Saturday, May 2, 2015

Analisis Prospek Usaha Makanan Kuliner

Analisis Prospek Usaha Makanan - Melengkapi pembahasan kita sebelumnya mengenai berbagai usaha yang bagus untuk kita jalankan khususnya di daerah pedesaan kali ini kita akan kembali membahas satu buah peluang usaha yang tergolong masih cukup bagus.

Prospek atau peluang tersebut adalah peluang untuk jenis usaha kuliner yang merupakan salah satu usaha yang cocok di desa.  Kita akan membahas mengenai prospek usaha ini lebih dalam dan lebih detail untuk gambaran sebelum menentukan langkah selanjutnya.

Dapat dikatakan, saya pribadi menempatkan jenis usaha di bidang makanan ini pada tempat istimewa dimana dengan berbagai pertimbangan dan analisa usaha ini masuk dalam kategori papan atas karena merupakan usaha yang bergerak di bidang kebutuhan pokok manusia. Meski begitu kita tetap harus melakukan analisis prospek usaha makanan ini sebelum memutuskan untuk terjun membangun usaha tersebut.

Usaha kuliner adalah semua jenis usaha yang bergerak di bidang kuliner dengan hasil produk utama berupa produk kuliner yang merupakan kebutuhan pokok manusia. Usaha ini bisa bergerak di bidang produksi, pemasaran bahkan di bidang jasa sekalipun. Karena produk utamanya adalah kebutuhan pokok maka secara umum usaha ini memiliki potensi yang cukup bagus dan menjanjikan untuk kita kelola. 

Alasannya adalah bahwa kebutuhan pokok manusia, apapun dan bagaimanapun keadaannya pasti akan dipenuhi oleh kita semua. Maka dari itu bidang usaha yang menyediakan kebutuhan pokok cenderung lebih stabil dan memiliki pangsa pasar yang lebih luas. Kita akan mempelajari prospek usaha kuliner secara lebih lengkap dalam artikel kali ini.

1) Pertimbangan Analisis Prospek Usaha

Tentu ada pertimbangan tentang apa saja yang sebaiknya masuk dalam analisis kita untuk menentukan peluang atau prospek usaha ini. Kalau kita tidak bisa menentukan mana yang posisinya sangat berpengaruh dan mana yang tidak maka hasil analisa kita bisa saja tidak berbobot dan tidak bisa menjadi dasar dalam mendirikan sebuah usaha kuliner yang sukses.

Ada satu pertanyaan sederhana yang dapat menuntun kita untuk mengetahui apakah peluang usaha kuliner ini benar-benar bagus atau tidak. Pertanyaan tersebut adalah "usaha kuliner seperti apakah yang memiliki peluang menjanjikan?" Secara sederhana tentu dapat dikatakan bahwa ada ciri tertentu yang bisa kita lihat untuk mengetahui peluang pada sebuah usaha.

Lalu apa cirinya, apakah bagus tidaknya usaha ditentukan dari jenis produknya, pelayanannya, pengelolaannya atau apa? Untuk itulah pembahasan ini di buat yaitu untuk mengetahui berbagai sisi yang bisa menjadi ciri usaha bagus dan menjanjikan. 

Tentu saja, sukses tidaknya sebuah usaha ditentukan dari kemampuannya dalam menjual produk sebanyak mungkin kepada pelanggan. Dan pada kenyataannya banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut.

Berbagai faktor tersebut antara lain yaitu produk, sarana dan prasarana, kemampuan manajemen dan tingkat kebutuhan atau minat konsumen. Jadi kita dapat mengetahui seberapa jauh peluang sebuah usaha jika kita menganalisa berbagai faktor tersebut.

a. Faktor produk usaha
Peluang kesuksesan usaha akan sangat dipengaruhi oleh produk usaha yang dihasilkan. Dalam hal ini usaha kuliner yang memiliki peluang bagus adalah usaha yang produknya berkualitas, terjangkau dan menarik. Lalu produk usaha Kuliner apa yang cocok untuk hal ini?

Produknya bisa apa saja asal dapat memenuhi unsur di atas yaitu kualitas, harga dan penampilan yang menarik. Secara singkat dapat dikatakan bahwa peluang usaha kuliner akan menjanjikan atau bagus jika memiliki produk dengan kriteria di atas.

Maka dari itu untuk membuat produk seperti yang diharapkan tersebut kita harus menentukan dan mengolah produk kuliner sedemikian rupa agar memenuhi unsur produk di atas. Dengan begitu secara tidak langsung kita bisa meningkatkan prospek atau peluang usaha yang sudah ada.

b. Faktor sarana dan prasarana
Tanpa sarana dan prasarana yang memadai sebuah usaha tidak akan pernah mampu mencapai puncak kesuksesan, karenanya peluang atau prospek juga akan ditentukan oleh sarana dan prasarana pendukung usaha tersebut. Semakin bagus dan memadai sarana dan prasarana usaha yang ada maka semakin bagus juga peluang yang dimiliki oleh usaha tersebut.

Sarana dan prasarana ini bukan hanya terbatas yang berkaitan dengan proses produksi secara langsung melainkan juga termasuk akses jalan, gedung, sarana penunjang dan lain sebagainya. Maka dari itu dalam menentukan peluang ini kita harus menganalisa berbagai sarana dan prasarana yang dibutuhkan langsung ke tempat atau lokasi usaha yang dipilih.

c. Kemampuan manajemen 
Sebagus apapun sebuah usaha tidak akan pernah sukses jika tidak di dukung dengan kemampuan manajemen atau pengelolaan yang memadai. Hal ini juga mengindikasikan bahwa kemampuan kita sebagai pelaku usaha juga akan menentukan seberapa bagus peluang usaha yang akan dijalankan.

Maka dari itu usaha kuliner yang bagus adalah usaha kuliner yang dapat kita jalankan dengan baik, benar dan maksimal dengan kemampuan yang kita miliki.

Ditangan orang yang tidak kompeten sebuah usaha - apapun itu - tidak akan bisa menjadi usaha yang akan memberikan kesuksesan. Maka dari itu usaha kuliner yang menjanjikan adalah usaha kuliner yang di dukung dengan kemampuan yang memadai dari pelaku usaha yang menjalankannya.

d. Tingkat kebutuhan atau minat konsumen
Lalu bagaimana dengan tingkat kebutuhan atau minat konsumen terhadap produk usaha yang kita jalankan, apakah berpengaruh terhadap peluang yang ada? Tentu saja, peluang usaha kuliner akan bagus jika sesuai dengan kebutuhan dan minat konsumen.

Dalam hal ini kita tidak harus terpaku pada produk usaha kuliner yang sudah ada melainkan kita dapat menciptakan produk kuliner yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan minat masyarakat. Maka dari itu, dalam melakukan analisis peluang usaha kita harus benar-benar mempertimbangkan produk yang akan kita hasilkan.

Sederhananya, jika kita memilih usaha kuliner produksi roti maka kita harus menganalisa apakah roti yang akan kita hasilkan nantinya sesuai dengan kebutuhan masyarakat, apakah produk roti yang akan kita hasilkan tersebut sesuai dengan minat konsumen. Semakin sesuai maka akan semakin bagus prospeknya.

Kesimpulannya, dalam melakukan analisa peluang usaha kuliner ini kita harus mempertimbangkan berbagai hal yang mempengaruhi kesuksesan sebuah usaha khususnya usaha dibidang kuliner atau makanan. Beberapa faktor yang mempengaruhi kesuksesan usaha tersebut yaitu sebagai berikut:

1. Produk
2. Sarana dan prasarana
3. Kemampuan manajemen 
4. Tingkat kebutuhan 
5. Minat konsumen
6. Kondisi persaingan pasar
7. Bahan baku produksi

Dengan mempertimbangkan dan menganalisa berbagai faktor di atas dengan matang diharapkan kita akan memiliki dasar informasi yang akurat untuk menentukan seberapa jauh peluang yang ada. Dengan begitu kita dapat melakukan perencanaan yang matang untuk usaha yang akan kita jalankan dengan informasi tersebut.

2) Contoh Usaha Kuliner Menjanjikan

Sebagai tambahan pertimbangan dalam melihat bagaimana prospek atau peluang dari usaha di bidang makanan ini maka tak lupa dalam pembahasan ini akan disertakan juga beberapa jenis usaha yang cocok dan mungkin memiliki peluang bagus untuk kita jalankan.

Beberapa contoh berikut dapat kita pertimbangkan dan dapat kita analisa lebih jauh apakah sesuai, bagus dan cocok untuk kita jalankan. Contoh usaha kuliner tersebut antara lain sebagai berikut!
  1. Analisis Peluang Usaha Roti Bakar
  2. Bisnis Jual Makanan Online Menjanjikan
  3. Bisnis Rumahan, Peluang Menjanjikan
  4. Contoh Usaha Rumahan yang lagi Trend
  5. Ide Usaha Mudah Untung Besar
  6. Jual Gorengan, Usaha Modal Kecil Menjanjikan
  7. Macam Usaha yang Mudah di Pelajari
  8. Peluang Ide Jual Makanan Online
  9. Peluang Usaha Bakso
  10. Peluang Usaha Kuliner dan Hambatan
  11. Peluang Usaha Makanan dan Minuman
  12. Peluang Usaha yang Bagus di Perkotaan
  13. Peluang Usaha yang Cocok di Desa
  14. Produk Kuliner yang Menjanjikan
  15. Tantangan dan Hambatan Usaha Bakso
  16. Usaha Industri Kuliner yang Menjanjikan
  17. Usaha Sampingan Bisnis Minuman

Dengan adanya pembahasan mengenai Analisis Prospek Usaha Makanan Kuliner ini diharapkan kita bisa memiliki gambaran tentang bagaimana sebaiknya kita menentukan prospek sebuah usaha yang akan dijalankan khususnya yang bergerak di bidang makanan.

Jangan lupa, untuk melengkapi analisa kali ini silahkan pelajari juga beberapa contoh yang telah disertakan di atas. Mudah-mudahan bisa menjadi tambahan bahan kajian kita semua, semoga bermanfaat, salam sukses selalu!

Analisis Prospek Usaha Makanan Kuliner Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko