Monday, May 4, 2015

Analisa Resiko Kerugian Usaha Rental Mobil dan Cara Mencegah

Analisa Resiko Kerugian Usaha Rental Mobil - Yang akan coba kita bahas kali ini adalah mengenai manajemen resiko yaitu mengenai resiko kerugian dari usaha rental mobil. Siapa yang tak ingin sukses?

Semua pasti ingin mengapai kesuksesan dengan mudah, maka dari itu sebagai pemula ada baiknya kita rajin belajar dan mengembangkan kemampuan kita dalam mengelola sebuah usaha. Kali ini kita akan mencoba mencari tahu lebih dalam mengenai resiko kerugian yang bisa kita dapatkan ketika mendirikan sebuah usaha jasa rental khususnya mobil.

Dalam hal ini kita akan melakukan analisa apa saja kerugian usaha rental mobil tersebut. Kalau kita ingin memulai usaha ini, pertama yang terpenting tentu menyelami lebih dalam mengenai potensi usaha yang ada.

Kita bisa mulai mencari tahu dan mengumpulkan informasi mengenai prospek usaha ini dengan berbagai pertimbangan yang ada. Setelah kita mendapatkan data dan informasi yang cukup maka kita bisa menganalisa dan menyimpulkan seberapa besar peluang atau prospek usaha ini.

Setelah itu, tak lupa pula sebaiknya kita melengkapi kajian tersebut dengan mempelajari berbagai Hambatan Usaha Rental Mobil yang bisa kita hadapi kedepannya. Hal ini sangat penting agar kita bisa menyiapkan dan membuat rencana yang matang dan menyeluruh di berbagai aspek.

Hal berikutnya yang juga cukup penting untuk dilakukan adalah melakukan analisa terhadap kerugian yang akan timbul dari usaha yang akan kita kerjakan tersebut. Dalam hal ini sebaiknya kita mencari informasi dan mendalami serta melakukan analisa terhadap berbagai potensi kerugian yang akan dihadapi.

Dengan begitu kita dapat mengukur kemampuan kita dalam mengatasi kerugian tersebut serta tentunya merumuskan strategi pencegahan untuk kerugian yang mungkin terjadi tersebut.

Sekedar untuk bahan kajian saja, dalam menjalankan usaha rental ini ada beberapa kemungkinan kerugian yang bisa kita alami. Beberapa potensi atau kemungkinan kerugian rental mobil tersebut antara lain sebagai berikut:

1) Kehilangan mobil yang disewakan

Pertama, resiko kerugian yang bisa kita dapatkan dengan usaha ini adalah kehilangan mobil yang kita sewakan. Hal ini bisa saja terjadi karena pencurian dan atau tindakan kejahatan lainnya. Resiko kerugian ini sangatlah besar baik dari sisi nilai maupun dari sisi kelancaran usaha.

Jika kita mengalami hal ini kita bisa saja menderita rugi puluhan juta sekali waktu, ini tentu akan sangat berimbas pada keadaan keuangan perusahaan kita tersebut.

Bukan hanya di sisi keuangan, jika kita mengalami kehilangan mobil maka kita juga akan mengalami kerugian berupa berkurangnya armada angkutan yang bisa disewakan. Ini berarti berkurang pula potensi penghasilan yang bisa kita dapatkan dari hasil sewa.

2) Resiko kecelakaan dan kerusakan

Kedua, resiko kerugian yang juga bisa kita alami adalah mendapatkan kecelakaan dan atau kerusakan kecil pada armada yang disewakan. Tidak sebesar resiko pertama namun resiko kerugian dari poin ini juga bisa memberikan dampak yang cukup serius bagi perkembangan usaha kita.

Hal ini karena jika mengalami kecelakaan atau kerusakan sudah pasti kita harus melakukan perbaikan kendaraan dan itu berarti armada tersebut tidak bisa kita sewakan kepada pelanggan.

Analisa Resiko Kerugian Usaha Rental Mobil
Ilustrasi rental mobil/

Dua hal tersebut merupakan resiko kerugian usaha rental mobil yang paling besar yang bisa saja dialami oleh setiap pelaku usaha rental ini. Untuk dapat mengatasi dan mencegah kerugian dari hal-hal di atas maka kita harus memiliki perencanaan yang matang dalam menjalankan usaha ini.

Selain itu, langkah yang dipandang cukup bagus dan tepat adalah dengan memberikan asuransi terhadap setiap armada yang kita miliki. Demikianlah, mudah-mudahan sedikit informasi di atas bisa menghindarkan anda dari kerugian dan resiko dalam bisnis yang anda jalani. Itu saja, salam sukses!

Analisa Resiko Kerugian Usaha Rental Mobil dan Cara Mencegah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko