Thursday, January 29, 2015

Strategi Pemasaran Jasa dalam Usaha Rental Kamera

Strategi Pemasaran Jasa Rental Kamera - Kita yang memilih menjalankan bisnis sewa kamera tentu harus memiliki strategi khusus dalam memasarkan jasa tersebut. Kenapa harus, hal ini karena mengingat persaingan dalam bisnis ini semakin hari akan semakin meningkat.

Strategi Pemasaran Jasa Rental Kamera

Jika tidak dibarengi dengan strategi pemasaran rental kamera maka buka tidak mungkin usaha rental kamera yang kita rintis akan mengalami kemunduran atau bahkan kegagalan.

Pada artikel mengenai peluang sukses usaha kali ini kita akan membahas secara eksklusif mengenai strategi sukses pemasaran tersebut yaitu dengan mengulas mengenai berbagai strategi pemasaran yang bisa kita lakukan.

Dengan pembahasan ini diharapkan kita mampu menembus kebuntuan sistem pemasaran yang biasa dan sudah kita lakukan. Memasarkan sebuah produk atau jasa tidaklah mudah karena itu kita akan belajar lebih mendalami berbagai aspek agar kita dapat menentukan cara yang bagus untuk memasarkan jasa dari usaha kita.

1) Peluang usaha di komplek perumahan
2) Pekerjaan yang belum banyak dijalankan
3) Analisa usaha travel mobil

Dalam langkah atau cara yang akan kita lakukan tentu perlu di ingat bahwa  kita harus menerapkan cara aman membuat usaha rental kamera agar tidak mengalami kerugian atas kerusakan atau kehilangan kamera DSLR yang dimiliki.

Pembahasan akan kita bagi dalam dua sub yaitu yang pertama kita akan mendalami mengenai persiapan awal untuk pemasaran produk yang kita miliki dan yang kedua mengenai beberapa contoh strategi pemasaran yang kita jadikan acuan dan pertimbangan. Selengkapnya mengenai pemasaran rental kamera adalah sebagai berikut.

1) Persiapan Pemasaran Rental Kamera

Dari awal jika kita ingin sukses hendaknya memang kita harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik termasuk juga dengan segi pemasaran atas produk atau jasa yang akan kita sediakan. Dalam hal usaha rental kamera atau pun juga usaha lain kita bisa membuat persiapan untuk strategi pemasaran yang akan dilakukan di kemudian hari.

Dalam persiapan ini kita dapat membuat dasar pertimbangan dan penilaian mengenai berbagai aspek yang berkaitan erat dengan proses pemasaran yang akan kita kerjakan. Dalam hal ini ada beberapa hal yang bisa kita pertimbangkan yaitu sebagai berikut:

1. Pemilihan target market (konsumen)
2. Pemilihan strategi pemasaran
3. Penguasaan produk (jasa)

Pemilihan target market atau konsumen yang akan dibidik akan mempengaruhi strategi atau cara kita dalam memasarkan produk. Sebagai contoh, pada konsumen yang tingkat penggunaan internetnya rendah kita tidak dapat menjalankan strategi promosi menggunakan media online namun untuk konsumen yang sering menggunakan internet kita dapat memaksimalkan kegiatan promosi melalui internet.

Begitulah, apa dan bagaimana konsumen yang dibidik akan mempengaruhi juga bagaimana cara promosi yang sesuai. Selanjutnya, dalam memasarkan jasa yang kita miliki ini kita dapat menggunakan berbagai strategi baik yang sudah sering digunakan maupun strategi khusus yang sesuai dengan jasa yang kita tawarkan.

Dalam memilih strategi atau cara promosi tersebut hendaknya kita sesuaikan pada poin pertama yaitu konsumen yang dibidik. Sebagai bahan dalam merumuskan media promosi kita juga harus benar-benar menguasai produk yang kita tawarkan.

Kita harus mampu menjabarkan berbagai kelebihan dan segi positif dari produk atau jasa yang kita miliki. Dengan demikian nantinya dalam menjalankan pemasaran kita dapat memberikan penjelasan yang benar-benar sesuai dengan keadaan produk jasa yang kita miliki. Dengan ini kita akan meletakkan pondasi khusus yaitu mengedepankan kualitas untuk sarana promosi dan pemasaran yang efektif.

Beberapa catatan mengenai persiapan pemasaran rental kamera ini tentunya hanya sebagai gambaran saja untuk kita pertimbangkan. Persiapan yang bagus tentu harus kita pertimbangkan dan kita rumuskan sendiri sesuai dengan berbagai keadaan aktual yang ada.

2) Contoh Strategi Pemasaran Rental Kamera

Berikutnya yang akan kita bahas berikut ini adalah contoh dari penerapan beberapa strategi pemasaran yang bisa diaplikasikan ke dalam jenis usaha yang kita jalankan. Bukan sebagai bentuk yang harus ditiru tetapi paling tidak beberapa contoh strategi berikut bisa dijadikan bahan renungan bagi kita dalam merumuskan strategi promosi yang sukses.

Berkaitan dengan strategi pemasaran jasa, kita dapat menerapkan berbagai cara, tidak ada aturan baku tetapi yang harus diperhitungkan hanyalah efektivitas dan hasil dari strategi tersebut. Untuk gambaran, berikut beberapa contoh cara promosi rental kamera yang bisa kita coba.

1. Memanfaatkan internet dan media sosial
2. Memberikan potongan harga atau hadiah
3. Mengenalkan jasa dengan iklan
4. Menggunakan strategi pelayanan berkualitas

Menggunakan media internet tentu bisa kita lakukan jika konsumen yang kita bidik memiliki kecenderungan pemakaian internet yang tinggi. Sebagai contoh jika target kita para pelajar dan mahasiswa yang sering menggunakan internet maka strategi promosi melalui media sosial bisa kita coba.

Media sosial yang dapat kita gunakan bisa apa saja, bisa facebook, twitter, google+ dan lain sebagainya. Strategi promosi melalui media sosial seperti ini lumayan efektif karena kita dapat menjangkau calon konsumen berdasarkan minat yang dimiliki seperti misalnya melalui suatu grup tertentu.

Selain menggunakan media sosial kita juga dapat mempromosikan jasa kita menggunakan situs atau memasang iklan di situs-situs tertentu. Cara ini cukup menghasilkan mengingat kecenderungan kebiasaan masyarakat yang mulai beralih ke cara berbelanja online.

Strategi lain yang bisa kita gunakan adalah dengan menggunakan potongan harga. Metode promosi dengan potongan harga atau diskon ini dapat kita modifikasi sesuai kebutuhan. Misalnya kita bisa memberikan diskon di bulan diskon, memberikan diskon untuk pelanggan tetap dan lain sebagainya.

Yang perlu diingat dengan strategi ini adalah bahwa hendaknya kita jangan terlalu memainkan harga sehingga menimbulkan persaingan yang tidak sehat bagi kelangsungan usaha kita tersebut. Hal terbaik jika berkenaan dengan harga adalah menyeimbangkan harga pasar.

Strategi yang sudah usang namun tetap harus dilakukan adalah dengan menggunakan iklan. Kita bisa memilih jenis iklan yang sesuai dengan keadaan dan target yang ingin dicapai. Dengan menggunakan iklan ini kita dapat meningkatkan impresi produk atau jasa yang kita miliki, mengenalkan jasa yang kita tawarkan kepada calon konsumen yang lebih luas.

Dari sekian banyak strategi pemasaran rental kamera yang bisa kita lakukan, yang paling sukses - menurut pengalaman penulis - adalah strategi dengan mengedepankan sisi pelayanan dan kualitas jasa yang kita berikan.

Patok harga yang paling rendah, berikan pelayanan super dan berikan kejutan kepada pelanggan agar mereka selalu kembali lagi menggunakan jasa yang kita berikan. Mudah-mudahan beberapa hal di atas bisa menjadi inspirasi bagi kita semua.

Strategi Pemasaran Jasa dalam Usaha Rental Kamera Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko