Saturday, February 28, 2015

Contoh Macam Usaha yang Mudah di Pelajari dan Dijalankan

Usaha yang Mudah di Pelajari - Benar memang jika kita berniat untuk memulai sebuah usaha maka bagus jika kita mendasari pilihan pada usaha yang mudah untuk dipelajari. Hal ini akan menuntun kita pada pemilihan usaha yang benar-benar sesuai dengan kemampuan dan juga minat yang kita miliki.

Dalam memilih macam usaha yang mudah tersebut sangat penting bagi kita untuk meletakkan prinsip dasar pengelolaan yang kita kuasai agar nantinya usaha dapat berjalan dengan lancar. Membidik sebuah usaha yang jauh dari kemampuan kita tentu hanya akan melahirkan kegagalan yang pahit, meski tidak semua begitu.

Hal seperti ini sebenarnya sangat subjektif dimana pilihannya akan sangat tergantung pada pelaku usahanya, dalam arti hal yang orang lain anggap mudah belum tentu mudah menurut kita.

Karena itu penting bagi kita untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan kita sebelum memilih berbagai macam usaha tersebut. Beberapa kemampuan yang perlu kita ukur tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Kemampuan kita dalam hal produksi
2. Kemampuan kita dalam hal pengelolaan dan pemasaran
3. Kemampuan kita dalam hal sumberdaya dan modal

Pertama lebih baik bagi kita untuk mengukur seberapa jauh kemampuan kita dalam menghasilkan sebuah produk yang akan kita pasarkan. Sebagai contoh, jika kita ingin bergerak di bidang usaha restoran maka sebaiknya kita memiliki dasar kemampuan di bidang pengolahan makanan yang akan kita jual.

Dengan melihat seberapa jauh kemampuan kita maka kita akan lebih gampang dalam menentukan usaha mana yang mudah untuk kita pelajari. Hal penting kedua yang juga sebaiknya kita ukur adalah mengenai kemampuan kita dalam hal pengelolaan usaha dan juga pemasaran.

Karena seperti kita ketahui masing-masing bidang usaha tentunya akan berbeda dalam sisi pengelolaan dan juga sistem pemasaran yang paling ideal. Dengan mengetahui lebih jauh mengenai hal ini tentu akan memberikan kita keleluasaan dalam menentukan pilihan mana yang sesuai dengan kemampuan.

Selanjutnya, mengukur kemampuan kita dalam hal sumberdaya dan juga modal juga merupakan sesuatu yang perlu kita lakukan. Dengan mengukur hal ini jadi kita akan lebih mudah dan tahu mana yang bisa kita jangkau, mana yang mungkin bisa kita jangkau dan mana yang mustahil kita jangkau.

Lalu apa saja macam usaha yang mudah di pelajari secara umum? Secara umum, ada beberapa jenis macam bidang usaha yang mudah untuk di pelajari dari awal sampai akhir. Beberapa usaha tersebut antara lain sebagai berikut:
  1. Jenis usaha kuliner
  2. Jenis usaha jual beli
  3. Jenis usaha jasa

Umumnya tiga jenis usaha di atas lebih mudah di pelajari mulai dari proses perencanaan sampai pada tahap proses. Usaha-usaha seperti ini cenderung lebih jelas dan terjangkau khususnya untuk kita masyarakat biasa yang ingin memulai sebuah usaha kecil. Penjelasan dari masing-masing usaha tersebut dapat kita pelajari selengkapnya di bawah ini.

1) Jenis usaha kuliner yang mudah di pelajari

Kalau untuk jenis usaha baru sebenarnya tidak ada kata mudah, semua pasti perlu kita pelajari namun meski begitu kita tetap bisa memilih ukuran untuk mengetahui mudah tidaknya. Untuk usaha di bidang kuliner ini adalah salah satu jenis usaha yang bisa kita jangkau.

Artinya, meski kita tidak memiliki dasar kemampuan di bidang ini namun sebagian besar dari kita dapat mempelajari nya dengan niat yang kuat. Contohnya, saat ingin berjualan sate, kita dapat mempelajari bagaimana cara membuat sate dan bagaimana cara membuka warung sate. 

Alasan lain kenapa usaha ini mudah di pelajari adalah fokus kemampuan utama dalam usaha ini adalah kemampuan menciptakan produk yang sesuai selera konsumen.

Sederhananya jika masakan (kuliner) yang dihasilkan rasanya cukup lezat, kesehatannya terjamin maka satu demi satu orang akan mengenal dan menyukai masakan tersebut.

Jadi satu-satunya hal mutlak yang harus kita pelajari adalah cara membuat kuliner yang disukai orang, selebihnya alam akan melakukan tugasnya sendiri dengan bantuan sedikit polesan dari kita.

Di bidang kuliner ini ada banyak jenis usaha yang dapat kita jalankan. Ada usaha kuliner dalam sekala besar dan ada juga beberapa bidang usaha kuliner yang kecil dan ringan. Beberapa contoh usaha kuliner yang mudah antara lain sebagai berikut:

1. Usaha warung tenda (sate, mie ayam bakso, warung makan, dan seterusnya)
2. Usaha gorengan crispy
3. Usaha produksi kue

Selain beberapa contoh di atas tentu masih ada lagi usaha kuliner lain yang bisa kita pilih. Hal penting yang selalu harus kita ingat adalah bahwa mudah tidaknya usaha ini di pelajari akan sangat tergantung pada diri kita. Jadi pelajari dan tentukan sendiri mana yang paling mudah dan dapat di jangkau.

2) Usaha jual beli yang mudah di pelajari

Usaha jual beli adalah usaha kedua yang lebih mudah untuk di pelajari dan juga di jalankan. Karena dalam usaha ini kita hanya menjadi perpanjangan tangan dari produsen ke konsumen.

Dalam usaha jenis ini yang kita lakukan hanya membeli produk lalu menjualnya kembali ke masyarakat yang membutuhkan. Jelas sekali bahwa usaha ini lebih mudah untuk dijalankan jika dibandingkan dengan jenis usaha lain misalnya usaha produksi.

Meski secara umum mudah namun belum tentu usaha ini juga mudah bagi kita. Agar mengetahui mudah tidaknya usaha tersebut tentu kita harus mengukur kemampuan yang ada.

Contohnya, usaha ini lebih menekankan pada kebutuhan modal yang besar untuk membeli produk yang akan di pasarkan jadi, apakah kita memiliki cukup modal untuk menjalankan usaha tersebut? Jika benar itu berarti kita tinggal memikirkan strategi pemasaran yang paling tepat.

Tanpa memiliki modal yang cukup tentu meski mudah di jalankan dan dipelajari namun usaha ini tentu menjadi sebuah usaha yang cukup sulit untuk kita jalankan kecuali kita memiliki strategi khusus dalam memenuhi kebutuhan modal untuk usaha tersebut. Lalu apa saja contoh usaha jual beli yang mudah? Berikut beberapa contoh usaha jual beli yang mudah:

1. Jual beli pulsa
2. Jual beli aksesoris kecantikan
3. Jual beli kebutuhan pokok (sembako)
4. Jual beli produk kecantikan

Untuk usaha jual beli kita hanya perlu membeli produk dan menjualnya kembali, dengan beberapa contoh di atas mudah-mudahan kita bisa mendapatkan ide untuk usaha yang paling mudah untuk kita jalankan.

3) Usaha jasa yang mudah di pelajari

Usaha jasa ada yang membutuhkan keahlian khusus, ada yang membutuhkan modal cukup besar dan ada juga yang dapat dijalankan dengan mudah. Contoh usaha jasa yang paling sederhana dan mudah sekali kita pelajari yaitu usaha jasa pangkas rambut.

Jangan anggap remeh usaha ini, meski terlihat sederhana namun usaha ini juga mampu memberikan penghasilan yang cukup besar dalam satu bulannya. Umumnya usaha jasa mudah untuk dijalankan karena hanya akan berpatokan pada jasa yang kita berikan.

Modal yang paling vital dalam jenis usaha jasa adalah kemampuan atau skill yang akan kita jual. Seperti contoh di atas, untuk usaha potong rambut maka kita harus memiliki keahlian di bidang tersebut. Apa saja contoh usaha jasa yang mudah untuk kita pelajari? Berikut beberapa contoh usaha jasa yang cukup mudah untuk kita pelajari.

a. Usaha jasa pangkas rambut
b. Usaha jasa sewa kamera
c. Usaha jasa rental mobil
d. Jasa laundry kiloan
e. Jasa angkutan transportasi

Tentu selain berbagai jenis atau contoh di atas masih banyak lagi jenis usaha lainnya yang bisa kita jalankan. Sebagai kesimpulan, jika kita ingin memilih atau menentukan usaha yang mudah di pelajari maka kita harus mengukur kemampuan yang kita miliki.

Mudah tidaknya sebuah usaha untuk dipelajari akan sangat tergantung pada kemampuan kita. Kita harus mampu memilah dan memilih mana usaha yang bisa kita jalankan, mana usaha yang mungkin bisa kita jalankan dan mana usaha yang tidak mungkin bisa kita jalankan.

Contoh Macam Usaha yang Mudah di Pelajari dan Dijalankan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko