis Industri Makanan Ringan Menjanjikan

Peluang dan Contoh Bisnis Industri Makanan Ringan Menjanjikan - Ide bisnis bisa datang kapan saja, dimana saja dan tentang apa saja tak terkecuali dengan industri makanan ringan. Pengolahan makanan ringan bisa menjadi ide bisnis yang cukup menjanjikan mengingat makanan merupakan kebutuhan pokok yang permintaannya akan selalu ada.

Situs peluang sukses usaha akan membahas mengenai bisnis makanan ringan tersebut supaya kita yang sedang mencari ide bisa mendapatkan tambahan referensi dan pertimbangan ide yang mungkin saja cocok. Akan kita bahas mengenai prospek bisnis ini berikut beberapa informasi lain yang relevan.

Meski di tempat yang sangat sempit sekalipun pasti selalu ada celah untuk yang namanya makanan ringan. Tua muda, miskin kaya, laki-laki perempuan tidak ada satupun yang benar-benar bisa mengelak dari jenis kebutuhan yang satu ini.

Minat dan permintaan pasar terhadap berbagai produk makanan ringan ini cenderung stabil dari waktu ke waktu, maka dari itu bisnis makanan ringan ini masih cukup menjanjikan apalagi di bidang pembuatan atau di bidang industri. Sebut saja keripik, permintaan di masyarakat dari waktu ke waktu relatif stabil dan selalu saja ada kesempatan atau keadaan yang mendukung penggunaan makanan ini.

Masih ada banyak lagi jenis makanan ringan lain yang umumnya sangat di gemari oleh masyarakat dan hal itu tentu memberikan celah peluang tersendiri bagi kita pelaku bisnis. Lalu apakah sebenarnya peluang bisnis ini masih cukup bagus? Secara umum jawabannya adalah iya bahwa bisnis ini peluangnya bagus.

Namun demikian tentu hal itu juga akan tergantung pada banyak faktor lain. Bisa saja meski secara umum peluangnya bagus namun di daerah tertentu bisnis makanan ringan ini peluangnya kurang menjanjikan. Untuk gambaran awal mengenai hal ini mungkin kita juga bisa menelusuri beberapa informasi lain yaitu:
  1. Industri makanan ringan rumahan
  2. Home industri makanan ringan
  3. Home industri makanan ringan di tangerang
  4. Home industri makanan ringan di sidoarjo
  5. Bisnis makanan ringan unik
  6. Bisnis makanan ringan kriuk
  7. Bisnis makanan ringan online
  8. Bisnis makanan ringan 2015

Dari pada kita hanya mondari mandir bingung mencari berbagai informasi di atas tak ada salahnya jika memang kita sedang mencari ide bisnis home industri kita mencoba mempelajari bagaimana peluang bisnis makanan ini. Akan ada dua hal penting yang akan kita ulas, pertama mengenai prospek dari industri ini dan yang kedua mengenai contoh ide bisnisnya sekaligus.

1) Analisa Peluang Bisnis Industri Makanan Ringan

Di awal sekali telah disampaikan bahwa industri makanan ringan memiliki peluang yang cukup bagus secara umum. Itu berarti secara umum bidang ini masih kita masuki sebagai bidang baru yang berpotensi. Tapi, apakah kita hanya akan berpatokan pada gambaran umum tersebut saja, tentu tidak. Sebelum memulai industri rumah tangga ini kita bisa mencari tahu lebih rinci seberapa besar peluang sukses yang dimiliki oleh bisnis ini.

Apa yang bisa kita lakukan untuk mengetahui besar peluang yang ada? Ada beberapa analisa yang bisa kita lakukan untuk mengetahui informasi penting tersebut. Analisa tersebut harus kita lakukan sendiri berdasarkan berbagai komponen yang berkaitan. Kenapa harus kita sendiri yang melakukan analisa? Tentu saja, karena kita yang akan menjalankan maka kita sendirilah yang harus menyimpulkan baik tidaknya bisnis yang akan dibangun tersebut.

Ini juga berkaitan dengan kondisi yang ada pada diri kita, misalnya dari lokasi usaha yang di pilih, pasar yang dibidik, kemampuan yang ada dan lain sebagainya. Maka dari itu penting bagi kita untuk menyimpulkan sendiri bagus tidaknya bisnis ini berdasarkan fakta yang ada dan sesuai tersebut. Dalam menentukan bagus tidaknya bisnis ini maka kita bisa melakukan kajian terhadap beberapa hal yaitu:

1. Target market (konsumen yang dibidik)
2. Modal yang dimiliki
3. Keadaan pasar dan persaingan
4. Keahlian dan kemampuan pendukung
5. Hambatan dan kendala

Konsumen yang dibidik akan ikut menentukan arah potensi yang dimiliki, misalnya semakin luar konsumen yang ditargetkan maka akan semakin besar potensi yang bisa dimanfaatkan. Sebagai contoh kita akan menjual produk industri makanan ini ke berbagai daerah di satu pulau tertentu maka peluang konsumen yang akan didapat tentu akan lebih besar dari pada ketika kita menargetkan konsumen yang hanya berasal dari lingkungan sekitar.


Modal juga akan mempengaruhi tingkat kesuksesan sebuah bisnis. Meski modal tak kan menjamin kesuksesan namun tidak adanya modal yang cukup tentu akan menghambat perkembangan bisnis yang kita kelola.

Maka dari itu kita wajib juga memperhitungkan dan menganalisa masalah permodalan ini. Kita harus tahu berapa besar modal yang dibutuhkan, berapa modal yang mampu kita siapkan dan sebagainya.

Keadaan pasar yang ketat dan penuh persaingan akan mempengaruhi juga perkembangan bisnis ini. Jika terdapat persaingan yang ketat maka kita tentunya harus bekerja lebih keras untuk mencari pelanggan.

Hal ini tentu bukan hanya berdampak pada waktu, tenaga tetapi juga pada pendanaan dan lain sebagainya. Selain itu kemampuan dan keahlian yang kita miliki juga akan mempengaruhi tingkat keberhasilan bisnis yang kita jalankan.

Artinya sama saja bahwa kemampuan dan keahlian tersebut mempengaruhi besar kecilnya peluang sukses dari bisnis yang akan kita bangun. Masalah hambatan dan kesulitan juga tidak boleh diabaikan.

Kita setidaknya harus mengetahui kemungkinan hambatan dan kesulitan apa saja yang bisa kita hadapi ke depan. Ini penting untuk menyiapkan strategi pencegahan dan penanganan. Jadi kesimpulannya peluang bisnis ini juga akan dipengaruhi beberapa faktor tersebut sehingga untuk mengetahui besar kecilnya peluang maka kita harus menganalisa berbagai faktor tersebut.

2) Contoh Ide Bisnis Industri Makanan Ringan

Terkadang kita sulit sekali untuk mencari ide - ide yang dibutuhkan dalam membuka sebuah bisnis baru. Kadang kita sampai harus bertanya kemari dan mesti mendengarkan cerita banyak orang. Memang, untuk mendapatkan ide ini tidak gampang, kita harus menyusuri berbagai referensi terlebih dahulu sambil terus berfikir ide apa yang cocok.

Kalau hasil analisa dan kajian kita berujung pada kesimpulan bahwa bisnis industri makanan ringan ini layak untuk dijalankan maka selanjutnya kita harus tahu produk apa yang akan diproduksi. Meski ada banyak sekali yang bisa kita pilih namun kita tetap harus mempelajari nya juga. Nah, berikut ini ada beberapa contoh ide bisnis khusus untuk industri makanan ringan yang bisa dikerjakan di rumah. Beberapa contoh tersebut yaitu:
  1. Kue kacang
  2. Kue kastengel
  3. Kue nastar
  4. Aneka keripik
  5. Kue sistik
  6. Aneka kacang goreng
  7. Aneka kerupuk
  8. Industri kerupuk kemplang
Bisnis Industri Makanan Ringan
Foto: Ilustari/antara/septianda perdana

Di atas hanya untuk contoh saja beberapa produk yang bisa kita jadikan industri makanan ringan. Sekarang tinggal bagaimana kita dalam mencari informasi dan menyimpulkan sendiri bagaimana prospek bisnis yang akan di jalankan. Mudah-mudahan dengan adanya pembahasan mengenai bisnis industri makanan ringan ini kita bisa mendapatkan tambahan referensi dan motivasi untuk terus maju dan berkembang. Itu saja, semoga bermanfaat!

Peluang dan Contoh Bisnis Industri Makanan Ringan Menjanjikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko