Sunday, May 10, 2015

Prospek Industri Konveksi Pakaian Untung Besar

Prospek Industri Konveksi Pakaian Untung Besar - Pakaian merupakan kebutuhan pokok manusia yang harus di penuhi. Meski hanya sekali dalam setahun, pakaian akan tetap terus di beli dan dibutuhkan oleh masyarakat. Bukan hanya satu atau dua orang, bukan hanya suku tertentu tetapi semua orang membutuhkan pakaian.

Maka dari itu usaha yang bergerak di bidang pakaian ini dapat di pastikan memiliki konsumen yang tidak akan pernah berkurang. Ini membuat prospek industri konveksi cukup bagus untuk ditekuni dan akan memberikan penghasilan yang cukup memuaskan.

Ada yang berminat atau berniat mendirikan jenis usaha ini? Kalau iya maka yang harus dilakukan pertama kali adalah melakukan survey dan analisa terhadap seberapa besar peluang usaha konveksi tersebut.

Untuk itulah kita akan membahas mengenai bagaimana prospek atau peluang yang dimiliki oleh jenis usaha yang akan kita coba tersebut. Disini kita akan mencoba mencari jalan bagaimana cara yang baik dalam menentukan besar kecilnya peluang yang ada.

Kita akan membahas apa saja yang harus dipertimbangkan dalam menentukan bagus tidaknya usaha ini untuk dijalankan. Dengan begitu diharapkan kesimpulan tersebut bisa menjadi dasar yang kuat bagi usaha yang akan didirikan.

Dalam mencari tahu berbagai potensi yang ada di balik industri rumah tangga ini maka kita bisa mencari berbagai informasi yang berkaitan. Kita bisa mencari informasi apa saja sepanjang itu dibutuhkan untuk mengetahui lebih jauh mengenai kondisi yang ada di masyarakat. Beberapa informasi yang bisa kita cari dari berbagai sumber antara lain sebagai berikut:

1) Prospek bisnis konveksi
2) Industri konveksi solo
3) Industri konveksi di tulungagung
4) Peluang bisnis konveksi
5) Peluang bisnis konveksi seragam sekolah
6) Prospek bisnis pakaian

Informasi apapun yang kita butuhkan sebaiknya kita cari dari berbagai sumber. Informasi tersebut nantinya akan kita gunakan sebagai bahan kajian dan pertimbangan dalam mengambil kesimpulan akhir. Yang terpenting adalah segala informasi yang di dapat sebaiknya harus akurat dan objektif sesuai keadaan yang sebenarnya.

1) Cara Analisa Prospek Industri Konveksi

Bagaimana kita melakukan analisa peluang industri konveksi? Tentu saja tidak ada aturan baku yang mengharuskan kita mengadopsi atau menerapkan cara tertentu. Kita bisa melakukan analisa sesuai dengan kemauan dan kemampuan kita bagaimanapun caranya.

Meski semua terserah pada kita namun tetap saja ada beberapa garis besar yang bisa kita ikuti. Dalam hal ini ada beberapa hal yang paling tidak harus kita dalami dalam analisis yang akan kita lakukan.

Analisa peluang usaha ditujukan untuk mendapatkan kesimpulan mengenai besar kecilnya peluang yang dimiliki oleh usaha tertentu. Maka dari itu, untuk mendapatkan kesimpulan yang baik kita harus mendasarkan analisa kita pada data akurat yang kita ambil langsung dari lapangan.

Ini berarti kita harus terjun langsung untuk melakukan pengamatan terhadap berbagai aspek yang berkaitan dengan usaha konveksi ini. Lalu apa saja yang sebaiknya kita amati untuk menentukan tingkat peluang yang ada?

Semua hal dan semua aspek harus kita amati untuk mendapatkan gambaran menyeluruh, atau kita bisa mengamati beberapa aspek utama saja yang paling berpengaruh. Beberapa aspek yang sebaiknya tidak kita tinggalkan dalam analisa tersebut yaitu sebagai berikut:

1. aspek kebutuhan dan permintaan pasar
2. aspek kebutuhan produksi
3. kondisi pasar dan persaingan
4. tinggi rendahnya daya beli masyarakat

Cara melakukan analisa untuk prospek usaha konveksi ini kita akan terjun langsung ke lokasi atau daerah yang akan dijadikan target market. Dengan begitu kita akan mendapatkan data yang sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

Pengamatan atau analisa ini mungkin akan membutuhkan waktu yang lebih lama dari perkiraan kita mengingat kita akan melakukan pengamatan langsung terhadap industri yang akan kita dirikan. Berbagai faktor harus benar-benar kita pertimbangkan dengan baik, kita harus tahu sisi kelemahan dan sisi kelebihan dari berbagai faktor pendukung yang ada.

Misalnya, bagaimana dengan sarana transportasi apakah mendukung atau tidak, bagaimana dengan kebutuhan pekerja apakah bisa terpenuhi dengan baik atau tidak, bagaimana dengan daya beli masyarakat apakah tinggi atau tidak dan seterusnya.

2) Persiapan Memulai Industri Konveksi Pakaian

Persiapan bukan segalanya namun persiapan memiliki peranan penting dalam perkembangan dan kemajuan industri yang akan kita dirikan. Maka dari itu semakin baik persiapan maka akan semakin baik pula kegiatan usaha yang akan kita jalankan.

Wajar jika kita juga harus meluangkan cukup waktu untuk melakukan persiapan yang baik. Jika kita hendak mendirikan usaha konveksi sekala kecil atau rumahan kira-kira apa saja yang harus kita persiapkan pertama kali?

Tentu, persiapan yang ini adalah persiapan sebelum kita mulai menjalankan usaha tersebut jadi persiapannya masih merupakan tahap awal sampai pada perencanaan akhir. Beberapa yang bisa kita lakukan untuk persiapan memulai usaha konveksi yaitu:

1. Membuat perencanaan yang matang
2. Menganalisa kebutuhan modal dan sumber daya lain
3. Menganalisa konsumen
4. Menyiapkan lokasi yang strategis
5. Menyiapkan strategi penanganan masalah dan analisa manajemen resiko

Inti dari persiapan awal ini adalah membuat sebuah perencanaan matang yang mencakup semua aspek yang akan dijalankan untuk memulai industri konveksi. Jadi kita akan menyiapkan perencanaan permodalan, sumber daya, pemasaran, proses produksi, lokasi usaha yang digunakan sampai pada strategi penanganan masalah dan manajemen resiko.

Prospek Industri Konveksi Pakaian
Ilustrasi industri konveksi

Semua harus kita susun dan kita masukkan dalam sebuah perencanaan yang akurat. Kesimpulannya adalah prospek industri konveksi pakaian cukup menjanjikan dengan catatan harus kita sesuaikan dengan keadaan terkini yang sebenarnya.

Jadi, meski dikatakan secara umum usaha ini bagus kita tetap harus melakukan analisa lebih jauh untuk menentukan besar kecilnya peluang yang dimiliki. Untuk melengkapi pembahasan ini jangan lupa pelajari juga beberapa informasi lain di bagian bawah. Salam sukses selalu.

Prospek Industri Konveksi Pakaian Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma