Tuesday, February 28, 2017

Mau Usaha Budidaya Cacing untuk Bisnis, Lihat Peluangnya Sebelum Anda Bangkrut

Bisnis Budidaya Cacing dan Peluangnya - Punya ide untuk terjun ke bidang bisnis budidaya cacing tanah, sudah tahu bagaimana peluangnya? Dari beberapa info yang beredar di kalangan pebisnis, budidaya cacing memang menjadi salah satu bisnis yang sedang banyak diperbincangkan.

Bisnis Budidaya Cacing dan Peluangnya

Hal ini karena bisnis ini masih tergolong baru dan belum banyak yang tahu bagaimana seluk beluknya, apalagi dengan informasi bahwa bisnis ini memiliki potensi yang cukup bagus dan menjanjikan.

Dari pada hanya bingung dan terombang-ambil dengan kabar burung maka lebih baik kita mulai mencari tahu lebih banyak mengenai budidaya cacing dan peluangnya tersebut.

Karena masih sedikitnya berita kesuksesan dari bisnis ini maka kebanyakan dari kita menjadi ragu dan sedikit pesimis akan bagaimana potensi yang ada pada bisnis budidaya ini.

Meski ramai pemberitaan yang mengatakan bahwa bisnis ini bagus namun tetap saja belum ada banyak bukti yang bisa langsung diamati. Hal ini juga hampir sama dengan jenis budidaya lain yang sudah berkembang di masyarakat.

Karena itu wajar jika kita harus meluangkan waktu lebih banyak untuk mendalami bagaimana potensi dari bisnis yang akan dijalankan tersebut.

Bisnis budidaya cacing tanah (Lumbricus Rubellus) hampir sama dengan yang lain, memiliki potensi pendapatan yang cukup tinggi dengan tingkat resiko yang sesuai dan berbagai kendala yang harus bisa diatasi. Coba mari kita lihat beberapa jenis budidaya berikut:

1) Peluang usaha ternak jangkrik
2) Peluang sukses usaha ternak puyuh
3) Peluang usaha sampingan budidaya kroto
4) Peluang usaha budidaya sapi

Bebrapa jenis budidaya di atas bisa juga dijadikan pembanding untuk mengukur tingkat peluang yang dimiliki oleh bisnis cacing ini. Dengan begitu hasil analisa kita akan lebih nyata. Lalu sebenarnya bagaimana peluang bisnis cacing tersebut?

Cacing tanah merupakan hewan yang termasuk memiliki banyak zat berguna dalam tubuhnya. Kandungan yang ada dalam cacing yaitu protein 68%, asam glutamate 8.98 %, treonin 3.28%, lisin 5.16%, glycine 3.54%. Dari kandungan yang ada tentu saja ada indikasi positif cacing tanah banyak memiliki manfaat bagi kesehatan.

Dari sisi ini maka ada gambaran bahwa cacing ini potensi hasil pengolahan yang cukup besar. Maka dari itu, untuk mengetahui bagaimana peluang bisnis budidaya cacing tanah kita bisa menelusuri potensi pengolahan dan pangsa pasar yang ada untuk berbagai produk cacing tanah.

Perlu kita ketahui bahwa potensi ini cukup bagus. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya potensi pasar yang dimiliki cacing tanah. Cacing tanah memiliki potensi pasar luar negeri yang sangat besar. Korea Selatan misalnya, membutuhkan cacing tanah sekitar 35.000 ton per bulan untuk dijadikan pakan ayam.

Untuk keperluan pasar ekspor ini, cacing tanah bukan hanya dijadikan sebagai pakan ternak tetapi juga sebagai bahan baku lain. Di Cina, cacing jenis ini digunakan sebagai obat tradisional. Di Prancis dan Italia, cacing ini dijadikan bahan kosmetika untuk menghaluskan dan melembutkan kulit.

Sementara di Jepang dan beberapa negara Eropa, dijadikan bahan tambahan dalam pembuatan makanan dan minuman. Di Indonesia sendiri, cacing tanah sudah mulai dimanfaatkan sebagai bahan baku obat.

Dengan aspek ekonomisnya yang cukup menjanjikan, bahkan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia, tak salah jika saat ini banyak masyarakat yang membudidayakannya. (Sumber: toptopiks.blogspot.com)

Dari data dan informasi di atas jelas sekali bahwa bisnis budidaya cacing dan peluangnya masih cukup besar untuk ditekuni. Dengan kondisi pangsa pasar tersebut target bisnis ini bisa mencakup skala yang cukup besar mengingat produk yang dihasilkan bisa dipasarkan sampai ke negara lain.

Tentu saja semua itu bukan tanpa hambatan, maka dari itu untuk memulai menjalankan bisnis ini perlu ada analisa yang lebih mendalam mengenai berbagai aspek bisnis yang berkaitan.

Selain itu karena bisnis ini masih tergolong baru maka kita juga harus mempersiapkan diri dengan matang dengan berbagai kemampuan budidaya yang di butuhkan. Hal ini akan membantu kita dalam mengatasi hambatan budidaya cacing tanah yang akan kita hadapi di kemudian hari.

Itulah sedikit mengenai gambaran Bisnis Budidaya Cacing dan Peluangnya, semoga bisa menjadi sumber inspirasi dan bahan pertimbangan dalam menentukan dan memilih bisnis baru yang prospek. Jika serius ingin mencoba menjalankan bisnis ini, jangan lupa untuk mempelajari juga beberapa informasi lain di bagian akhir tulisan ini. Itu saja semoga bermanfaat!

Mau Usaha Budidaya Cacing untuk Bisnis, Lihat Peluangnya Sebelum Anda Bangkrut Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko