Thursday, October 6, 2016

Analisa Peluang Bisnis Elektronik yang Banyak Untung

Bagaimana analisa peluang bisnis jual elektronik? Jual beli juga merupakan jenis usaha yang bagus kok, sebut saja misalnya toko. Tapi tentu hal itu juga harus dipertimbangkan toko apa yang akan didirikan. Misalnya toko elektronik, apakah cukup bagus?

Analisa Peluang Bisnis Elektronik
Perkembangan dunia elektronik juga sangat pesat namun itu tidak serta merta menjamin bisnis di bidang toko jual beli peralatan elektronik juga bagus. Masih perlu dilihat lebih jauh bagaimana keadaan pasar untuk bisnis tersebut.

Bisnis atau usaha yang terkenal dan banyak diminati oleh banyak pelaku usaha adalah bisnis atau usaha perdagangan, salah satunya adalah bisnis elektronik. Jenis usaha yang satu ini kalau menurut saya pribadi merupakan usaha yang mudah untuk dijalankan.

Hal ini karena dalam usaha ini kita hanya membeli barang dan menempatkannya di toko untuk dijual kembali, tinggal buat toko yang strategis dan pajang dagangan di toko tersebut. Tapi tentu tidak sesederhana itu, agar sukses kita juga harus mengetahui peluang bisnis elektronik ini sebelum membukanya.

Katanya jualan itu paling gampang tapi ya tetap saja memerlukan strategi pemasaran dan tidak hanya menunggu pembeli jika memang ingin sukses. Yang jelas, tidak ada yang benar-benar mudah, semua harus diusahakan dengan baik begitu juga dengan usaha toko elektronik ini.

Lalu kira-kira apa saja yang harus kita siapkan untuk memulai usaha ini? Bukan hanya yang harus disiapkan, kita juga harus tahu bagaimana menjalankan usaha ini agar sukses. Selain itu kita harus tahu apa saja tantangan dan hambatan yang bisa kita temui dan bagaimana cara kita menangani masalah yang dihadapi tersebut.

Website peluang sukses usaha, kali ini akan membahas dua poin penting berkaitan dengan usaha ini yaitu mengenai prospek usaha dan juga tantangan dan hambatan usaha.

A. Gambaran Prospek Bisnis Elektronik

Kalau kita berbicara mengenai prospek usaha atau peluang usaha maka dapat dikatakan bahwa usaha toko elektronik seperti ini masih memiliki peluang yang cukup bagus. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan, bagusnya prospek bisnis ini dapat kita ukur dari beberapa keadaan sebagai berikut:

1. Jumlah konsumen yang tak terbatas
2. Perkembangan teknologi yang semakin meningkat
3. Kebutuhan barang elektronik yang semakin tinggi

Jika kita membuka usaha ini maka masyarakat yang bisa menjadi konsumen tidak terbatas pada kalangan tertentu. Kita sendiri pasti tahu bahwa bukan hanya masyarakat mampu yang membeli elektronik melainkan semua lapisan masyarakat membeli barang elektro ini.

Selain itu, berkembangnya dunia teknologi yang semakin pesat juga memicu kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat terhadap berbagai produk teknologi terkini dan salah satunya adalah elektronik. Kebutuhan ini juga didukung dengan kecenderungan masyarakat yang membutuhkan kemudahan dalam kehidupan sehari-hari.

Coba kita lihat, disetiap rumah sekarang ini sudah ada barang elektronik, contohnya saja radio, televisi dan sebagainya. Semua membutuhkan barang elektro dan bahkan sudah seperti kebutuhan pokok. Dari gambaran keadaan di atas dapat kita simpulkan bahwa prospek bisnis elektronik masih cukup bagus untuk kita manfaatkan.

B. Tantangan dan Hambatan Bisnis Elektronik

Jika kita hendak mendirikan usaha ini maka baiknya kita pelajari juga berbagai tantangan dan hambatan yang mungkin kita hadapi di kemudian hari.

Dengan mempelajari apa yang akan kita hadapi maka kita dapat mempersiapkan strategi khusus dalam menangani masalah yang timbul dalam usaha kita itu. Nah, untuk sekedar referensi saja, berikut ada beberapa kendala yang biasanya dihadapi oleh usaha ini.

1. Modal yang cukup besar
2. Persaingan yang ketat
3. Tergantung pada daya beli masyarakat setempat

Jenis usaha jual beli (toko) umumnya memang membutuhkan modal yang cukup besar, begitu juga dengan bisnis elektronik ini.

Besarnya modal yang diperlukan inilah yang membuat usaha ini sulit untuk di jangkau bisa tidak memiliki kecukupan modal untuk mendirikan bisnis ini. Besarnya modal tersebut dipengaruhi pada beberapa faktor antara lain:

1. Biaya lokasi atau tempat usaha yang harus luas
2. Biaya modal untuk membeli barang dagangan

Selain itu persaingan dalam dunia usaha juga menjadi salah satu kendala dalam bisnis ini. Usaha ini mudah sekali dapat persaingan sebagai contoh jika di suatu daerah sudah ada dua toko elektronik dan kemudian ada satu lagi toko baru maka akan persaingannya akan langsung terasa.

Hal ini disebabkan karena intensitas transaksi toko elektronik cukup terbatas, contohnya orang hanya membeli televisi satu kali dalam beberapa tahun (sampai tv di rumah rusak atau ingin ganti). Harga barang elektronik yang termasuk tinggi juga menjadi kendala tersendiri dalam memasarkan produk di masyarakat menengah ke bawah.

Ini tentu perlu strategi khusus agar usaha yang kita jalankan tetap berkembang. Demikianlah, semoga analisa prospek bisnis elektronik di atas bisa menjadi tambahan referensi dalam mencari ide usaha yang akan dijalankan. 

Analisa Peluang Bisnis Elektronik yang Banyak Untung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko