Tuesday, October 4, 2016

Analisa Peluang Bisnis Ikan Hias Untung Besar

Peluang Bisnis Toko Ikan Hias - Yang namanya usaha bisa disesuaikan dengan hobi dan juga kemampuan. Sebagai contoh, yang suka dengan budidaya bisa memilih usaha di bidang budidaya, contohnya ikan hias. Tapi harus dilakukan analisa terlebih dahulu bagaimana prospek ke depan dari usaha tersebut.

Sejak mulai dari pertama, sebaiknya pelaku usaha melakukan analisa lebih dahulu tentang jenis usaha yang akan dijalankan. Dengan begitu nanti bisa diperoleh gambaran bagaimana prospek atau peluang dari usaha yang akan didirikan. 
Peluang Bisnis Ikan Hias

Jenis usaha yang target konsumen yang dibidik adalah kalangan menengah ke atas, ditentukan dari tingkat kegemaran atau hobi seseorang. Biasanya usaha seperti ini cenderung memiliki pangsa pasar tetap dan nilai pendapatannya pun cukup bagus.

Memang, kalau masalah seni atau yang mengandung nilai estetis tidak dapat diukur dari sekedar harga namun nilai keindahan yang ada, sebagai contoh ikan hias. Dari keadaan itu sekilas dapat kita lihat bahwa peluang bisnis toko ikan hias ini memang menjanjikan dan dapat dikembangkan menjadi usaha yang besar.

Untuk kajian dan bahan referensi kali ini, website peluang sukses usaha akan mencoba memberikan gambaran mengenai bagaimana prospek usaha ikan hias tersebut.

Memang, secara umum jenis usaha yang satu ini masih memiliki prospek yang bagus. Meski begitu saat kita ingin membuka jenis usaha ini kita tetap perlu mempelajari informasi yang lebih banyak mengenai prospek tersebut.

Menentukan bagus tidaknya suatu usaha tentu tidak bisa sembarangan apalagi jika ingin digunakan sebagai acuan dalam mendirikan sebuah bisnis baru. Kita harus mampu membaca peluang usaha tersebut secara lebih detail dari berbagai bidang.

Nantinya dengan gambaran yang lebih rinci tersebut kita dapat menentukan langkah perencanaan yang baik. Pada kesempatan ini, berkaitan dengan hal itu kita akan membahas dua sisi yaitu membaca prospek penghasilan usaha ini dan juga mempelajari peluang kemajuan usaha tersebut.

1) Peluang Pendapatan dari Bisnis Ikan Hias

Kalau dilihat dari sisi jumlah pendapatan atau penghasilan yang bisa diperoleh, usaha ikan hias ini bisa dikatakan memiliki peluang pendapatan yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan konsumen untuk usaha ini didasarkan pada minat atau hobi dan biasanya kebanyakan berasal dari kalangan ekonomi mampu.

Tentu saja latar belakang konsumen tersebut berdampak juga pada kemampuan atau daya beli terhadap produk ikan hias yang kita pasarkan. Yang jelas kita semua tahu bahwa ikan hias rata-rata harganya bagus dan bisa memberikan keuntungan yang cukup menggiurkan.

Selain dari harga jual yang lumayan, peluang pendapatan dari bisnis ini juga di dukung dengan luasnya pasar yang bisa diakses. Bukan hanya konsumen lokal yang berani membayar mahal produk ikan hias kita melainkan konsumen dari negara lain pun banyak.

Untuk gambaran lebih jelas mengenai hasil ini kita dapat melihat dua bidang bisnis untuk ikan hias ini. Bisnis ikan hias ini terdiri dari dua jenis yang masing-masing memiliki kapasitas yang berbeda. Bidang bisnis ikan tersebut yaitu:

1. Bisnis ikan hias air tawar
2. Bisnis ikan hias air laut

Dua bidang bisnis di atas pangsa pasarnya berbeda dan masing-masing juga memiliki peluang yang berbeda. Kalau untuk ikan hias air tawar biasanya peminatnya banyak dari lokal sedangkan untuk ikan hias air laut banyak dari manca negara dan sudah di ekspor.

Peluang pendapatan dari bisnis ini menjadi menjanjikan karena produknya sudah banyak yang bisa dijual sampai keluar negeri. Yang di atas hanya sebagai gambaran bagaimana tingkat pendapatan dari bisnis ini.

Tidak jelas digambarkan mengenai seberapa besar penghasilannya karena memang untuk penghasilan akan sangat tergantung dengan kapasitas usaha dan kemampuan pengelolaan. Kita bisa mencari informasi lebih lanjut secara online dengan kata kunci penghasilan terbesar bisnis ikan hias

2) Peluang Kemajuan Bisnis Ikan Hias

Dari sisi prospek ke depan, bisnis toko ikan ini memiliki peluang kemajuan yang cukup bagus. Seperti telah disinggung di awal, usaha ini bisa dikembangkan dengan skala yang lebih besar bahkan sampai merambah pasar manca negera.

Dengan begitu jelas sekali bahwa usaha ini masih bisa dikembangkan bahkan ditekuni untuk menjadi ladang bagi kita. Peluang ini juga tak kalah menjanjikan jika kita bandingkan usaha online seperti peluang jadi publisher adsense, masih lumayan bagus pokoknya.

Meski begitu, untuk dapat memiliki gambaran menyeluruh mengenai bisnis ini kita juga perlu mempelajari berbagai informasi lain yang berkaitan dengan usaha ini. Sebagai pemula yang akan membuka usaha ini maka sebaiknya kita mempelajari terlebih dahulu beberapa aspek berikut:

  1. Berapa modal yang dibutuhkan
  2. Apa saja peralatan yang digunakan
  3. Jenis ikan apa yang akan dibudidayakan
  4. Jenis ikan apa yang harganya tinggi dan permintaannya banyak
  5. Apa saja hambatan dan kesulitan usaha tersebut
  6. Bagaimana gambaran persaingan yang sudah ada
  7. Bagaimana rencana bisnis yang harus dijalankan


Yang namanya juga usaha baru maka sebelum dibuka maka harus ada perencanaan dan persiapan yang matang mengenai hal tersebut. Kita harus memiliki gambaran secara menyeluruh mengenai peluang usaha tersebut baik saat ini maupun yang akan datang. Selain itu kita juga harus membuat perencanaan yang benar-benar matang sesuai dengan bisnis ini.

Kalau kita lihat dari sisi prospek kedepannya, bisnis ini memang tidak akan pernah sepi, konsumennya selalu ada dan bisa dari mana saja. Tapi kita juga harus melihat dan mempertimbangkan konsumen yang akan kita target jadi bisa sesuai dengan gambaran di daerah tersebut.

Sedikit pengenalan dan ilustrasi tentang peluang bisnis ikan hias ini mudah-mudahan bisa menjadi sumber inspirasi kita semua dalam memilih bidang usaha atau bisnis yang menjanjikan, tepat dan dapat kita jalankan secara mandiri. Lain waktu akan kita bahas juga mengenai analisis usaha dan juga berbagai tips lain. 

Analisa Peluang Bisnis Ikan Hias Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko