Saturday, May 16, 2015

Analisa Peluang Usaha Toko Klontong Untung Besar

Peluang Usaha Toko Klontong - Usaha warung atau toko kelontong merupakan salah satu usaha yang cocok didirikan di desa dimana jumlah toko modern masih jarang. Peluang usaha ini cukup menjanjikan karena bisa menyediakan berbagai kebutuhan hidup sehari-hari mulai dari bahan kebutuhan pokok sampai kebutuhan lain.

Usaha ini bisa memiliki sirkulasi perputaran uang yang lumayan besar yang berarti juga laba yang cukup besar bisa diperoleh. Apakah anda berminat membuka usaha ini? Jika benar sebaiknya kita analisis terlebih dahulu besar kecilnya peluang yang ada.

Bagus tidaknya peluang usaha toko klontongan ini akan sangat tergantung pada daerah yang dipilih, maka dari itu sebelum membuka usaha ini kita harus mengadakan survei dan analisa terlebih dahulu di lingkungan lokasi yang dipilih.

Dengan begitu kita dapat mengetahui lebih rinci mengenai besar kecilnya peluang yang dimiliki. Sebagai catatan saja, jika peluangnya kurang dari 50% keberhasilan maka sebaiknya kita cari alternatif usaha lain namun jika peluang suksesnya lebih dari itu maka kita bisa mempertimbangkannya kembali.

Kalau harus mengukur tingkat peluang yang ada lalu apa yang seharusnya kita lakukan? Ya tentu saja yang harus kita lakukan adalah mengumpulkan informasi dan melakukan analisa terhadap informasi yang ada tersebut.

Informasi yang harus kita analisa adalah semua informasi yang mempengaruhi kesuksesan usaha ini ke depan. Jadi semua aspek usaha yang berpengaruh terhadap kesuksesan usaha tersebut harus dianalisa dengan baik.

Repot, sudah, perlu waktu, ya memang begitu dalam mempersiapkan diri untuk memilih sebuah ide usaha yang akan dijalankan. Jika tidak melakukan analisa usaha maka kita akan berjalan tanpa arah dan pondasari yang kokoh maka seberat dan sesuah apapun,

analisis usaha tetap harus kita lakukan. Ini karena hasil analisis nantinya akan kita jadikan dasar untuk menentukan perencanaan usaha yang akan dijalankan. Dengan begitu usaha yang akan didirikan akan memiliki peluang yang lebih baik. Lalu apa saja yang harus dianalisa?

Dalam analisa peluang ini ada beberapa aspek utama yang harus kita analisa yaitu mengenai pasar atau konsumen, modal dan juga lokasi. Penjelasan ringkas mengenai analisa masing-masing aspek tersebut sebagai berikut.

1) Analisa pasar atau konsumen

Untuk mendapatkan gambaran mengenai peluang usaha toko klontong tersebut kita harus menganalisa mengenai pasar atau konsumen yang ada. Disini kita akan menggali informasi sebanyak mungkin mengenai konsumen, mulai dari kemungkinan jumlah konsumen, kebutuhan konsumen, kemampuan konsumen, kebiasaan konsumen dan lain sebagainya.

Dengan berbagai informasi yang kita dapat langsung dari lapangan kita harus bisa menarik kesimpulan apakah pasar atau konsumen yang ada di lingkungan tersebut cukup memadai bagi usaha yang akan dijalankan.

Semakin memadai konsumen atau pasar tersebut maka indikasi nya adalah peluang usahanya akan semakin baik. Begitu pun sebaliknya, kalau masyarakat atau pasarnya tidak mendukung maka usaha ini menjadi kurang memiliki peluang.

Yang juga penting untuk kita ketahui selain hal di atas adalah mengenai batas kemampuan atau daya beli masyarakat terhadap produk-produk yang akan kita jual. Sebaiknya kita mencari tahu hal tersebut akan bisa menentukan produk seperti apa yang cocok untuk masyarakat sekitar.

2) Analisa modal dan keuangan
Usaha jual beli atau toko klontong atau warung ini merupakan jenis usaha yang membutuhkan modal lumayan besar. Maka dari itu sebelum membuat keputusan untuk menjalankan usaha ini sebaiknya kita analisa juga mengenai permodalan dan keuangan usahanya.

Kita bisa mencari informasi kisaran jumlah modal yang dibutuhkan  untuk toko klontong berdasarkan harga pasar terbaru. Dengan begitu kita bisa mengukur kemampuan kita dalam menyediakan modal yang dibutuhkan.

Selain itu kita juga sebaiknya melakukan analisa aliran keuangan yang ada pada usaha ini mulai dari gambaran mengenai biaya operasional, pengeluaran, pendapatan, laba rugi dan lain sebagainya.

Dengan analisa yang lebih mendalam kita bisa memiliki gambaran perkembangan usaha tersebut. Misalnya kita bisa memiliki gambaran mengenai kapan modal akan kembali, berapa perkiraan keuntungan yang bisa di dapat dan sebagainya.

3) Analisa tempat atau lokasi usaha
Tempat sangat menentukan peluang yang bisa dimiliki sebuah usaha. Untuk yang satu ini tidak bisa ditawar-tawar, kita harus menyiapkan lokasi atau tempat yang strategis dan dapat mendukung semua aspek usaha yang akan dijalankan.

Lokasi atau tempat usaha harus memiliki kemudahan akses terhadap semua kebutuhan, lokasi atau tempat usaha harus memiliki masyarakat produktif sebagai konsumen, harus memiliki sarana dan prasarana yang dibutuhkan dan seterusnya.

Usaha Toko Klontong
Foto: Ilustrasi/toko kelontongan
Banyak usaha yang gagal karena lokasi yang salah, misalnya susah dijangkau, jauh tidak strategis dan sebagainya. Oleh karena itu kita juga perlu belajar tips sukses usaha toko klontong. Perlu kita ingat, modal yang banyak saja tidak cukup untuk menggapai kesuksesan, lokasi juga harus diperhatikan, aspek lainnya juga harus dipertimbangkan.

Sekarang, dengan melakukan analisa di atas dan beberapa aspek lain yang dibutuhkan maka kita dapat membaca lebih jelas mengenai peluang usaha toko klontong yang akan kita dirikan. Dengan begitu kita bisa merumuskan perencanaan

dan bisa segera mengimplementasikannya menjadi sebuah usaha yang siap bersaing dan menjanjikan sebuah kesuksesan pada kita. Itu saja dulu, lain waktu akan kita bahas lagi hal lain yang berkaitan dengan usaha ini. Itu saja, semoga bermanfaat!

Analisa Peluang Usaha Toko Klontong Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko