Thursday, October 6, 2016

Tips Cara Mudah Mengelola Keuangan Usaha Kecil

Sebenarnya, bagaimana cara mengelola keuangan pada usaha kecil ya? Pertanyaan tersebut memang sering mengganggu para pelaku usaha menengah ke bawah. Kadang sering ragu untuk bertindak dan tidak tahu harus berbuat apa.

Cara Mengelola Keuangan Usaha Kecil
Pada dasarnya keuangan memang harus dikelola dengan sangat baik dan benar. Pengelolaan keuangan yang baik akan mendukung usaha yang sukses. Semua pasti tahu tetapi masalahnya masih banyak yang belum paham dengan prinsip pengelolaan keuangan sederhana.

Jika ingin sukses jangan pernah mengesampingkan masalah pengelolaan keuangan usaha yang sedang kita jalankan. Ingat, berhasil dan tidaknya usaha yang kita bangun sangat bergantung bagaimana pengelolaan keuangan yang kita lakukan.

Apalagi di awal-awal usaha didirikan. Jika ingin usaha sukses maka kita harus mampu mengelola keuangan usaha kecil tersebut dengan baik. Jika tidak dikelola dengan baik maka jangan berharap banyak usaha kita tersebut akan sukses.

Benarkah manajemen (pengelolaan) keuangan tersebut begitu penting? Coba kita lihat dari aspek usaha yang kita jalankan, semua berkaitan dengan uang. Misalnya pembelian bahan baku, transportasi, promosi, gaji dan banyak hal lainnya.

Semua hal tersebut sangat tergantung dengan bagaimana cara kita mengelola keuangan usaha kecil yang kita dirikan. Yang dikelola saja terkadang jebol dan mengakibatkan kedodoran dalam pengeluaran, jadi bayangkan saja kalau tidak kita kelola.

1) Peluang usaha agen perjalanan wisata
2) Harga meroket peluang usaha batu akik meningkat
3) Tips memilih bahan baku untuk usaha
4) Kemasan produk bagi kesuksesan
5) Kepuasan konsumen kunci sukses usaha

Untuk kita terapkan pada kegiatan usaha kita yang baru berjalan kita akan menerapkan dua hal untuk melakukan pengelolaan keuangan usaha. Pertama kita akan menerapkan cara mengelola keuangan yang berhasil untuk usaha tersebut.

Kedua kita akan mengkaji dan menerapkan berbagai tips pengelolaan keuangan khusus untuk usaha kecil. Dua hal tersebut mudah-mudahan dapat menjadi bekal kita dalam memulai pengelolaan yang kita butuhkan. 

1) Cara Sukses Mengelola Keuangan Usaha Kecil

Dari sekian banyak langkah yang bisa lakukan untuk mengelola kondisi keuangan usaha ada beberapa poin yang bisa kita garis bawahi. Beberapa poin berikut secara umum merupakan inti dari manajemen keuangan yang dapat kita lakukan untuk bidang bisnis yang kita kelola. Beberapa cara untuk mengelola kondisi keuangan pada bisnis kita antara lain sebagai berikut:

1. Buat keuangan terpisah
2. Gunakan pihak lain
3. Luangkan waktu
4. Jangan abaikan semua pengeluaran
5. Jangan abaikan pemasukan

Pertama dan yang paling utama, saat kita memulai sebuah usaha baru maka hendaknya kita mulai dengan memisah kondisi keuangan usaha dengan keuangan pribadi.

Disini berbagai pencatatan keuangan harus benar-benar dibedakan antara keuangan pribadi dan keuangan dari usaha yang sedang kita jalankan. Membuat sistem keuangan yang terpisah seperti ini dimaksudkan agar keuangan usaha dapat dengan mudah terpantau dan tercatat rapi sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Dari pengelolaan yang terpisah tersebut akan jelas seberapa besar aset usaha yang dimiliki, seberapa besar keuntungan dan lain sebagainya. Ini tentu penting untuk menggambarkan bagaimana perkembangan usaha yang didirikan.

Seiring berjalannya waktu, mengelola keuangan ini tentu akan menjadi pekerjaan yang cukup berat, maka dari itu kita bisa mulai memikirkan untuk menggunakan pihak lain. Kita bisa mempekerjakan orang lain untuk menangani tugas yang satu ini.

Masalah yang sering sekali terjadi dalam hal pengelolaan keuangan adalah kita tidak dapat meluangkan waktu untuk melakukan hal itu. Seringkali kita menganggap remeh masalah tersebut padahal jelas sekali bahwa hal ini penting untuk dilakukan. Jadi, jika ingin berhasil dalam melakukannya maka luangkan waktu anda.

Hal berikutnya adalah kita harus memastikan bahwa seluruh transaksi keuangan tercatat dengan baik. Jangan pernah abaikan pengeluaran sekecil apapun dan jangan pernah meremehkan sekecil apapun pendapatan. Kita harus mencatat dan membukukan semua transaksi keuangan yang ada.

2) Tips Mengelola Keuangan Usaha Kecil

Di atas kita telah membahas bagaimana cara kita agar sukses melakukan pengelolaan keuangan untuk usaha kecil yang kita dirikan. Sekarang, dalam menjalankan pengelolaan tersebut ada beberapa kiat yang bisa kita pertimbangkan. Beberapa kiat atau tips dalam mengelola keuangan antara lain sebagai berikut.

Gaji diri Anda sendiri
Ingat, meski kita adalah pemilik usaha namun kita juga sekaligus berperan sebagai pekerja dalam usaha tersebut. Maka dari itu, baiknya jika kita adalah pemilik sekaligus pekerja dalam usaha tersebut maka kita harus tetap memberikan alokasi upah atau gaji pada diri kita sendiri.

Dengan sistem seperti ini maka kita hanya akan membelanjakan uang dari gaji tersebut dan bukan mengambil semua keuntungan usaha untuk kebutuhan yang kita miliki.

Besar gaji tersebut adalah 10% dari omset. Jika kita mempunyai karyawan maka total gaji kita + karyawan tetap 10% dari omset.

Sisihkan 1% bahan baku produk setiap harinya
misal Anda buka warung makanan, sisihkan sedikit beras, minyak goreng,minyak tanah dll. Kumpulkan hingga dalam jumlah tertentu. Lalu beli sendiri bahan tsb dengan harga pasar.

Bagi laba bersih menjadi 3 bagian
Untuk dapat menjalankan atau mengelola keuangan usaha yang kita dirikan dengan baik maka kita dapat membagi laba yang kita dapat menjadi tiga bagian yaitu:

a. 1/3 untuk menambah modal usaha
b. 1/3 simpan untuk menjaga jika ada pengeluaran (perusahaan) mendadak
c. 1/3 simpan untuk jangka waktu 1 tahun, ambil sebagian untuk mengembangkan usaha Anda.

Jangan pernah menggunakan uang usaha kecil Anda
Untuk kepentingan pribadi hanya gunakan gaji yang kita dapat dari usaha tersebut. Jika gaji kita dirasa kurang maka kita harus mencari tambahan diluar bukan mengambil uang dari usaha kita yang baru saja berjalan tersebut. 

Disiplin!
Terpenting, agar usaha kita dalam mengelola keuangan tersebut bisa berjalan maka kita harus disiplin, tidak ada lagi tawar menawar. Ingat usaha kita selama ini akan gagal total jika kita tidak memegang teguh prinsip disiplin ini.

Paparan dalam artikel di atas bukanlah doktrin yang harus kita jalankan melainkan hanya sebagai bahan kajian dan bahan belajar kita semua. Kita dapat mempertimbangkan berbagai hal di atas untuk dapat diterapkan dalam usaha yang kita dirikan.

Dengan adanya informasi mengenai cara mengelola keuangan usaha kecil di atas diharapkan kita tidak kekurangan referensi dan bahan pertimbangan dalam merencanakan dan melakukan pengelolaan keuangan yang kita butuhkan.

Tips Cara Mudah Mengelola Keuangan Usaha Kecil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko