Wednesday, October 5, 2016

Apakah Peluang Bisnis Budidaya Lele Menjanjikan

Satu lagi jenis usaha yang tak kalah bagus untuk di coba yaitu jenis usaha budidaya ikan khususnya untuk produk ikan lele. Budidaya Lele masih memiliki prospek yang cukup bagus mengingat konsumen atau masyarakat yang membutuhkan ikan ini banyak dan tidak berkurang.
Peluang Bisnis Budidaya Lele
Contoh produk usaha ikan lele
Ikan lele adalah jenis ikan konsumsi yang diminati hampir semua kalangan karena itulah usaha budidaya jenis ikan ini cukup prospek. Kalau kita lihat di dalam negeri banyak sekali tempat atau daerah yang memiliki masakan khas untuk jenis ikan ini.

Lele bakar, pecel lele, pokoknya di banyak tempat pasti kita jumpai. Begitu terkenalnya jenis ikan ini di masyarakat membuat pertumbuhan usaha kuliner pun semakin banyak. Bahkan baru-baru ini juga sudah ada kripik lele.

Keadaan inilah yang membuat usaha di bidang perikanan ini masih memiliki peluang usaha yang menjanjikan. Tapi apakah peluang usaha ini sama di setiap daerah? Ini tentu harus ditelusuri lebih jauh agar tidak menyesatkan.

Sepertinya banyak yang sudah tahu dan mengakui bahwa usaha di bidang ini memang peluangnya bagus. Kalau di pedesaan di daerah tertentu banyak sentra perikanan yang khusus untuk jenis ikan konsumsi karena memang permintaannya selalu besar.

Begitu pun dengan usaha budidaya lele ini, banyak yang tahu, banyak yang mencoba tetapi banyak juga yang gagal. Selain ikan ini sebenarnya kalau kita berbicara mengenai peluang maka masih ada beberapa peluang bisnis ikan lain seperti misalnya:

1) Peluang bisnis budidaya cacing tanah
2) Peluang bisnis budidaya ikan
3) Peluang usaha budidaya ikan lele
4) Peluang budidaya lele
5) Peluang bisnis peternakan
6) Peluang bisnis ikan hias
7) Peluang bisnis ikan cupang
8) Peluang bisnis ikan asin

Tapi kita tidak akan membahas hal itu semua, yang akan kita bahas kali ini hanya khusus yang berkaitan dengan usaha budidaya ikan konsumsi tersebut khususnya untuk jenis ikan lela. Bagaimana menurut anda, apakah usaha ini bagus?

1) Gambaran Konsumen Bisnis Budidaya Lele

Di atas juga sudah disebutkan bahwa konsumen ikan lele ini tidak terbatas pada masyarakat tertentu. Jenis ikan ini digemari oleh banyak kalangan baik dari kalangan ekonomi kecil, menengah bahkan sampai ke tingkat masyarakat atas sekalipun.

Ikan ini, entah mengapa, memang seolah menjadi primadona dalam berbagai hidangan masakan. Wajar saja jika kemudian banyak yang membidik usaha ini untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dari sini dapat kita ketahui bahwa konsumen ikan lele ini cukup banyak. Konsumen yang membutuhkan ikan konsumsi ini bisa dari:

1. Masyarakat kecil
2. Masyarakat menengah
3. Masyarakat ekonomi tinggi
4. Masyarakat di perkotaan
5. Masyarakat desa dan sebagainya

Itu hanya jika kita mengukur dari sisi masyarakat luas, bagaimana dengan berbagai usaha dengan produk ikan lele. Tentu saja selain langsung membidik masyarakat umum kita dapat membangun usaha ini dan membidik pasar dari kalangan pengusaha misalnya:

a. Pengusaha warung makan
b. Pengusaha restoran
c. Pengusaha pecel lele
d. Pengusaha kripik lele

Pengusaha warung makan merupakan salah satu konsumen tetap yang bisa kita jadikan target jika kita memilih untuk mendirikan usaha budidaya ikan seperti ini. Jika kita mampu bersaing dan mampu membidik pangsa pasar dari pengusaha ini tentu hasil penjualan kita bisa lebih bagus.

Selain warung makan, skala yang lebih besar kita bisa juga memasarkan hasil budidaya ke berbagai restoran dan juga pengusaha pecel lele. Sekarang ini selain jenis usaha di atas ada juga yang telah mengembangkan usaha di bidang kripik lele dan hal ini juga tentunya bisa kita jadikan sebagai tambahan pangsa pasar.

Jika kita tidak mau repot memasarkan sendiri hasil budidaya yang ada kita juga bisa langsung menjualnya ke pemborong atau pedagang ikan. Yang jelas, untuk masalah konsumen, bisnis ini masih cukup memiliki stok pembeli yang berlimpah.

2) Prospek Bisnis Budidaya Lele ke Depan

Bagaimana dengan prospek ke depan untuk Bisnis Budidaya Lele ini, apakah cukup bagus? Kalau dilihat dari pertumbuhan konsumen tentunya prospek atau peluang kemajuan usaha ini juga tidak terbatas.

Kalau untuk urusan makan tentunya kebutuhannya tidak akan berkurang, mungkin tinggal kita sesuaikan saja dengan kecenderungan perubahan kebiasaan, minat dan keinginan konsumen terhadap produk yang kita hasilkan.

Secara keseluruhan, melihat dari berbagai kondisi umum yang ada sekarang ini tentu kita dapat menyimpulkan bahwa usaha ini masih bagus dijalani bahkan untuk beberapa tahun ke depan.

Tentu bukan tanpa perubahan. Jika kita ingin mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai asumsi perkembangan usaha ini ke depan maka perlu diperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Kebutuhan konsumsi ikan lele
  2. Kecenderungan pelaku usaha kuliner yang menggunakan bahan dasar lele
  3. Perubahan dan perkembangan budaya dan kebiasaan masyarakat
  4. Tingkat persaingan yang ada
  5. Kualitas produk dan harga

Dengan mempertimbangkan berbagai aspek di atas diharapkan kita dapat mempelajari bagaimana gambaran pergerakan dan kemajuan usaha ini kedepan. Dengan begitu kita juga dapat mengetahui seberapa jauh peluang yang dapat kita ambil untuk memajukan dan mengembangkan usaha ini.

Mempelajari berbagai aspek yang berkaitan dengan peluang usaha budidaya ikan lele ini akan memberikan gambaran menyeluruh mengenai usaha budidaya tersebut.

Hal ini penting untuk bahan kajian dan pertimbangan kita dalam menentukan perencanaan yang akan dibuat sebelum mendirikan usaha. Ingat, tanpa rencana suatu usaha mustahil bisa berjalan dengan baik. 

Apakah Peluang Bisnis Budidaya Lele Menjanjikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko