Friday, February 27, 2015

Gambaran Contoh Produk Pada Usaha Ikan Lele

Produk Usaha Ikan Lele - Perlukah kita mempelajari mengenai gambaran usaha produk pada ikan lele? Jawabannya adalah perlu, hal ini untuk dapat memberi gambaran yang lebih jelas kepada kita yang ingin mendirikan usaha khususnya dengan produk ikan lele. 

Jika bergerak di bidang usaha budidaya maka kita akan mendapatkan gambaran siapa saja pelaku usaha yang dapat menyerap produk budidaya yang kita miliki. Atau, kita juga dapat memilih ide untuk membuka usaha baru terutama usaha di bidang makanan dengan bahan utama produk ikan lele.

Jika kita bergerak di bidang usaha budidaya lele maka sudah jelas bahwa produk lele ini pada umumnya hanya akan menghasilkan ikan lele hidup yang siap di jual kepada para pedagang. Lain hal jika kita tidak bergerak di bidang itu. 

Daftar produk kuliner yang menjanjikan
Ikan lele adalah ikan yang banyak di konsumsi berbagai kalangan, karena itu membangun bisnis atau usaha di bidang produk olahan ikan lele memiliki prospek yang cukup baik. Tingginya permintaan ikan lele sebagai ikan konsumsi membuat jenis usaha budidaya terlihat menggiurkan apalagi jika di dukung dengan adanya usaha di bidang produk olahan.

Beberapa hari lalu sudah sempat juga kita singgung mengenai peluang usaha ini. Sebelumnya kita telah menganalisa seberapa jauh prospek usaha ini. Kita juga telah membahas berbagai cara atau tips dalam menentukan seberapa besar peluang dari usaha tersebut. 

Kita tidak akan membahas masalah itu lagi disini, untuk itu yang belum mengetahui mengenai masalah ini bisa mempelajari nya pada pembahasan yang lalu. Pembahasan lebih rinci mengenai masalah peluang atau prospek usaha lele bisa di lihat pada artikel peluang bisnis budidaya lele.

Produk ikan lele sebenarnya memiliki banyak variasi khususnya untuk usaha produk olahan ikan lele tersebut. Sudah banyak informasi mengenai hal ini, di berita televisi, surat kabar atau berbagai informasi di internet. 

Di banyak media kita bisa mengetahui bahwa sekarang ini sudah banyak pelaku usaha yang lebih mengembangkan produk olahan ikan ini agar memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Berbagai gambaran produk usaha lele tersebut dapat dilihat seperti di jelaskan berikut.

1) Produk keripik lele

Bukan hanya buah-buahan yang banyak dijadikan objek sebagai bahan baku produk keripik. Saat ini sudah banyak juga yang dengan sukses telah mampu memproduksi produk keripik ikan lele yang dapat diterima di kalangan masyarakat. 

Seperti juga produk keripik lain, keripik ikan lele juga merupakan jenis makanan renyah atau crispy. Produk ini dijual sebagai produk khas oleh-oleh jajanan untuk anggota keluarga atau sanak saudara. Produk keripik ikan lele ini dibuat menggunakan bahan dasar ikan lele yang masih kecil. 

Pengolahan bibit ikan yang masih kecil ini dimaksudkan untuk menyelesaikan masalah tidak terjangkaunya biasa produksi untuk membesarkan ikan lele. Biasanya dilakukan saat harga bahan pakan yang sedang mahal, 

juga dilakukan saat terjadi surplus atau kelebihan pasokan pada benih ikan yang biasa di pasarkan. Untuk produk ini, tanggapan masyarakat pun sebenarnya cukup bagus namun tetap saja masih ada kendala yang harus di hadapi.

2) Produk lele bakar dan lele goreng (pecel lele)

Kalau produk ikan lele yang satu ini tentu di satukan dengan produk makanan, biasanya di pasarkan di rumah makan atau restoran dan warung nasi. Produk lele bakar dan lele goreng ini juga biasanya banyak di jual di warung tenda di pinggir jalan, seperti pecel lele.

Sudah sangat di kenal, banyak di sukai dan bahkan sudah banyak memiliki pelanggan tetap. Untuk bergerak dengan produk ini biasanya kita harus mendirikan usaha di bidang kuliner seperti usaha pecel lele. 

Namun tidak menutup kemungkinan bahwa produk ini dapat kita sajikan dengan cara yang berbeda, semua tergantung kreativitas kita masing-masing. Pelaku usaha atau bisnis tentu bisa memiliki pertimbangan dan analisa tersendiri dalam membuka peluang untuk produk tersebut.

3) Produk abon lele

Ini yang sedikit masih jarang, belum semua daerah, baru dapat kita temui di beberapa kota saja. Produk ini juga bisa kita jadikan pilihan untuk ide-ide usaha yang berpusat pada produk olahan yang menggunakan bahan dasar ikan lele.

Abon juga merupakan salah satu produk makanan yang memiliki banyak penggemar. Tidak hanya di masyarakat kota, bahkan untuk daerah juga sudah banyak yang menggunakan produk jenis abon. Abon ikan lele mungkin saja bisa dijadikan salah satu pilihan yang bisa diterima.

4) Produk nugget lele

Selain abon, ikan lele juga dapat dan sudah dipasarkan dalam bentuk nugget. Meski belum begitu tenar namun tidak menutup kemungkinan produk ini bisa menempati posisi tersendiri di masyarakat. Nugget sendiri memang sudah cukup terkenal jadi variasi untuk bahan dasar nugget bisa dikembangkan lebih jauh.

Mungkin terdengar sedikit lucu dan asing tetapi bagi seorang pelaku usaha atau pebisnis ide-ide baru yang inovatif tentu bisa didalami lebih jauh. Ini guna mendapatkan ide usaha yang memang tepat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat luas.

5) Produk sosis lele

Sama dengan dua produk di atas sosis juga bisa kita jadikan pilihan saat kita ingin mencari ide untuk produk olahan dari ikan lele ini. Ikan lele yang tersedia cukup banyak bisa dijadikan bahan dasar untuk pembuatan produk ini.

Memang perlu ada terobosan baru, ide dan gagasan yang masih jarang tentu harus dipelajari lebih jauh untuk mengetahui bagaimana prospek dan gambaran peluang yang ada. Tidak menutup kemungkinan sudah ada pelaku usaha yang melirik ide tersebut.

6) Produk lele asap

Terakhir adalah produk ikan lele asap. Produk ini bisanya diproduksi jika terjadi surplus pada jumlah pasokan ikan lele. Jika pasokan ikan lele konsumsi melimpah dan harganya cenderung menurun maka alternatif seperti ini mungkin bisa juga kita pertimbangkan.

Beberapa gambaran untuk contoh produk usaha ikan lele ini hendaknya tidak menjadi patokan dan langsung membuka usaha dengan produk tersebut. Berbagai produk di atas hanya sebagai gambaran saja apa yang bisa kita hasilkan dari ikan lele. 

Jika kita hendak membangun usaha dengan produk di atas maka sebaiknya dilakukan perencanaan yang matang terlebih dahulu. Melakukan analisis peluang usaha juga diperlukan tentunya untuk memulai usaha tersebut. Sampai disini saja, mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Gambaran Contoh Produk Pada Usaha Ikan Lele Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko