Wednesday, October 7, 2020

Contoh Kandang Khusus Pembesaran DOC Ayam Kampung Umur 1 Bulan Skala Rumahan

Untuk budidaya ayam kampung, kegagalan banyak terjadi pada saat pembesaran doc yang masih kecil. Khususnya yang berusia di bawah 1 bulan. Untuk menyiasatinya, kita bisa menyiapkan kandang khusus untuk pembesaran doc ayam kampung usia 1 bulan. 

Contoh Kandang DOC Ayam Kampung
Kandang Khusus DOC 1 Bulan

Kenapa perlu dibuat kandang yang khusus, apa tidak bisa disatukan saja dengan yang lain? Tentu saja tidak, ayam kecil tentu akan sangat rawan kalau dijadikan satu dengan ayam yang lebih besar. 

DOC ayam kampung, apalagi yang dibesarkan terpisah dari induknya sangat rawan akan kematian. Maka dari itu perlu perlakuan khusus, mulai dari pakan dan juga kandangnya. 

Menurut pengalaman, doc ayam usia 1 bulan akan bisa berkembang dengan baik jika dipelihara dalam kandang yang bersih, hangat dan bebas dari kondisi yang membuat stres. Karena, usia tersebut masih masa brooding sehingga anak ayam perlu lingkungan yang terjamin.

Untuk peternakan tradisional, masa seperti ini biasanya ayam akan dibiarkan ikut induknya. Pada peternakan modern, anak ayam atau doc biasanya akan dipelihara terpisah dengan harapan indukan bisa cepat bertelur lagi. 

Biasanya doc akan dipelihara pada lokasi yang dilengkapi dengan sistem penghangat. Tapi sistem seperti ini tidak efektif jika diterapkan dalam peternakan tradisional skala keci. 

Pemeliharaan doc akan lebih efektif jika dilakukan dalam kandang khusus yang suhu didalamnya cukup hangat. Untuk itulah kita bisa menyediakan kandang khusus untuk kebutuhan tersebut.

Kandang pembesaran bisa dibuat bertingkat dengan kapasitas yang tidak terlalu banyak. Pada kandang tingkat ini harus disediakan ruang untuk penampungan kotoran. 

Pembuatan ruang atau tempat kotoran ini harus tepat. Harus diperhitungkan kemudahannya dalam membersihkan kotoran di kandang. 

Selain tempat kotoran, perlu diperhatikan juga bagaimana akses keluar masuk doc dan juga makanan atau pakan yang akan diberikan. Maka, perlu diberikan pintu kandang yang sesuai. Yang bagus bagaimana?

Kandang yang bagus tentu saja adalah kandang yang bisa digunakan untuk memelihara doc dengan hasil maksimal. DOC yang dipelihara harus sehat dan tidak ada yang mati, itu baru dinamakan kandang yang bagus.

Banyak contoh kandang yang bisa diadopsi untuk dibuat. Yang terpenting adalah bagaimana kandang tersebut dapat digunakan untuk memelihara doc dengan baik. Bentuknya bisa berbeda-beda.

Ukurannya bisa berbeda, bahan yang digunakan pun bisa disesuaikan. Nah, untuk anda yang sedang cari ide kandang untuk pembesaran doc, contoh kandang pembesaran DOC ayam kampung umur 1 berikut ini mungkin bisa dijadikan referensi. 

Pada video di atas kita bisa mempelajari bagaimana menyiapkan kandang untuk doc ayam kampung yang ingin kita pelihara. Tentu saja, kandang di atas hanya satu contoh yang bisa kita jadikan rujukan. 

Dalam prakteknya, kita bisa menyiapkan kandang dengan model berbeda. Yang terpenting adalah hasil doc yang dipelihara didalam kandang tersebut.

Kalau tidak mau repot membuat kandang, kita bisa memelihara doc ayam kampung umur 1 bulan dengan menggunakan kardus bekas. Apapun itu, yang penting semua doc atau anak ayam yang dipelihara sehat semua. 

Contoh Kandang Khusus Pembesaran DOC Ayam Kampung Umur 1 Bulan Skala Rumahan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma