Sunday, May 3, 2015

Analisa Peluang Usaha Budidaya Lada yang Menjanjikan

Analisa Peluang Usaha Budidaya Lada yang Menjanjikan - Ada banyak ide bisnis atau usaha yang sebenarnya memiliki peluang dan prospek yang cukup bagus bahkan bisa dikatakan cukup gemilang. Masalahnya hanya tinggal bagaimana kita mencari, mempelajari dan menentukan pilihan mana yang bagus, cocok dan mampu kita jalankan dengan baik.


Seperti salah satu contohnya adalah usaha budidaya lada yang merupakan jenis usaha pertanian yang peluangnya secara umum sangat bagus. Namun, peluang bagus juga tidak akan serta merta menjamin keberhasilan usaha ini maka dari itu pertama kita harus melakukan analisa terlebih dahulu terhadap usaha yang akan dijalankan tersebut, petani sukses kebun lada.

Sebagai bukti akan bagusnya peluang usaha ini kita bisa melihat dan mempelajari berbagai cerita sukses seputar pertanian lada tersebut. Ada banyak kisah yang bisa menjawab rasa penasaran dan ingin tahu kita terhadap usaha ini. Salah satu contoh, ada sebuah kisah menarik dari seorang petani yang sudah cukup tua yang akhirnya sukses dengan usaha ini.

Seperti di beritakan di tribun jabar, seorang petani yang di kenal dengan sebutan Abah Anom bisa mengenyam kesuksesan dari usaha ini hanya dengan modal yang sangat kecil yaitu hanya bermodalkan uang sebesar lima puluh ribu rupiah.

Singkat cerita, Abah Anom tersebut menggunakan uang yang tak seberapa itu untuk membeli bibit lada dan menanamnya di hutan kawasan. Setelah beberapa tahun merawatnya, kebun lada yang dirawatnya semakin bertambah. Awalnya dia hanya memberikan hasil lada yang di panen ke tetangga sekitar dan menjualnya dengan harga murah.

Lama kelamaan ia tahu bahwa lada merupakan komoditi yang memiliki nilai jual cukup bagus. Inilah yang akhirnya membuat Abah Anom tersebut akhirnya bisa mendapatkan hasil jutaan rupiah dari panen lada yang ditanamnya. "Dari Rp 50 ribu, Rp 1000 saya beliin benih lada dan benihnya saya tanam di lahan milik perhutani.

Awalnya tanam lada ini iseng saja, eh ternyata sekarang lada nya bisa dijual dan harga jualnya mahal," ujar Abah Anom (70). Jika penasaran dengan bagaimana cerita Abah Anom tersebut anda bisa mengunjungi laman Tribun Jabar untuk lebih jelas.

Sekelumit cerita sukses tersebut bisa menggambarkan kepada kita bahwa memang benar usaha budidaya lada ini memiliki peluang yang menjanjikan. Namun masalahnya bukan itu, sebelum kita memulai usaha ini tentu kita harus melakukan analisa sendiri.

Analisa tersebut untuk mengetahui seberapa besar peluang yang dimiliki usaha ini jika dijalankan di daerah atau lokasi yang kita pilih. Untuk itulah kita akan menganalisa beberapa hal dalam menentukan prospek usaha tersebut secara spesifik.

Untuk mengetahui seberapa besar peluang usaha ini berdasarkan pada lokasi yang dipilih maka kita harus menganalisa dan mempertimbangkan beberapa faktor yang berkaitan. Hal - hal yang harus diperhatikan dalam melihat potensi budidaya tanaman lada ini antara lain sebagai berikut:

1. Ketersediaan lahan

Usaha yang bergerak di bidang seperti ini sangat tergantung pada lahan yang digunakan. Maka dari itu jika kita ingin bergerak di bidang ini pertama yang harus diperhatikan adalah ketersediaan lahan.

Apakah kita memiliki lahan yang bisa kita gunakan untuk menanam lada? Apakah lahan tersebut cocok untuk ditanami lada, apakah lahan tersebut cukup luas untuk lada yang akan kita tanam?

Kita harus melakukan analisa dan menggali informasi akurat mengenai lahan atau lokasi yang bisa kita sediakan. Kita harus mampu menjamin bahwa lahan tersebut memang cocok dan bagus untuk ditanami dengan tanaman lada.

Dalam hal ini usaha ini potensinya akan baik jika dijalankan di lahan yang subur dan baik untuk tanaman lada. Semakin subur dan semakin cocok lahan tersebut maka akan semakin baik peluangnya.

2. Kebutuhan modal

Jenis usaha budidaya ini membutuhkan modal yang tidak sedikit. Modal tersebut untuk modal lahan tanam, pemupukan, perawatan dan lain sebagainya. Oleh karena itu jika kita ingin mendirikan usaha ini maka kita harus benar-benar mempertimbangkan dan melakukan perhitungan yang matang mengenai modal yang dibutuhkan dan modal yang mampu kita sediakan.


Meski tidak mustahil untuk memulai usaha ini dengan modal ala kadarnya namun keberadaan modal ini sangat menentukan perkembangan usaha ini ke depan. Semakin banyak modal yang bisa kita sediakan maka akan semakin bagus bagi perkembangan usaha tersebut.

3. Kemampuan pengelolaan

Yang ketika adalah dari faktor kemampuan budidaya, jangan menjalankan usaha ini dengan kemampuan nol. Jika kita tidak memiliki kemampuan dalam budidaya tanaman lada maka kita tidak akan mungkin bisa menjalankan usaha ini dengan baik apalagi jika kita terlibat langsung dalam proses budidaya yang dilakukan.

Alternatif nya, jika kita tidak memiliki kemampuan bertani lada maka kita bisa mempekerjakan orang yang lebih mampu.

Sedikit mengenai peluang usaha menanam lada menjanjikan ini mudah-mudahan bisa memberikan gambaran dan pertimbangan bagi kita yang sedang mencari ide-ide usaha yang bagus. Jangan lupa untuk melakukan analisa objektif terhadap jenis usaha yang akan kita pilih. Itu saja, salam sukses!

Analisa Peluang Usaha Budidaya Lada yang Menjanjikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko